Pengaruh PENGARUH PERILAKU KONSUMEN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTAN MEREK SEDAP DI DESA MEDAN ESTATE
Abstract
Penelitian ini menggunakan explanatory research. Pada akhirnya hasil penelitian ini menjelaskan hubungan pengaruh perilaku konsumen dan promosi terhadap Keputusan Pembelian melalui pengujian hipotesis. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Desa Medan yang mengkonsumsi produk Mie Instan Merek Sedap dengan sampel sebanyak 45 responden yang diambil dengan cara purposive sampling. Dalam penelitian ini untuk memperoleh data, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Uji instrumen dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabelitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Data yang dihasilkan diolah dengan menggunakan program SPSS 16.0 for windows.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa hasil regresi linier berganda dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Y = 2.167 + 0.355X1 + 0,356X2 + . Hasil Uji T menunjukkan bahwa variabel Perilaku Konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen secara parsial, hal ini dapat dilihat dari sig. 0,000 < 0,05 dan nilai thitung (3,827) > ttabel (1,68) serta variabel Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen secara parsial, hal ini juga dapat dilihat dari sig. (0,014) < 0,05 dan nilai thitung (2,577) > ttabel (1,68). Hasil uji F menunjukan bahwa Fhitung (16,258) > Ftabel (3,22) pada α = 0,05 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya perilaku konsumen (X1) dan promosi (x2) secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dapat. Hubungan antara variabel keputusan pembelian dengan variabel perilaku konsumen dan promosi adalah erat. Hal ini didapat dari nilai Adjusted R Square sebesar 0,436 (43,6%) yang berarti sebesar 43,6 % variabel dari keputusan pembelian dijelaskan oleh variabel bebas yaitu perilaku konsumen dan promosi.
Downloads
References
Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya
Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi 12, Jilid 1, PT. Macanan Jaya Cemerlang, Jakarta.
Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks
Mowen, John C. dan Minor, Michael. (2002). Perilaku konsumen jilid 1 edisi kelima. Jakarta : Erlangga.
Setiadi, J. Nugroho. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Cetakan Pertama. Jakarta: Kencana.
Schiffman dan Kanuk. 2010. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. INDEK.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Swasta, Basu dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern.Yogyakarta:Liberty
Copyright (c) 2020 riomas sinurat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.