STRATEGI PEMASARAN LEMBAGA PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR DHARMA MULIA DUSUN BANARAN GETASAN

  • aat lisnawati Pendidikan Ekonomi
  • dwi iga luhsasi Pendidikan Ekonomi
  • arief sadjiarto Pendidikan Ekonomi
Keywords: Institusi Pendidikan, Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran

Abstract

SD Dharma Mulia merupakan sekolah dengan latar belakang Budha, sekolah yang berada di bawah naungan yayasan Budha ini mengalami penurunan jumlah siswanya selama dua tahun karena faktor kepercayaan orang tua dan tidak ada bukti kelulusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan di Sekolah Dasar Dharma Mulia di Dusun Banaran Getasan. Model penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian strategis yang dilakukan oleh SD Dharma Mulia yaitu dengan menerapkan pemasaran internal, pemasaran eksternal dan pemasaran interaktif. Alat yang digunakan dalam melakukan strategi pemasaran adalah dengan menerapkan bauran pemasaran yang terdiri dari 7P (Produk, Harga, Tempat, Promosi, Orang, Bukti fisik, proses). Kegiatan pemasaran yang dilakukan di SD Dharma Mulia adalah dengan membuat brosur dan spanduk serta dilakukan melalui media sosial seperti, Facebook, Instagram dan Whatsapp  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anam, K. (2013). Strategi Pemasaran dan Implementasinya dalam Lembaga Pendidikan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.21274/taalum.2013.1.2.159-170
Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. PT RajaGrafindo.
Diniaty, D., Kusumanto, I., Roza, F., Husna, F. D., Hartati, M., & Nofirza, N. (2019). Analisis Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Ikan Salai Patin Pada Kelompok XYZ Analysis Strategy Marketing in an Effort to Increase Sales Salai Patin Fish at XYZ Group. Jkbm (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 6(1), 109. https://doi.org/10.31289/jkbm.v6i1.3080
Elytasari, S. (2017). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Untuk Meningkatkan Kepercayaan (Trust) Stakeholders di TK Amal Insani Depok Yogyakarta. Jurnal Warna, Vol. 1 No., 117–154.
Fatmawati, H., Ilmu, P. S.-B. M., & 2019, undefined. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Smk Darul Ma’Arif Kota Administrasi Jakarta Utara. Jurnal.Lpksaricitrasurya.Com, 02(05), 393–410. http://jurnal.lpksaricitrasurya.com/index.php/bmi/article/download/32/31
Hurriyati, R. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta.
Khasanah, A. (2015). Pemasaran Jasa Pendidikan Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Di Sd Alam Baturraden. El-Tarbawi, 8(2), 161–176. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss2.art4
Najib, N. A. S. (2016). Manajemen Strategik Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Gava Media.
Sedarmayanti. (2014). Manajemen Strategi. Refika Aditama.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.
Sunyoto, D. (2015). Perilaku Konsumen dan Pemasaran Panduan Riset Sederhana untuk Mengenali Konsumen. CAPS.
Sutama, & Hasthanti, S. W. (2018). Bauran Marketing Jasa Pendidikan Sekolah Dasar Muhammadiyah. Managemen Pendidikan, 13(2), 190–203.
Tyagita, B. P. A. (2016). Strategi Pemasaran Sekolah Menengah Atas Swasta Berasrama Di Kabupaten Semarang 1. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 67. https://doi.org/10.24246/j.jk.2016.v3.i1.p67-79
Wijaya, D. (2016). Pemasaran Jasa Pendidikan. Bumi Aksara.
Published
2020-10-13
Section
Articles
Abstract viewed = 1003 times
PDF downloaded = 591 times