PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA DOSEN SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI RIAU

Main Article Content

sudarmin manik
nova syafrina

Abstract

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi terhadap kinerja dosen pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau. Populasi dalam penelitian ini adalah dosen STIE Riau yang berjumlah 54 orang. Dan sampel berjumlah 54 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Analisis data yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji reliabilitas, regresi linear sederhana, uji R2 dan uji t. Pengujian tersebut dilakukan guna untuk mengetahui pengaruh kompetensi terhadap kinerja dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kompetensi dengan nilai R square di dapat 0,541, yang berarti kompetensi memberikan  kontribusi sumbangan sebesar 54,1% terhadap kinerja dosen, serta berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen dengan tingkat sig. 0,000. Kesimpulan dari penelitian bahwa hipotesis kompetensi dapat diterima kebenarannya.


The purpose of this study is to determine the effect of competence on the performance of lecturers at the STIE of Riau. The population in this research is the lecturer of STIE Riau which amounted to 54 people. And the sample amounted to 54 people by using sampling technique that is  sampling saturated. Data analysis was performed by using reliability test, simple linear regression, R2 test and t test. The test is conducted in order to determine the effect of competence on the performance of lecturers of the STIE of Riau. Based on the result of research that competence with R square value can be 0,541, which means competence contributed 54,1% to lecturer performance, and have positive and significant influence to lecturer performance with sig level. 0,000. The conclusion from the research that the hypothesis of competence acceptable truth.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian, Edisi Revisi, Rineka Cipta, Jakarta.
Djohar. (2006). Guru, Pendidikan dan Pembinaannya (Penerapannya dalam Pendidikan dan Undang-Undang Guru dan Dosen). Yogyakarta : Sinar Grafika
Fahmi, Irham. 2014. Perilaku Organisasi. Alfabeta. Bandung
Finch, & Crunkilton. (1992). Curriculum development in vocational and technical education. Planning, content and implementation. Fourth edition. Virginia: Polytechnic Institute and State University
Hasibuan, Melayu. 2016. Maanajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan kesembilan. Bumi Aksara. Jakarta.
Hutapea, Thoha. 2008. Kompetensi Plus. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Priyatno, Duwi, 2008. Mandiri Belajar SPSS (Statistical Product and Service Solution), MediaKom, Yogyakarta.
Rivai, Veithzal. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahan. PT. RajaGrafindo Persada. Jakarta
Saifudin. 2004.”Pengaruh Kompetensi dan Independensi Terhadap Opini Audit Going Concern (Studi Kuasieksperimen Pada Auditor Dan Mahasiswa)”. Tesis Program Pasca Sarjana Magister Akuntansi Universitas Diponegoro
Sinambela, Lijan Poltak. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia.Bumi Aksara. Jakarta
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Administrasi, Cetakan XVIII, Alfabeta, Bandung.
________, 2012. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung
Sutrisno, Edy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Prenadamedia Group. Jakarta
___________, 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia,Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Undang-Undang guru dan dosen nomor 14 tahun 2005
Wibowo, 2007. Sistem Mananjemen Kinerja, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Winanti. Majalah UNIKOM. 2011. Jurnal Majalah Ilmiah Unikom Universitas Komputer Indonesia.