APLIKASI ANALIS JALUR UNTUK, HUMAN RELATIONS DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP MOTIVASI KERJA DAN KINERJA PEGAWAI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI SUMATERA BARAT

  • yulina eliza Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ”KBP” Padang
  • hendra yuharmain Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ”KBP” Padang
  • suheri suheri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perdagangan Padang
Keywords: Gaya Kepemimpinan, Komitmen Organisasi, Disiplin Kerja, Dan Kinerja

Abstract

Penelitian ini mencoba untuk menguji pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Komitmen Organisasi terhadap Disiplin pegawai serta dampaknya terhadap Kinerja Pegawai Kantor Kesbangpol, Satpol PP dan Damkar Kabupaten Dharmasraya. Populasi penelitian terdiri 60. Menganilisis data menggunakan Analisis Jalur.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Gaya Kepemimpinan dan Komitmen mampu meningkatkan Disiplin, artinya Gaya Kepeimpinan yang baik diiringi dengan Komitmen yang kuat akan meningkatkan Disiplin pegawai. Tingkat disipilin juga memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kinerja para pegawai, artinya disiplin yang baik dan dilakukan secara terus menerus akan menghasilkan kinerja yang baik pula. Akan tetapi sesuai dengan hasil analisa jalur ternyata kedisiplinan sebagai variabel intervening malah membeikan pengaruh negatif terhadap hubungan antara gaya kepemimpinan dan kinerja. Hal ini berarti untuk meningkatkan kinerja tidak dibutuhkan disiplin sebagai perantara, lebih baik jika dilakukan langsung antara gaya kepemimpinan dan kinerja. Lain halnya dengan hubungan tidak langsung antara komitmen dan kinerja, justru dengan adanya disiplin akan lebih meningkatkan kinerja pegawai di Kantor Kesbangpol, Satpol PP dan Damkar Kabupaten Dharmasraya.

 

Kata kunci: Gaya Kepemimpinan, Komitmen Organisasi, Disiplin Kerja, Dan Kinerja

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto,Suharsimi. 2006. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.
Ritonga, Rahman. 1997. Statistika untuk Penelitian Psikologi dan Penelitian. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI.
Dewi, Rosita. dan Amilin, (2008), Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Akuntan Publik Dengan Role Stress Sebagai Variabel Moderating. Jurnal JAAI Vol. 12 No. 1, Juni 2008: 13-24.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
John P.Meyer., Bobocel,D.Ramona. Natalie J. Allen, 1991, “Development of Organizational Commitment during the First Year of Employmnet : A Longitudinal Study of Pre-and Post-Entry Influences”, Journal of Management, Vol.17, No.4 p.717-733.
Kartono, Kartini. (2003), Pemimpin Dan Kepemimpinan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Kreitner, Robert, and Kinicki, Angelo. (2001). Organizational Behavior.New York; Mc. Graw Hill. Companies, Inc 420-425.
Kuncoro.Mudrajad. 2003. Metode Riset untuk bisnis dan ekonomi.Jakarta : Erlangga.
Lamidi, (2008), Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Organizational Citizenship Behavior Dengan Variabel Intervening Komitmen Organisasional. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 8, No. 1, April 2008 : 25 – 37.
Malayu, S.P. Hasibuan. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia,Edisi Revisi. Bumi Aksara: Jakarta.
Mamesah, Merke, Marline. Dan Kusmaningtyas. Amiartuti (2009), Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional Terhadap Kepuasan Kerja dan Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan.Jurnal Akuntansi, Manajemen Bisnis dan Sektor Publik Vol. 5 No. 3- Juni 2009:349 – 368.
Margono, Slamet. (2002), Teori dan Praktek Kepemimpinan. Rineka Cipta, Jakarta.
Northouse, Peter, G. (2001). Leadership Theory and Practic, second edition.Thousand Oaks, CA: Sage Publication Inc.
Panggabean, Mutiara, S.2004, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bogor: Ghalia Indonesia.
Purnomo, Heru. dan Cholil, Muhammad. (2010), Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Berdasarkan Motivasi Kerja Pada Karyawan Administratif Di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Manajemen Sumber daya Manusia Vol. 4 No. 1 Juni 2010: 27-35.
Sambung, Roby. (2012), Pengaruh Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional, Kepribadian dan Proesionalisma Dosen Terhadap Organizational Citizenship Behavior Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Dosen. Jurnal Aplikasi Manajemen Vol. 10, No. 1, Maret 2012.
Sekaran, Uma. (2006). Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Jilid 1.Edisi 4.Salemba Empat Jakarta.
Setiyawan, Herman. (2009), Pengaruh Komitmen Organisasional Terhadap Kepuasan Kerja Dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) Sebagai Intervening. Tesis pada Universitas Diponegoro Semarang.
Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R & D.Bandung Alfabeta.
Terry ,George R.(2000). Prinsip-Prinsip Manajemen. (edisibahasa Indonesia). PT. Bumi Aksara: Bandung.
Tranggono, Rahadyan, Probo. dan Kartika, Andi. (2008), Pengaruh Komitmen Organisasional dan Profesional Terhadap Kepuasan Kerja Auditor Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis dan EkonomiVol 15 No. 1, Maret 2008:80-90.
Wibowo,Edi. dan Susilowati,Wiwik.(2010), Pengaruh Kepemimpinan, Oganizational Citizenship Behavior, dan Komitmen Organisasional Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 10, No. 1, April 2010 : 66 – 73.
Young, Kimball.(1956). Social Psychology. New York: McGraw-Hill Publiser
Published
2021-03-26
Section
Articles
Abstract viewed = 443 times
PDF downloaded = 475 times