NALISIS STRATEGI BERSAING GUDANG DIGITAL YOGYAKARTA DALAM MEMPERLUAS PASAR

  • nofrizal nofrizal Universitas Lancang Kuning

Abstract

Abstrak : Gudang Digital adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang
retail fotograpi di Yogyakarta yang sudah berdiri selama 7 tahun dengan kerja keras
dan kesabaran Gudang Digital berhasil membaca kebutuhan konsumen Yogyakarta,
hingga saat ini Gudang Digital sudah memiliki 3 cabang serta memiliki cafe dan kelas
fotograpi adapun strategi yang mereka gunakan adalah one stop shoping dan paling
murah .
Pemilihan Srategi yang tepat bagi Gudang Digital merupakan salah satu tujuan yang
penilitian ini untuk dapat bertahan dalam persaingan di industri retail alat – alat
fotograpi. Proses dilakukan dengan mengunakan PEST (Politik, Ekonomi, Sosial,
Teknologi) dan Lima Kekuatan Porter. Setelah itu peneliti menggunakan value chain
untuk melihat keunggulan bersaing dan untuk pemilihan strategi penelitian ini
menggunakan SWOT dan Strategi Generik Porter. Hasil penelitian yang dilakukan
menyatakan bahwa Gudang Digital bisa mengunakan keunggulan yang dimiliki
dengan munggunakan strategi Generik Porter yaitu Kunggulan biaya menyeluruh
(Porter, 1989).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barney, Jay B., 2007, Gaining and Sustaining Competitive Advantage, Pearson
Education Inc., Upper Saddle River, New Jersey.
David, Fred R., 2006, Manajemen Strategik. Gramedia Widiasarana, Jakarta.
Euis Soliha., 2008, Analisis Industri Ritel Di Indonesia, Jurnal Bisnis dan Ekonomi
(JBE), Vol. 15, No.2, Hal. 128 – 142
Endi Fitri Herlianto., 2010. Analisis Strategi Bersaing Telkom Dalam Industri
Internet, Tesis. Jakarta. Program Studi Magister Manajemen Fakultas
Ekonomika Dan BisnisUniversitas Gadjah Mada.
Evi marliana sari, Mimit Primyastanto, Pudji Purwati., 2003, Analisis Strategi
Keunggulan Bersaing Perusahan di PT ILUFA (Inti Luhur Fuja Abdi) Desa
Cangkringmalang Kecamatan Beji kabupaten pasuruan Jawa Timur.Jurnal
Perikanan, Edisi Desember, 217-228.
Kuncoro Mudrajad., 2005, Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif,
Penerbit Erlangga, Jakarta
Muhammad, Suwarsono., 2008, Manajemen Strategik, UPP STIM YKPN,
Yogyakarta
Pearce, John A. and Robinson, Richard B., 2005, Strategic Management :
formulation, implementation, and control, McGraw-Hill, New York.
Porter, M. E., 1993, strategi Bersaing, Erlangga, Jakarta
Porter, M. E., 1980, Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Indstries and
Competitors, The Free Press.
Rangkuti, F., 2001, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT. Gramedia
Pustaka Utama, Jakarta.
Sugiyono., 2008, Metode Penelitian Bisnis. Cetakan kedua belas, Penerbit Alfabeta,
Bandung.
Thompson, A. A., Strickland III, A. J. and Gamble, J. E., 2010, Crafting and
Executing Strategy: The Quest For Competitive Advantage: Concepts and
Cases, Seventeenth Edition, McGraw-Hill.
Wheelen, Thomas L, J. David Hunger., 2000, Strategic Management & Business
Policy. Prentice Hall.
Wheelen, Thomas L., and J. David Hunger., 2006, Strategic Management and
Business Policy, Tenth Edition, International Edition, New Jersey: Prentice
Hall, Inc.
Published
2018-03-26
Section
Articles
Abstract viewed = 81 times
PDF downloaded = 552 times