ANALISIS MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN SMESTER VIII FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS LANCANG KUNING DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI

  • rismardi arzat Universitas Lancang Kuning

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi mahasiswa dalam rangka
mewujudkan atau menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien, baik dari segi
waktu maupun pembiayaan, demi terlaksananya cita-cita untuk menyelesaikan studi tepat
waktu, serta dapat memahami pembelajaran yang di jadikan acuan pembuatan skripsi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian sensus, data yang digunakan dalam
penelitian adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data diperoleh melalui responden dengan
interview dan questioner. Teknik analisa data menggunakan analisis deskriptif, yaitu data
yang diperoleh ditabulasikan dalam bentuk tabel dan ditelaah, kemudian dibandingkan
dengan teori pendukungnya.
Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap variabel mengambarkan bahwa motivasi
mahasiswa cukup rendah untuk menyelesaikan skripsi tepat waktu hal ini dapat dilihat
antara lain : Proses Pembelajaran (43,82%) menyatakan tidak baik sekali. Pelaksanaan
Pembelajaran (48,36%) menyatakan tidak baik sekali. Kesulitan mencari pembimbing
(41,57%) menyatakan tidak baik sekali. Bimbingan yang baik dan memuaskan (46,06%)menyatakan tidak baik sekali. Kemampuan menyusun Skripsi (49,43%) menyatakan
tidak baik sekali. Dan hambatan dalam bimbingan (35,95%) menyatakan tidak baik
sekali. Sedangkan variabel lain seperti : Hasrat dan keinginan untuk menyelesaikan
kuliah, Fasilitas dalam pembelajaran, Kenyamanan, Respon Dosen dan teman, Proses
pembuatan Proposal, konsultasi sudah baik. Namun perlu ditingkatkan lagi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.M.Sudirman, 2005, Interaksi dan Motivasi belajar mengajar, penerbit Rajawali,
Jakarta.
Beck, Robert C, 2004, Motivation, Theories and principle, Englewood Cliffs, New
York.
B.Uno,Hamzah, 2006, Teori Motivasi dan Pengukurannya, Penerbit,Bumi Aksara,
Jakarta.
Elfindri dan KK, 2010, Soft Skills untuk pendidikan, penerbit, Baduose Media.
Harold koontz & Heinz Weihrich, 2007, Educational Administration, Theory
Research and Practice, New York, House.
Purwoto M. Ngalim, 2008, Psikologi Pendidikan, Penerbit Remaja Rosdakarya,
Bandung.
Published
2018-03-26
Section
Articles
Abstract viewed = 143 times
PDF downloaded = 150 times