PENGARUH PENGEMBANGANGAN TATA GUNA LAHAN TERHADAP TARIKAN PERGERAKAN LALU LINTAS DAN TINGKAT LAYANAN JALAN RIAU PEKANBARU

  • Winayati Winayati Universitas Lancang Kuning
  • Fadrizal Lubis Universitas Lancang Kuning
  • Hendri Rahmad Universitas Lancang Kuning
Keywords: Pengaruh tata guna lahan, ITP

Abstract

Meningkatnya pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat pada umumnya, salah satu indikator meningkatnya pertumbuhan ekonomi adalah meningkatnya permintaan (demand) yang diwujudkan dengan pengembangan kawasan pusat pertokoan, pusat perkantoran atau pusat-pusat bisnis seperti hotel, mall, sarana rekreasi dan lain-lain. Hal ini akan berpengaruh terhadap pergerakan yang ditunjukkan dengan peningkatan jumlah kendaraan bermotor. Percepatan pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor yang sangat signifikan akan membawa permasalahan baru bagi pemerintah dalam menyediakan fasilitas infrastruktur yang sampai saat ini dapat dikatakan belum memadai. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat pengaruh variabel tata guna lahan  yang paling  besar pengaruhnya terhadap tarikan pergerakan lalu lintas kendaraan akibat pengembangan kawasan bisnis di jalan Riau Pekanbaru, dan untuk mengetahui tingkat layanan jalan Riau pada tahun 2015 sekarang. Dari lima variabel bebas PDRB (X1), jumlah  penduduk (X2), luas bangunan pertokoan (X3), luas bangunan hotel (X4), luas bangunan  mall (X5) didapat persamaan regresi Y = 3.803.578,420 + (-0,003 X1) + (-7,173 X2) + 58,623 X5. Jika dilihat dari derajat kejenuhan dari hasil perhitungan mulai tahun 2015 hasilnya sudah sebesar 1.285, artinya tingkat layanan jalan pada tahun 2015 sudah berada ditingkat F artinya arus terhambat (berhenti, antrian, macet), pada jam-jam puncak, kecepatan arus bebas 22 – 25 Mph, batas kecepatan arus bebas 27 Mph

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif P., 2009, Statistik menjadi mudah dengan SPSS 17, Kelompok Gramedia, anggota IKAPI, Jakarta.
Departemen Perhubungan, 1997, Undang-Undang Lalu Lintas, Reneka Cipta, Jakarta.
Directorat General Bina Marga, 1997, Indonesian Highway Capacity Manual (IHCM), P.T Bina karya (Persero).
Direktorat Jenderal Bina Marga, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia.(MKJI) No. 036/T/BM/1997.
Hayati L., 2009, Analisis Manajement Lalu Lintas Jalan Riau Pekanbaru, Skripsi mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Sipil, Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru.
Khisty C.J. & Lall B.K., 2003, Dasar-dasar Rekayasa Transportasi, Erlangga, Jakarta.
Pignataro, 1973, Traffic Engineering Practice Ethical in England Cliffs, New Jersey, USA.
Sudjana, 1989, Metode Statistika, Tarsito, Bandung.
Sukirman S., 1994, Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan, Nova, Bandung.
Supranto, 2008, Statistik Teori dan Aplikasi, Erlangga, Jakarta.
Suwardjoko W., 1985, Pengelolaan Lalu-Lintas Dan Angkutan Jalan, ITB, Bandung.
Tamin O.Z., 2008, Perencanaan, Pemodelan dan Rekayasa Transportasi, ITB, Bandung.
Walpole E.R., 1995, Ilmu Peluang dan Statistika Untuk Insyinyur dan Ilmuwan, ITB, Bandung.
Published
2015-10-01
How to Cite
Winayati, W., Lubis, F., & Rahmad, H. (2015). PENGARUH PENGEMBANGANGAN TATA GUNA LAHAN TERHADAP TARIKAN PERGERAKAN LALU LINTAS DAN TINGKAT LAYANAN JALAN RIAU PEKANBARU. Siklus : Jurnal Teknik Sipil, 1(2), 83 - 97. https://doi.org/10.31849/siklus.v1i2.171
Section
Articles
Abstract viewed = 223 times
PDF downloaded = 411 times

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2