PELATIHAN STRATEGI MENGANALISIS MASALAH SISWA DENGAN PSIKO-EDUKASI PADA SMK DI KABUPATEN BANJAR

  • Jarkawi Jarkawi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari
Keywords: Kata kunci—Analisis, Psiko-edukasi, Strategi

Abstract

PELATIHAN STRATEGI MENGANALISIS MASALAH SISWA DENGAN PSIKO-EDUKASI PADA SMK DI KABUPATEN BANJAR

 

 

Muhammad Yuliansyah*1, Jarkawi*2

1,2Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al

Banjari Banjarmasin

*E-mail: [email protected]

*E-mail: [email protected]

 

 

Abstract

 

Students at school have a variety of personal, social, learning and career problems. Problems often encountered, such as being late for school, lack of concentration in study, persecution. Problems faced by students need services so that students can develop their personal, social, learning and career and students avoid persecution behavior. Guidance and counseling teachers need to provide services to students who are hampered in solving problems with a softskill strategy to analyze students' problems with a psycho-educational approach, so that students get enlightenment to overcome the problem. Dedication aims to improve the teacher's guidance skills and counseling in analyzing students' problems with a psycho-educational approach. The target audience is the guidance and counseling teachers (community educators) in vocational schools in the district of Banjar. Methods of activities in the form of workshops on strategies for analyzing students' problems with psycho-education.

 

Keywords— Analysis, Psycho-education, Strategy

 

Abstrak

 

Siswa di sekolah bermacam masalah baik pribadi, sosial, belajar maupun karir. Masalah sering ditemui, seperti terlambat masuk sekolah, kurang konsentrasi belajar, persekusi. Masalah dihadapi siswa perlu pelayanan agar siswa dapat mengembangkan pribadi, sosial, belajar dan karirnya serta siswa terhindar dari perilaku persekusi. Guru bimbingan dan konseling perlu memberikan layanan kepada siswa yang terhambat dalam memecahkan masalah dengan suatu softskill strategi menganalisis masalah siswa dengan pendekatan psiko-edukasi, sehingga siswa mendapatkan pencerahan mengatasi masalahnya. Pengabdian bertujuan meningkatkan softskill guru bimbingan dan konseling dalam melakukan analisis masalah siswa dengan pendekatan psiko-edukasi. Khalayak sasaran adalah guru-guru bimbingan dan konseling (masyrakat pendidik) di SMK se-kabupaten Banjar. Metode kegiatan dalam bentuk lokakarya dan workshop tentang strategi menganalisis masalah siswa dengan psiko-edukasi.

 

Kata kunci—Analisis, Psiko-edukasi, Strategi

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

[1] R. Kasal, Disrupsi. Jakarta: Kompas Gramedia, 2017.

[2] Ngalimun, Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2014.

[3] W. F. Maramis and A. A. Maramis, Ilmu Kedokteran Jiwa. Jakarta: Airlangga University Press (AUP), 2009.
[4] E. Rahmadi, Kabupaten Banjar Dalam Angka. Martapura: CV. Karya Bintang Musim, 2016.
[5] A. S. Makmun, Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

[6] S. Kusdiyati, L. Halimah, and Faisaluddin, “Penyesuaian Diri di Lingkungan Sekolah Pada Siswa Kelas XI SMA Pasundan 2 Bandung,” Humanit. J. Psikol. Indones., vol. VIII, no. 2, pp. 171–194, 2011.

[7] A. J. Nurihsan, Bimbingan dan Konseling. Bandung: Refika Aditama, 2014.

[8] Husamah and Y. Setyaningsih, Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2013.
[9] E. B. Hurlock, Child Development, Sixth Edit. Auckland: McGraw-Hill, 1978.
[10] P. Upton, Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
[11] A. Ervitasari, “Rendahnya Prestasi Siswa,” Universitas Kristen Satya Wacana, 2018.
[12] Minarni, “Identifikasi Faktor Penyebab Perilaku Membolos Pada Siswa SMK,” Universitas
Muhammadiyah Surakarta, 2017.

[13] A. Budianto, “Studi Tentang Penanganan Siswa Membolos Pada Kelas X Yang Dilakukan Oleh Guru BK SMK PGRI 4 Kediri Tahun Ajaran 2018/2019,” Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2019.
Published
2019-12-26
How to Cite
Jarkawi, J. (2019). PELATIHAN STRATEGI MENGANALISIS MASALAH SISWA DENGAN PSIKO-EDUKASI PADA SMK DI KABUPATEN BANJAR. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 313-318. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3619
Abstract viewed = 671 times
PDF downloaded = 577 times