ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR CAMAT RIMBA MELINTANG KABUPATEN ROKAN HILIR

  • tasril tasril Universitas Lancang Kuning

Abstract

Abstrak : Kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor yang menentukan
kepuasan masyarakat. Pelayanan yang baik pada akhirnya akan mampu memberikan
kepuasan kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis
pelayanan publikyang dilakukan pada Kantor Camat Rimba Melintang Kabupaten
Rokan Hilir. Objek penelitian ini adalah masyarakat yang melakukan pengurusan
pada kantor Camat Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir. Populasi dalam
penelitian ini adalah masyarakat kecamatan Rimba Melintang yang melakukan
pengurusan di kantor camat. Teknik pengambilansampel dilakukan dengan metode
accidental sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 99 orang. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa kualitas pelayanan publik
untuk variabel bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati meyoritas
responden menjawab tidak setuju(tidak baik) terhadap pelayanan publik pada kantor
Camat Rimba melintang Kabupaten Rokan Hilir. Kondisi ini menunjukkan jika
kualitas pelayanan publik ditingkatkan seperti dalam hal kedisiplinan
petugas/aparatur, kemampuan petugas/aparatur dalam proses pelayanan, ketepatan
waktu dalam melakukan pelayanan, memberikan jaminan legalitas dalam pelayanan,
melayani dengan tidak membeda-bedakan masyarakat dalam memberikan pelayanan
maka masyarakat akan merasa puas dari pelayanan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

rikunto, Suharsimi. 2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan
Praktek.Yogyakarta: Rineka Cipta.
Boediono, 2003. Pelayanan Prima Perpajakan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwiyanto, Agus. 2008. Mewujudkan Good Governance Melalui PelayananPublik.
Yogyakarta: Gadjah Mada University.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.
Semarang: UNDIP
Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Moenir. 2014. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Napitupulu, Paiman. 2014. Pelayanan Public & Customer Satisfaction. Bandung:
Alumni.
Pasolong, Harbani. 2013. Teori Administrasi Publik. Bandung Alfabeta.
Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan dan
PenelitiPemula. Bandung: Alfabeta.
Santosa, Pandji. 2009. Administrasi Publik Teori dan Aplikasi Good Governance.
Bandung: Refika Aditama.
Sedarmayanti. 2010. Reformasi Administrasi Publik Reformasi Birokrasi, dan
Kepemimpinan Masa Depan. Bandung: Refika Aditama.
Sinambela, poltak. 2014. Reformasi pelayanan public teori, kebijakan,
danimplementasi.Jakarta: Bumi Aksara.
Sujarweni, Wiratna. 2014. Metodologi PenelitianLengkap, Praktis, dan
mudahdipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Published
2016-03-26
Section
Articles
Abstract viewed = 220 times
PDF downloaded = 115 times