FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI POLIS ASURANSI JIWA PADA PT. ASURANSI JIWASRAYA (Persero) PEKANBARU (Studi Kasus)

  • arizal N
  • M Uyup Jas Universitas Lancang Kuning
  • agus seswandi

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli polis asuransi jiwa. Faktor-faktor
tersebut adalah faktor sosial, pribadi, psikologis, produk, premi dan promosi.
Penelitian ini dilakukan pada PT. (Persero) Asuransi jiwasraya Kota Pekanbaru,
dimana populasi adalah seluruh pembeli polis asuransi jiwa pada tahun 2013
sebanyak 500 orang dan diambil sampelnya sebanyak 100 orang. Pengumpulan data
menggunakan kuesioner/angket dan teknik pengambilan sampel adalah teknik
purpose sampling. Analisa data yang digunakan adalah secara deskriptif, yaitu analisa
data dengan cara mengumpulkan data kemudian diklarifikasi berdasarkan kelompok
dan katagori, kemudian ditabulasi dan dideskripsikan sesuai teori yang relevan
dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor social, pribadi,
psikologis, produk dan premi merupakan factor yang sangat mempengruhi dalam
pembelian polis asuransi jiwa berdasarkan pada tanggapan reponden. Disamping itu
dari factor-faktor tersebut yang paling dominan atau yang paling berpengaruh terhaap
keputusan pembelian konsumen dalam membeli polis asuransi jiwa adalah factor
produk yang terdiri dari kepercayaan/sikap dan manfaat/faedah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari, H. Dr. Prof. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Penerbit
: Alfabeta, Bandung.
Darmawi, Herman. 2004. Manajemen Asuransi. Bumi Aksara.Jakarta
Djaslim, Saladin, 2006. Manajemen Pemasaran, Penerbit Linda Perkasa, Bandung.
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1,
Penerbit : Erlangga, Jakarta.
Lamb, hair, Mcdaniel. 2001. Pemasaran Buku I, Salemba Empat. Jakarta
Sutojo, Siswanto, 2004. Manajemen Penjualan Yang Efektif, Damar Mulia Pustaka.
Swastha, Basu dan T. Hani Handoko, 2008, Manajemen Pemasaran, Penerbit :
Liberty, Yogyakarta.
Swastha, Basu dan T. Hani Handoko, 2009, Manajemen Penjualan, Penerbit :
Liberty, Yogyakarta
Published
2018-03-26
Section
Articles
Abstract viewed = 288 times
PDF downloaded = 445 times