PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN LAFONTE PADA PT BENTORO ADISANDI IVENA PEKANBARU

  • hendra kasman STMIK Darmapala Riau

Abstract

Abstrak : PT Bentoro Adisandi Ivena Pekanbaru merupakan perusahaan yang
melakukan kegiatan usaha dibidang perdagangan yang memasarkan produk Lafonte.
Dalam memasarkan produk Lafonte perusahaan menggunakan saluran distribusi yaitu
toko pengecer dan agen. Permasalahan yang dihadapi yaitu tidak tercapainya target
dan penurunan realisasi volume penjualan yang sebabkan ketidaktepatan waktu,
tempat, dan pesanan dalam mendistribusikan produk-produknya.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh saluran distribusi yang terdiri dari
tempat, waktu, bentuk, dan informasi terhadap volume penjualan Lafonte pada PT
Bentoro Adisandi Ivena Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah toko yang
membeli produk Lafonte di PT Bentoro Adisandi Ivena Pekanbaru. Sampel dalam
penelitian ini adalah keseluruhan populasi yang berjumlah 79 responden. Metode
yang digunakan adalah metode sensus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah menggunakan angket dan wawancara. Metode analisis yang digunakan adalah
analisis regresi berganda, dimana hasil dari persamaan regresi tersebut akan diuji
melalui Uji t, Uji F, dan Uji koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi berganda sebagai berikut :
Y = 2,924 + 0,056X
1
+ 0,382X
2
+ 0,361X
3
+ 0,024X
Melalui pengujian determinasi,
maka diketahui bahwa volume penjualan dipengaruhi oleh saluran distribusi sebesar
37,6%, sedangkan sisanya yang 62,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.
Diantara variabel yang paling berpengaruh adalah variabel waktu, hal ini dapat dilihat
dari nilai koefisien regresi, dimana pada variabel waktu mempunyai nilai tertinggi
yaitu 0,382 dengan nilai signifikansi 0,016 yang lebih kecil dari 0,05. Kemudian
pengaruh variabel bentuk yang mempunyai nilai koefisien regresi yaitu 0,361 dengan
nilai signifikansi 0,022 yang lebih kecil dari 0,05. Pengaruh saluran distribusi yang
terdiri dari tempat, waktu, bentuk, dan informasi terhadap volume penjualan secara
bersama-sama dapat dilihat dari nilai F hitung yang lebih besar dari F tabel yaitu
11,245 > 2,515.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri, 2012, Manajemen Pemasaran, Penerbit PT
Rajagrafindo Persada, Jakarta.
Anorga, Wien’s, 2004, Kamus Istilah Ekonomi, Edisi Pertama, CV M2S, Bandung.
Assauri, Sofjan, 2007, Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep dan Strategi,
Penerbit PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.
Cannon, Joseph P, William D. Perreault, dan Jerome McCarthy, 2009, Pemasaran
DasarPendekatan Manajerial Global, Buku 2 edisi 16, Penerbit Salemba
Empat, Jakarta.
Chandra, Gregorius, Fandy Tjiptono, dan Yanto Chandra, 2004, Pemasaran Global:
Internasionalisasi dan Internetisasi, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Daft, Richard L, 2007, Management Manajemen, Edisi 6 buku 1, Penerbit Salemba
Empat, Jakarta.
Hasan, Ali, 2008, Marketing, Penerbit Med Press (anggota IKAPI), Yogyakarta.
Keegan, Warren J, 2007, Manajemen Pemasaran Global, Jilid 2, PT Indeks, Jakarta.
Kodrat, David Sukardi, 2009, Manajemen Distribusi, Old Distribution Channel and
Postmo Distribution Channel Approach, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid 2 edisi ke12,
PT
Indeks.
Kristanto, Jajat, 2011, Manajemen Pemasaran Internasional, Sebuah Pendekatan
Strategi, Penerbit Erlangga
Rangkuti, Freddy, 2009, Strategi Promosi yang Kreatif, Edisi pertama cetakan
pertama, Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Sikula, Andrew E, 2009, Manajemen Pemasaran 2, Edisi Milenium 1, PT Indeks,
Jakarta.
Simamora, Henry, 2007, Manajemen Pemasaran Internasional, Jilid 1 edisi ke-2,
Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta.
Swastha, Basu dan Irawan, 2005, Manajemen Pemasaran Modern, Penerbit Liberty,
Yogyakarta.
Swastha, Basu dan T.Hani Handoko, 2008, Manajemen Pemasaran, Analisa
Perilaku Konsumen, Edisi pertama cetakan keempat, Penerbit BPFE,
Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi III, Penerbit CV Andi Offset,
Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy, Gregorius Chandra, dan Dadi Adriana, 2008, Pemasaran Strategik,
Penerbit CV Andi Offset, Yogyakarta.
Published
2018-03-26
Section
Articles
Abstract viewed = 1045 times
PDF downloaded = 1010 times