PENDAMPINGAN GURU PAUD ARI-ARI JEPARA DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN AUD BERBASIS BUDAYA

  • Santi Andriyani Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Yushinta Eka Farida Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU Jepara
  • DS. Drajad Wibowo Fakultas Sains dan Teknologi UNISNU Jepara
Keywords: Budaya, Anak Usia Dini, Pembelajaran

Abstract

Pengenalan budaya kepada anak usia dini merupakan hal yang penting yang harus dilakukan oleh semua pihak termasuk lembaga pendidikan yaitu PAUD. Mitra pada pengabdian ini adalah para guru kelompok bermain (KB) Ari-Ari yang terletak di desa Sukosono Kedung Jepara Jawa Tengah. Tujuan dari pengabdian ini adalah : (1) untuk meningkatkan kreatifitas dan keterampilan guru PAUD dalam strategi pembelajaran berbasis budaya ; (2) untuk membekali pengetahuan dan keterampilan guru PAUD mengenai strategi pembelajaran berbasis budaya; (3) untuk meningkatkan minat belajar siswa; (4) untuk membekali mitra mengenai media edukatif berbasis budaya. Metode pengabdian yang digunakan adalah: edukasi, training, praktek. Hasil pengabdian ini adalah : 1) edukasi tentang pentingnya budaya bagi anak usia dini; 2) pelatihan strategi pembelajaran berbasis budaya; 3) Praktik mengajar oleh mitra. Dengan adanya pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan mitra yang pada akhirnya dapat meningkatkan kecintaan anak terhadap budaya Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Panggayudi, D. S., Suweleh, W., & Ihsan, P. (2017). Media Game Edukasi Berbasis Budaya untuk Pembelajaran Pengenalan Bilangan pada Anak Usia Dini. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2), 255-266.

Rahayu, S. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng(Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Storytelling: Inculcation Character Value with Using Sasak Folkflore. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 133-139.

Rahmawati, Y. (2012). Pengenalan Budaya Melalui Bercerita untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1).

Hamidah, M. (2017). Meningkatkan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Proyek. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Paud Stkip Siliwangi Bandung, 3(1), 21-37.

Published
2019-06-28
How to Cite
Santi Andriyani, Yushinta Eka Farida, & DS. Drajad Wibowo. (2019). PENDAMPINGAN GURU PAUD ARI-ARI JEPARA DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN AUD BERBASIS BUDAYA. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 124-130. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2812
Abstract viewed = 61 times
PDF downloaded = 59 times