PEMBENTUKAN KESADARAN MEREK MELALUI PILIHAN MEDIA DAN PESAN IKLAN YANG EFEKTIF (Studi Pada PT. Ace Jaya Proteksi Cabang Pekanbaru)

  • afred suci universitas lancang kuning

Abstract

Abstrak: Penelitian dilakukan di PT. ACE Jaya Proteksi cabang Pekanbaru guna
menganalisis seberapa besar nasabah menyadari keberadaan merek perusahaan
dengan adanya media dan pesan iklan. Populasi penelitian adalah nasabah ACE Jaya
Proteksi cabang Pekanbaru. Dengan menggunakan formulasi dari Djarwanto dan
Subagyo diperoleh jumlah sampel sebanyak 96 orang yang kemudian digenapkan
menjadi 100 orang nasabah. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa baik secara simultan maupun parsial, media
iklan dan isi pesan berpengaruh signifikan terhadap kesadaran merek. Variabel media
iklan merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi kesadaran merek.
Kesadaran konsumen pada merek produk maupun perusahaan sebesar 96,5%
tergantung pada efektivitas pilihan media iklan dan isi pesan. Direkomendasikan
untuk meningkatkan intensitas iklan di surat kabar serta memperluas cakupan surat
kabar. Model iklan di radio sebaiknya dilakukan dengan melakukan program kuis
berhadiah. Isi pesan iklan sebaiknya divisualisasikan lebih berwarna dan bergambar
agar memiliki keunikan dan berbeda dengan iklan lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arockiaraj, S., dan M. Morais. 2014. A Study on Children Buying Behavior Towards
the Impact of Advertisements with Reference to Chennai City. International
Journal of Management and Social Science Research Review, vol. 1, No. 5, pp.
30-35. ISSN: 2349-673
Firdausi, Firda, 2012. Analisis Pengaruh Iklan Terhadap Sikap dan Niat Konsumen
Dalam Memutuskan Untuk Membeli Suatu Produk. Tesis Magister Manajemen
Universitas Diponegoro, Semarang
Goswani, K., dan K. Saxena. 2014. Advertisement an Effective Technique for
Creating Brand Awareness. Journal of Maharaja Agrasen College of Higher
Education, vol. 1, No. 1. ISSN: 2394-4390
Kotler, Philip dan Kevin Keller, 2007. Manajemen Pemasaran, Indeks. Jakarta
Machfoedz, Mahmud, 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Penerbit Cakra Ilmu,
Jogjakarta
Moriarty. S., N. Mitchell, dan W. Wells, 2011. Advertising. Edisi ke 8. Terjemahan
Tri Wibowo B.S. Penerbit Kencana, Jakarta
Puspitasari, Intan, 2009. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Iklan Dalam
Menumbuhkan Brand Awareness. Tesis Magister Manajemen Universitas
Diponegoro, Semarang
Rangkuti, Freddy 2009. Creating Effective Marketing Plan: Teknik Membuat
Rencana Pemasaran Berdasarkan Customer Values & Analisis Kasus. Penerbit
Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Rangkuti, Freddy, 2012. The Power of Brands. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Rita, Eka dan AR Saliman, 2011. Periklanan Yang Efektif. Jurnal Ekonomi
Perusahaan, Vol. IV, No. 1
Simamora, Bilson, 2013. Membongkar Kotak Hitam Konsumen. Gramedia Pustaka
Utama, Jakarta
Stanton J, William, 2013. Fundamental of Marketing. Terjemahan Yohanes Lamarto,
Penerbit Erlangga, Jakarta
Swastha, Basu, 2009. Manajemen Penjualan. BPFE Universitas Gadjah Mada,
Yogyakarta
Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Penerbit Erlangga, Jakarta
Tjiptono, F., G. Chandra dan D. Adriana. 2008. Pemasaran Strategik. Penerbit Andi,
Yogyakarta
Tjiptono, Fandy, 2011. Manajemen dan Strategi Merek. Penerbit Andi, Yogyakarta
Suryana, Popo, 2007. Pengaruh Periklanan Terhadap Kesadaran Mahasiswa Atas
Merek Universitas Pasundan (Unpas) Bandung. Jurnal Trikonomika, Vol. VII,
No. 1, Juni 2007
Wibowo, Agus. M., 2011. Pengaruh Iklan dan Promosi Harga Terhadap Ekuitas
Merek. Riset tidak dipublikasikan. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKP,
Yogyakarta
Yudhiarina, Bobby, 2009. Pengaruh Strategi Diferensiasi Produk, Merek dan
Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perusahaan Rokok
PT. HM. Sampoerna. Jurnal Ichsan Gorontalo, Vol. 4, No. 2, edisi Mei-Juli 2009
Published
2016-03-26
Section
Articles
Abstract viewed = 149 times
PDF downloaded = 92 times