PENTINGNYA PENERAPAN PENGELOLAAN KEUANGAN BAGI UMKM

  • jeni wardi Universitas Lancang Kuning
  • gusmarila eka putri fakultas ekonomi unilak
  • liviawati liviawati Universitas Lancang Kuning
Keywords: UMKM, Permodalan, Keuangan, Kinerja, Prospek Usaha

Abstract

Keberadaan perkembangan UMKM di Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru sangat membutuhkan perhatian dari pemerintah untuk menggerakan ekonomi di Negara kita ini, tetapi ternyata sektor ini belumĀ  menjadi sektor yang mandiri dan sehingga belum bisa dijadikan tumpuan perekonomian nasional. Banyak sekali hambatan dan permasalahan terkait UMKM ini. Dan umumnya masalahnya adalah pengelolaan keuangan karena pemilik UMKM tidak focus dalam mengerjakannya. Pentingnya hal ini dilakukan agar UMKM mampu menunjukkan kinerjanya dalam mengelola bisnis UMKM secara transparan dan akurat akan memberikan dampak yang baik bagi bisnis UMKM, kondisi ini juga dilakukan demi keberlanjutan usaha ke depannya. Metode deskriptif digunakan dengan sampel adalah pemilik UMKM di Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru sudah baik. Sampel pada penelitian ini diambil 25 responden. Penelitian ini studi kasus. Data dikumpulkan dengan instrumen kuesioner dan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Pengelolaan keuangan pengelola UMKM masih sangat jelek dalam hal penggunaan anggaran, pencatatan, pelaporan, dan pengendalian. Kondisi ini menyebabkan keberlanjutan bisnis tidak bisa terjamin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisaputro, G., & Anggarini, Y. 2011. Anggaran Bisnis. Yogyakarta: UPP STIM YKPN YOGYAKARTA.

Andreas. 2011. Manajemen Keuangan UKM. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Cooper, Donald dan William Emory. 1996. Metode Penelitian Bisnis. Jilid 1.Jakarta: Erlangga.

Ediraras, Dharma. 2010. Akuntansi dan Kinerja UMKM. Jurnal Ekonomi Bisnis Nomor 2, Volume 15. Universitas Gunadarma.

Hartati, Sri. 2013. Manajemen Keuangan Untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah

Hasyim, D. 2013. Kualitas Manajemen Keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Studi Kasus Pada Distribution Store (Distro) di Kota Medan. Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial Volume 5. Universitas Negeri Medan.

Husnan, Suad. 2000. Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan (Keputusan Jangka Panjang). Yogyakarta: BPFE.

Kasmir. 2010. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kuswadi. 2005. Cara Mudah Memahami Angka dan Manajemen Keuangan bagi Orang Awam. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Rahman, F. (2017). Peran Modal Manusia Dan Modal Investasi Terhadap Nilai Produksi Industri Kecil Di Kota Pekanbaru. Jurnal Benefita: Ekonomi Pembangunan, Manajemen Bisnis & Akuntansi, 2(1), 1-9.

Republik Indonesia. 2008. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah. Tambahan Lembaran Negara RI Tahun 2008. No 4866. Sekretariat Negara. Jakarta.

Srikandi, C., & Setyawan, A. B. 2004. Analisis Penerapan Siklus Akuntansi pada Usaha Kecil dan Menengah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ilmiah ESAI Volume 9.

Wahjono, Sentot. 2008. Manajemen Tata Kelola Organisasi Bisnis. Jakarta: PT Indeks.

Published
2020-03-28
Section
Articles
Abstract viewed = 5041 times
PDF downloaded = 2367 times