FAKTOR INTERNAL SERTA EKSTERNAL YANG BERPENGARUH TERHADAP NPL BANK SWASTA NASIONAL

  • liviawati liviawati Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning
  • Jeni wardi
  • gusmarila eka putri Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning
Keywords: NPL, inflasi, SBI

Abstract

Pendapatan bunga merupakan faktor utama sumber penghasilan bagi perbankan Indonesia. Pinjaman yang diberikan oleh bank memang dijamin oleh agunan, akan tetapi jika pinjaman itu sudah macet hal ini akan merugikan pihak perbankan dimana pihak perbankan akan mengalami kerugian berupa tidak dihasilkannya pendapatan bunga, kerugian yang lebih fatal lagi adalah adanya beban-beban lain yang akan dikeluarkan oleh bank dalam usaha mencairkan agunan tersebut serta rugi waktu.

            Tinggi  rendahnya kualitas pinjaman yang diberikan  itu akan tercermin di rasio net performing loan ( NPL ) suatu bank. Semakin tinggi nilai rasio NPL itu menandakan bahwa semakin rendah kualitas pinjamannya artinya tingkat collectibilitas pinjamannya semakin rendah dan berlaku sebaliknya. Tinggi rendahnya NPL ini juga mengganggu tingkat efisiensi dari operasional bank tersebut yang pada akhirnya akan mengganggu kepada kemampuan bank dalam menghasilkan laba ( profitabilitas ). Oleh sebab itu pihak perbankan sangat perlu untuk memperhatikan NPL ini.

Berdasarkan fenomena yang dijelaskan diatas maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Faktor internal serta eksternal yang berpengaruh terhadap NPL Bank Swasta Nasional

Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Apakah  modal, likuiditas, efisiensi, inflasi, ukuran perusahaan, daya beli dan suku bunga SBI berpengaruh terhadap NPL bank swasta nasional?

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalis faktor internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap  NPL pada bank swasta studi kasus pada bank swasta nasional.

Berdasarkan  hasil penelitian ada 4 faktor yang berpengaruh terhadap NPL yaitu modal, likuiditas, efisiensi dan ukuran perusahaan. 

 

Keyword : NPL, inflasi, SBI

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim, 2014, Pengangguran terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan2004-2014, dalam tautan www.BPS.go.id

Anonim, 2016, Sekilas BNSP, dalam tautan www.bnps.go.id.

Anonim, 2016, Keuntungan Sertifikasi, dalam tautan www.bnps.go.id.

Anonim, 2016, Masyarakat Ekonomi Asean,dalam tautan www.wikipedia.co.id.

Awayiga, Joseph Y., Joseph M. Onumah, and Mathew Tsamenyi. "Knowledge and skills development of accounting graduates: The perceptions of graduates and employers in Ghana." Accounting Education: an international journal 19.1-2 (2010): 139-158.

Kementrian Pendidikan Nasional. StandarKompetensi Lulusan Akuntansi, 2011.

Hutapea, Parulian, and M. B. A. Nurianna Thoha. Kompetensi plus. Gramedia Pustaka Utama, 2008.

Hadi, Sutisno. Metodologi Riset. PustakaPelajar, 2016.

Kavanagh, Marie H., and Lyndal Drennan. "What skills and attributes does an accounting graduate need? Evidence from student perceptions and employer expectations." Accounting & Finance 48.2 (2008): 279-300.

Mohammed, Ehab K.A. “Accounting Knowledge and Skills and the Challenges of A Global Business

Environment”, Emerald Insight, Vol 29Number 7, 2003.

Setyaningsih, Ira. Kompetensi Untuk Menakar Kesiapan Mahasiswa Menghadapi Persaingan Asean Economic

Community., SeminarNasionalIENACO. (2015)

Tarmizi, Tashadi. "Kajian Spesifikasi Keahlian Akuntansi pada Kurikulum Penyelenggara Program Diploma 3 Akuntansi di Indonesia." (2015)
Published
2021-04-14
Section
Articles
Abstract viewed = 263 times
PDF downloaded = 267 times