INCOME SMOOTHING SEKTOR PERTAMBANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

  • ika berty apriliyani Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning
  • reni farwitawati Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning
Keywords: Cash Holding, Income Smoothing, Profitabitily, Company Value, Earning Management

Abstract

Perataan laba sebagai salah satu bentuk manajemen laba yang merupakan tindakan tidak etis dan menyebabkan informasi dalam laporan keuangan menjadi kurang andal dan menghasilkan keputusan yang valid. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perataan laba yang dipengaruhi oleh cash holding, profitabilitas dan nilai perusahaan. Penelitian dilakukan pada perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014 hingga 2018. Dengan menggunakan 30 sampel (6 perusahaan pertambangan) dari 43 populasi yang dipilih berdasarkan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor cash holding berpengaruh signifikan terhadap perataan laba, sedangkan faktor profitabilitas dan nilai perusahaan tidak berpengaruh. Pengujian simultan model penelitian ini, menjelaskan 68,6% bahwa cash holding, profitabilitas dan nilai perusahaan menunjukkan adanya pengaruh terhadap perataan laba.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji D.Y dan Mita F.A. 2010. Pengaruh Profitabilitas, Risiko Keuangan, Nilai Perusahaan, dan Struktur Kepemilikan Terhadap Praktek Perataan Laba : Studi Empiris Perusahaan Manufaktur yang Terdapat di BEI. Simposium Nasional Akuntansi XIII, Universitas Jendral Soedirman Purwokerto.
Dalimunthe, I.P., dan Prananti Woni. 2019. Pengaruh Cash Holding, Profitabilitas, Dan Financial Leverage Terhadap Income Smoothing Pada Perusahaan Manufaktur. EkoPreneur. Volume 1 No.1.
Direksi Timah dituding manipulasi laporan keuangan diakses dari : https://economy.okezone.com/read/2016/01/27/278/1298264/direksi-timah-dituding-manipulasi-laporan-keuangan
Hery, 2015, Analisis Laporan Keuangan, Jakarta, PT Grasindo.
Herawati, Titin.2013. Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang, dan Prifitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Universitas Negeri Padang.
Kasmir, 2016, Analisis Laporan Keuangan, Jakarta, Rajawali Pers.
Napitupulu, J., Prihasantyo, S.N., Dian, K. 2018. Pengaruh Cash Holding, Profitabilitas, Reputasi Auditor dan Komponen Good Corporate Governance terhadap Perataan Laba. Prima Ekonomi-Vol 9, No.2. ISSN : 2087-0817.
Nurciptaning, H.A., Mohamad, R.N., Wiwin, A. 2017. Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dan Nilai Perusahaan Terhadap Praktik Perataan Laba. Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer Vol. 9, No.2.
Oktyawati, Dianila dan Dian, A. 2014. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Nilai Perusahaan Terhadap Income Smoothing dan Return Saham pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi & Auditing Vol.10/No.2.
Rahmawati, Dina. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Praktek Perataan Laba. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Revinsia, V.S., Rahayu, S., Lestari,T.U. 2019. Pengaruh Cash Holding , Profitabilitas, Dan Leverage Terhadap Perataan Laba (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2013-2017).
Sarwinda, Prilly., dan Mayar Arfiyenti. 2015. Pengaruh Cash Holding, Political Cost, Dan Nilai Perusahaan Terhadap Tindakan Perataan Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI 2009-2013). Seminar Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (SNEMA) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. ISBN : 978-602-17129-5-5.
Wulan, Riyadi. 2018. Pengaruh Cash Holding, Profitabilitas, dan Nilai Perusahaan terhadap Income Smoothing. Jurnal Ilmiah Manajemen & Akuntansi. Volume 5, No.1. ISSN : 2356-3923.
Published
2021-10-05
Section
Articles
Abstract viewed = 383 times
PDF downloaded = 286 times