PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN SISTEM PEMBAYARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MEUBEL SEBAGAI PRODUK TERSIER DALAM UPAYA BERSAING DENGAN E-COMMERCE DAN PERUBAHAN SOSIO-EKONOMI GLOBAL

  • samsurijal hasan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Keywords: Customer Satisfaction, Customer Purchasing Ability, Product Quality, Price, E-Commerce, Global Socioeconomic

Abstract

Produk furnitur adalah produk tersier yang penjualannya dalam kondisi yang disengaja. Dimana produk tersebut dibeli dalam kondisi tidak menentu seperti persiapan pernikahan, belilah item furniture baru untuk rumah baru atau kantor bekas. Sebagian besar customer membutuhkan beberapa kali (1-2 tahun) untuk repeat order. Produk yang berkualitas dan harga yang bersaing menjadi hal penting yang harus dicari oleh setiap perusahaan jika ingin produk yang dihasilkan dapat bersaing di pasaran. Penelitian ini berfokus pada mengukur kontribusi kualitas Produk, Harga dan Sistem Pembayaran dalam pengambilan keputusan produk pelanggan seiring dengan tantangan terhadap E-Commerce dan perubahan Sosial Ekonomi Global. Analisis data diperoleh dari dua sumber utama yaitu kuesioner pelanggan sebagai data primer dan laporan perusahaan serta observasi sebagai data sekunder. Analisis statistik dilakukan untuk mengetahui kontribusi kualitas produk, harga, dan sistem pembayaran. Kelayakan unit usaha ini dalam kondisi Sosial Ekonomi Global saat ini. Variabel kualitas produk, harga dan sistem pembayaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pelanggan. Hubungan antara variabel independen terhadap variabel dependen cukup tinggi yaitu sebesar 0,893 dengan kontribusi sebesar 79,10% sedangkan sisanya 20,90% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian. Berdasarkan penelitian tersebut, keberadaan E-Commerce untuk produk ini tidak signifikan. Karena, mahalnya biaya pengiriman produk. Toko furnitur masih menjanjikan dibandingkan dengan Toko E-Commerce. Sayangnya, penurunan ekonomi global berdampak besar pada kemampuan membeli konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basu, Swastha Dh., Irawan. (2012). Manajemen Pemasaran Modern Edisi Ke-2. Yogyakarta: Liberty Offset.
Dan Bisnisjakarta: Pt Gramedia Pustaka Utama
F. Nahlia, And A. Ds, "Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Prabayar Xl (Studi Kasus Mahasiswa Fisip Undip Semarang)," Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 5, No. 4, Pp. 49-62, Jun. 2016
Hartini. 2012. Prinsip Dan Dinamika Pemasaran, Ed. Tiga : J&J Learning,
Haryanto.2016. Pengaruh Harga, Desain Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan (Pada Mebel Ud Duta Jati Tahun 2016)
Hasan, S (2020). Kunci Sukses Kepuasan Pelanggan: Upaya Membangun Bumd. Edisi 1. Serang: Media Madani
Hasan, S (2020). Strategi Membangun Citra Bumd. Edisi 1. Serang: Media Madani
Hasan, S; Suryana P (2020). Citation: The Influence Of Service Quality, Distribution Performance And Customer Orientation To Customer Satisfaction And Its Impact On Corporate Image (Study On Water Supply Company Tirta Siak In Riau Province). Jardcs Special Issues. 11 (8).1258-1270
Indrawijaya, Sigit. 2016. Peran Kampanye Social Marketing Terhadap Keputusan Masyarakat Jurnal Administrasi Bisnis (Jab)|Vol. 50 No. 4 September 2017
Kotler, Philip And Gary Armstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Lupiyoadi, Rambat Dan Hamdani, A, 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua, Salemba Empat, Jakarta
Pohan, Chairil Anwar. 2011. Manajemen Perpajakan Strategi Perencanaan Pajak
Stanton, W J. 2012. Prinsip Pemasaran, Alih Bahasa : Yohanes Lamarto Penerbit Erlangga,
Suci, Alfred, Et Al (2017). Analisa Keparcayaan Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Perilaku Pembelian Online Pada Website Olx Di Pekanbaru. Jurnal Faklutas Eknomi
Suprijanto A.2011. Dampak Globalisasi Ekonomi Terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Ilmiah Civis, Volume I, No 2, Juli 2011
Tjiptono, Fandy. 2010, Strategi Pemasaran, Edisi 2, Andi Offset, Yogyakarta
Yogyakarta.
Published
2020-09-26
Section
Articles
Abstract viewed = 1740 times
PDF downloaded = 1573 times