Pengaruh PENGARUH PERILAKU KONSUMEN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTAN MEREK SEDAP DI DESA MEDAN ESTATE

  • riomas sinurat STIE HARAPAN DURI
  • jefri sinurat
Keywords: Perilaku Konsumen, Promosi, Keputusan Konsumen

Abstract

            Penelitian  ini  menggunakan  explanatory  research. Pada akhirnya hasil penelitian ini menjelaskan hubungan pengaruh perilaku  konsumen dan promosi terhadap  Keputusan  Pembelian melalui pengujian hipotesis. Populasi  penelitian  ini  adalah  masyarakat Desa Medan yang  mengkonsumsi  produk Mie  Instan  Merek  Sedap dengan  sampel  sebanyak  45 responden  yang  diambil  dengan cara  purposive  sampling.  Dalam penelitian  ini  untuk memperoleh data, peneliti menggunakan teknik  pengumpulan  data  dengan menggunakan kuesioner. Uji instrumen dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabelitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Data yang dihasilkan diolah dengan menggunakan program SPSS 16.0 for windows.

            Dari hasil penelitian diketahui bahwa hasil regresi linier berganda dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Y = 2.167 + 0.355X1 + 0,356X2 + . Hasil Uji T menunjukkan bahwa variabel Perilaku Konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen secara parsial, hal ini dapat dilihat dari sig. 0,000 < 0,05 dan nilai thitung (3,827) > ttabel (1,68) serta variabel Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen secara parsial, hal ini juga dapat dilihat dari sig. (0,014) < 0,05 dan nilai thitung (2,577) > ttabel (1,68). Hasil uji F menunjukan bahwa Fhitung (16,258) > Ftabel (3,22)  pada α =  0,05 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya perilaku  konsumen (X1) dan promosi (x2) secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap  keputusan pembelian (Y) dapat. Hubungan antara variabel keputusan pembelian dengan variabel  perilaku konsumen dan promosi adalah erat. Hal ini didapat dari nilai Adjusted R Square sebesar 0,436 (43,6%) yang berarti sebesar 43,6 % variabel dari keputusan pembelian dijelaskan oleh variabel bebas yaitu perilaku konsumen dan promosi.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya
Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi 12, Jilid 1, PT. Macanan Jaya Cemerlang, Jakarta.
Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks
Mowen, John C. dan Minor, Michael. (2002). Perilaku konsumen jilid 1 edisi kelima. Jakarta : Erlangga.
Setiadi, J. Nugroho. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Cetakan Pertama. Jakarta: Kencana.
Schiffman dan Kanuk. 2010. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. INDEK.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Swasta, Basu dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern.Yogyakarta:Liberty
Published
2020-10-03
Section
Articles
Abstract viewed = 1885 times
PDF downloaded = 1571 times