ANALISIS PENGARUH MOTIVASI, KEMAMPUAN, DAN PELAKSANAAN STRATEGI SDM TERHADAP KINERJA DOSEN SERTA IMPLIKASINYA PADAKUALITAS LULUSAN (Survey pada PTS di Provinsi Riau)

  • jenita jenita Akademi Keuangan dan Perbankan Riau (AKBAR)

Abstract

Abstrak: Analisis Pengaruh Motivasi, Kemampuan dan Pelaksanaan Strategi SDM
terhadap Kinerja Dosen serta Implikasinya pada Kualitas Lulusan (Survey pada
Perguruan Tinggi Swasta di Provinsi Riau.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
dan memperoleh bukti secara emperis mengenai pengaruh motivasi, kemampuan dan
pelaksanaan strategi SDM terhadap kinerja dosen serta implikasinya pada kualitas
lulusan di Perguruan Tinggi Swasta Provinsi Riau.
Secara teoritis motivasi yang dimiliki dosen, kemampuan dosen, pelaksanaan
strategi yang diterapkan di masing-masing perguruan tinggi merupakan kebijakan
yang diterapkan guna mencapai tujuan institusi mempengaruhi kinerja dosen yang
akan memberikan pengaruh terhadap kualitas lulusan. Penelitian ini ingin menjawab
apakah hal tersebut juga berlaku untuk konteks dosen PTS di Riau.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan
verifikatif. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah Propotional Cluster
Random Sampling, jumlah sampel minimum ditentukan dengan rumus yang
kembangkan oleh Isaac and Michael, dengan populasi sebanyak 1.866 Dosen Tetap
diperoleh jumlah sampel sebanyak 236 responden. Alat analisis yang digunakan
adalah analisis jalur (Path Analysis).Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1)kondisi kemampuan, pelaksanaan strategi SDM, kinerja dosen dan kualitas lulusan
rata-rata dalam kategori tinggi, kecuali motivasi dalam kategori sangat tinggi.
Keeratan hubungan di antara variabel-variabel bebas dalam kategori sedang; 2)terdapat pengaruh yang posistif dan signifikan dari semua variable bebas terhadap
kinerja dosen sebesar 74, 60 persen; 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan
dari variabel kinerja dosen terhadap kualitas lulusan sebesar 82, 90 persen.
Kesimpulan yang diambil adalah untuk meningkatkan kinerja dosen
dibutuhkan kemampuan dosen dalam memecahkan masalah secara kompleks, perlu
ditingkatkan kemampuan dosen dalam penguasaan materi pengajaran dan
peningkatan kemampuan dalam mengevaluasi pelaksanaan program pelatihan yang
dilaksanakan untuk pengembangan kemampuan dosen. Penelitian ini juga
menemukan bahwa peningkatan kualitas lulusan dipengaruhi oleh kemampuan dosen
dalam mengembangkan media pembelajaran, sehingga lulusan dapat dengan mudah
beradaptasi dengan lingkungan sesuai bidang keilmuannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari, 2008, Pengantar Bisnis, Alfabeta, Bandung.
Arikunto, Suharsini, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi
Revisi V, Rineka Cipta, Jakarta.
Davis, Keith dan John W.Newstorm, 2002, Perilaku dalam organisasi, edisi ketujuh,
jilid 1, alih bahasa Agus Dharma, Erlangga, Jakarta.
Gaspersz, Vincent, 2008, Total Quality Management, Manajemen Bisnis Total,
Catatan Kedua, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Gibson, James L. John, M. Ivancevich dan James H. Donnaly, 1997, Organisasi
Perilaku, Struktur dan Proses, Edisi 8, Terjemahan Bina Rupa Aksara, Jakarta.
Kinichi, 2003, Organizational Behavior, Mc. Graw-Hill Companies, New York.
Kusnendi, 2005, Analisa Jalur : Konsep dan Aplikasi dengan Program SPSS & Lisrel
8, Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Indonesia, Jakarta.
Luthans, Fred, 2005, Organizational Behavior, Tenth Edition, Mc.Graw-Hill
Publishing Company, New York, USA.
Mayer, Steven J, 2008, Strategic Human Resource Management Practices of High
Performance Organizations, Innovative Human Dynamics.
Moenir H. As, 2002, Pendekatan Manusiawi dan Organisasi terhadap Pembinaan
Kepegawaian, Gunung Agung, Jakarta.
Muhajir, Muhammad.2011.Hubungan antara keefektifan sertifikasi Guru, Kompetensi
professional, semangat kerja, dan Budaya Mutu dengan Kinerja Guru pada
Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Jember.(disertasi)
Noe, Raymond A. et al, 2006, Human Resource Management : Gaining Competitive
Advantage, Fifth Edition, Mc Graw-Hill trwin Companies Inc, New York, USA.
Robbins, Stephan P, dan Jugde Tomothy A., 2007, Organizational Behavior, Twelfth
Edition, Preason Prentice Hall, New Jersey, USA.
Sallis, E. 2008. Total Quality Management in Education. Alih Bahasa: Dr. Ahmad
Ali Riyadi & Fahrurrozi, M.Ag. Cetakan VIII.Penerbit IRCiSoD. Jogyakarta.
Sidik Priadana, 2005, Strategi Pengembangan SDM dalam Kaitan Perubahan dan
Repositioning ( modul kuliah ), STIEPAS, Bandung.
Simanjuntak.Payaman J.2005, Manajemen dan Evaluasi Kinerja, Fakultas Ekonomi
U.I, Jakarta.
Sofyandi Herman, Garniwa Iwa, 2007, Perilaku Organisasi, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Terry, George R;Rue Leslie W, 2011, Dasar-Dasar Manajemen, alih bahasa G.A
Ticoalu, Bumi Aksara, Jakarta.
Ubaedy, AN, 2007, Kompetensi Kunci dalam Berprestasi, Bee Media Indonesia,
Jakarta.
Uno, Hamzah, B, 2006, Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran, Bumi Aksara,
Jakarta.
Jurnal: Daya Saing, Eprints, ums.ac.id/790/2/Jurnal Daya Saing.pdf.
Jurnal: Edy, Ekonomi & Bisnis, Volume 2 No.3, November 2008, Jogyakarta.
Jurnal, Baedhowi, Ilmiah pendidikan, volume 1, No 1, September 2008.
Published
2018-03-26
Section
Articles
Abstract viewed = 120 times
PDF downloaded = 124 times