PENGARUH KEBERADAAN PERUSAHAAN RITEL MODERN TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG HARIAN DI PASAR SYARIAH ULUL ALBAB DESA TANAH MERAH DAN PANDAU JAYA KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR

  • lili erti Unilak
  • souviye fithrie Unilak
  • idel waldelmi unilak

Abstract

Penelitian ini latar belakangi oleh keberadaan ritel modern yang berada di lingkungan pasar syariah ulul albab yang terletak diantara dua desa tanah merah dan desa pandau jaya kecamatan siak hulu kabupaten Kampar. Berdasarkan data dilapangan membuktikan pendapatan padagang pasar syariah setelah adanya keberadaan ritel modern ternyata memberikan pengaruh dengan terjadinya penurunan yang drastis. Penurunan drastis ini terjadi pada pendapatan  pedagang antara 1 – 3 juta yang mencapai kisaran angka 3,33% ( 23.33 % - 20.00%) dan di ikuti dengan penurunan pada pendapatan yang lebih dari 3 juta semula mencapai angka 6.67% dan setelah keberadaan perusahaan ritel modern tidak ada pendapatan pedagang yang lebih dari 3 juta. Namun sebaliknya terjadi peningkatan pendapatan pada pedagang yang pendapatanya kurang dari 1 juta dimana semula 70% padagang berpengasilan kurang dari 1 juta menjadi meningkat menjadi 80% atau meningkat sebesar 10% dari penghasilan sebelumnnya. Untuk membuktikan secara ilmiah pengaruh keberadaan ritel modern terhadap pendapatan pedagang pada pasar syariah dapat digunakan pendekatan kuatitatif dengan menggunakan statistik melalui uji beda dengan rumus t test. Berdasarkan hasil olah data dengan penerapan asumsi bahwasannya perubahan dan tidak terjadi pengurangan sebelum dan sesudah keberadaan ritel modern dengan menggunakan data dummy antara lain  nilai nol (0) yang artinya tidak ada perubahan dan nilai satu (1) yang artinya adanya perubahan. Survey yang dilakukan kepada 30 orang pedagang secara eksedental yakni pada saat mereka melalukan transaksi jual beli di pasar syariah ulul albab

Kata Kunci : Pendapatan,  Pasar Syariah dan Pasar Modern

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aramiko, S. A. (2011). Dampak Pasar Ritel Modern Terhadap Pasar Dan Pedagang Ritel Tradisional Di Kota Tangerang Selatan Dan Upaya Penanggulangannya.
Pratama, P. Danu. (2015). Analisis Pengaruh Harga Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Membeli Di Pasar Tradisional(Studi Pada Pasar Tradisional Jaten Di Daerah Jaten) Vol .03 No, 1–5.
eka Yuliasih. (2013). No Title. Studi Eksplorasi Dampak Keberadaan Pasar Modern Terhadap Usaha Ritel Waserda Dan Pedagang Pasar Tradisional Di Kecamatan Klirong Kabupaten Kebumen, Vol. 3 No., 78–79.
Hasanah, U., & Winarwati, I. (2011). Studi Potensi Kompetisi Antara Pasar Tradisional Dengan Toko Modern Pasca Peraturan Presiden ( Perpres ) Nomor 112 Tahun 2007 Di Madura , 236–247.
Https://Id.Wikipedia.Org/Wiki/Eceran
Intruksi Presiden No. 10 Tahun 1999 Tentang Pemberdayaan Usaha Menengah
Keputusan Menteri Keuangan No. 40 /KMK.06/2003 Tentang Pendanaan Kredit Usaha Mikro Dan Kecil
Peraturan Menteri Perdagangan No. 53/M-DAG/PER/12/2008 Tentang Pedoman Penataan Dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan Dan Toko Modern
Peraturan Menteri Perdagangan No.12 Tahun 2006 Tentang Waralaba
Maria, A., & Anggraini, T. (2014). Peranan Industri Kecil-Menengah Dalam Pembangunan Ekonomi Indonesia : Ditinjau Dari Perspektif Hukum Persaingan Usaha, Xiii(3), 441–467.
Fuyi, Nadya. (2014). Analisis Tanggapan 4 Toko Tradisional Pada Waralaba Indomaret/Alfamart (Toko Modern) Di Area Kampus Universitas Jember., Vol. 02 No, 2–3.
Nashirudin. (2012). Dampak Keberadaan Indomaret Terhadap Pendapatan Pedagang Kelontong Di Pasar Cuplik Kecamatan Sukoharjo. Manajemen & Agribisnis, 11(2), 119–128.
Sarwoko, Endi, 2008. Dampak Keberadaan Pasar Modern Terhadap Kinerja Pedagang Pasar Tradisional Di Wilayah Kabupaten Malang. Jurnal Ekonomi Modernisasi Malang.
Sukirno, Sadono, 2015. Mikro Ekonomi Teori Pengantar. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.Edisi Ketiga.
Wibowo, Rengkung, M. (2012). Wibowo,Rengkung, Mastutie. Water, Vol 1 No, 114–121.
Zahratain, I., & Anggraeni, L. (2015). Dampak Perkembangan Toko Modern Terhadap Kinerja Pedagang Produk Pertanian Pada Pasar Tradisional Di Kota Bekasi. Jurnal
Published
2018-04-13
Section
Articles
Abstract viewed = 581 times
PDF downloaded = 539 times