UPAYA MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN MELALUI NILAI PELANGGAN PADA PELANGGAN PT. TELKOMSEL DI PEKANBARU

  • mohamad hizasalasi STIE Persada Bunda

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis pengaruh kualitas layanan,
kualitas produk, citra, harga terhadap nilai pelanggan dan juga pengaruh langsung
kualitas layanan, kualitas produk, citra, harga terhadap loyalitas pelanggan serta
pengaruh nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan jasa telekomunikasi PT.
Telkomsel di Pekanbaru. Data penelitian dikumpulkan dengan kuesioner, disebar
pada 150 responden yang dipilih dengan metode purposive sampling. Analisis utama
data penelitian menggunakan teknik Structural Equation Modelling (SEM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap nilai pelanggan sedangkan kualitas produk, citra dan harga hanya
berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap nilai pelanggan. Selain itu
kualitas layanan, kualitas produk, citra dan harga mempunyai pengaruh positif yang
tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan nilai pelanggan berpengaruh
secara positif dan signifikan terhadap loyalitaspelanggan.
Bagi penelitian selanjutnya disarankan agar menggunakan objek penelitian yang lebih
luas yaitu perusahaan jasa yang memiliki karakteristik sama sehingga dapat
mendukung dan memperkuat hasil penelitian yang dicapai saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ydin, Serkan and Ozer, Ghokan, 2004. The Analysis of Antecedent of Customer
Loyalty in the Turkish Mobile Telecommunication Market, European Journal
of Marketing, Vol.39.
Aydin, Serkan and Ozer, Ghokan, 2005. National Customer Satisfaction Indices: A
Implementation in the Turkish Mobile Telephone Market,Marketing
Intellegence & Planning, Vol.23, No 5.
Bilson, Simamora, 2004. Panduan riset Perilaku konsumen, PT. Gramedia Pustaka
Utama, Jakarta.
Darsono, Licen Indahwati, 2005. Loyalty & Disloyalty: Sebuah Pandangan
Komprehensif Dalam Analisis Loyalitas Pelanggan,Jurnal Administrasi dan
Bisnis, Vol.4.
Devaraj, Sarv; Matta F, Khalil; Conlon, Edward, 2001. Product and Service Quality:
The Antecedent of Customer Loyalty In The Automotive Industry,Production
and Operations Management, Vol.10, No 4.
Djati, S Panjta; Darmawan, Didit, 2004. Pengaruh Kesan Kualitas Layanan, Harga,
dan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Minat Mereferensikan,Jurnal Widya
Manajemen & Akuntansi, Vol 4 No 2, Agustus.
Engel, James F. Roger, D. Blacwell. and Minsard, Paul W, 1994. Perilaku
Konsumen, Bainarupa Aksara, Jakarta.
Gefen, David, 2002. Customer Loyalty in E-Commerce, Journal of the Association
for Information Systems, Volume 3.
Hair JR.F. Joseph ; Black C William; Babbin J Barry, 2010. Multivariate analysis ;
Seventh Edition ; Prentice Hall.
Iman Mulyana Dwi Suwandi. 2010. Citra Perusahaan. Seri Manajemen Pemasaran.
www.eiman.uni.cc.
Johnson, William C. Art Weinstein, 2004. Superior customer value in the new
economy: concepts and cases, 2
nd
edition, CRC Press LLC.
Karsono, 2007. Peran Variabel Citra Perusahaan, Kepercayaan, dan biaya
Perpindahan yang Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap
Loyalitas Pelanggan,Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol 7, No 1.
Koskela, Heikki, 2002. Customer Satisfaction and Loyalty in After Sales Service:
Modes of Care in Telecommunications Systems Delivery, HUT Industrial
Management and Work and Organizational Psychology, Report No 21.
Kotler, Philip, 2009. Manajemen Pemasaran ; Jilid I, Edisi Bahasa Indonesia, PT.
Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.
Kotler, Philip, 2007. Manajemen Pemasaran ; Jilid II, Edisi Bahasa Indonesia, PT.
Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.
Kus Anna, Lusia, 2010. FB dan sms picu seks remaja?. Melalui : www.kompas.com
Lupiyoadi, Rambat & A. Hamidi. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi ke-2.
Salemba 4, Jakarta.
Sutisna., Prawitra Teddy, 2001. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran, PT.
Rosdakarya : Bandung
Trasorras, Rene; Weinstein, A.; Abratt, R., 2009.Value,satisfaction, loyalty, and
retention in professional services.Marketing Intelligence & Planning Vol. 27
No. 5, 2009 pp. 615-632.
Tjiptono, Fandi, 2010. Manajemen Pemasaran Jasa, Penerbit: Andi Offset, Jakarta.
Published
2016-03-26
Section
Articles
Abstract viewed = 207 times
PDF downloaded = 249 times