PELATIHAN PEMANFAATAN EDPUZZEL DALAM PENINGKATAN TEKHNOPREUNERSHIP PEMBELAJARAN SECARA INTERAKTIF BAGI PESERTA DIDIK DI SMAN 7 PEKANBARU

  • Zamzami Universitas Lancang Kuning
  • Didik Siswanto Universitas Lancang Kuning
  • Lasri Nijal Universitas Lancang Kuning
Keywords: Google For Education, SMA, IT, Edpuzzel

Abstract

Platform aplikasi digital untuk pembelajaran sangat banyak dapat kita temukan pada zaman keterbaharuan dan serba canggih pada saat ini,  dan yang sangat mempresentasikan pesatnya teknologi digital ini memiliki banyak keuntungan. para pengguna bisa saling berdiskusi secara langsung layaknya di kelas konvensional. materi yang disampaikan pendidik dapat diterima para pelajar di mana pun mereka berada.agar lebih dekat dengan berbagai keunggulannya, berikut ini sejumlah manfaat yang bisa didapatkan dari platform edpuzzel dalam mengikuti perkembangan teknologi banyak masyarakat yang menganggap sistem pembelajaran tatap muka konvensional masih menjadi cara terbaik untuk proses kbm. namun, edpuzzel dapat memberikan kesan pembelajaran interaktif yang sangan unik dan seru apabila diterapkan di proses pembelajaran oleh pendidik kepada peserta didik. Peserta didik mempunyai tugas penting dalam mengajar. Seorang Peserta didik harus mampu membangun suasana belajar yang baik dan menyenangkan agar materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik. Sehingga seorang Peserta didik harus bisa berpikir lebih kreatif lagi membangun media-media yang ada sebagai sarana belajar muridnya. Sebuah penelitian menemukan bahwa penyerapan akan lebih bermanfaat jika dilakukan lebih atraktif dan tidak terikat hanya lewat text book. Media-media pembelajaran yang bersifat interaktif saat ini sangat beragam. Salah satunya adalah edpuzzle. EdPuzzle adalah aplikasi belajar yang memiliki fitur-fitur menarik. Edpuzzle adalah sebuah aplikasi yang menyediakan berbagai macam video sebagai media pembelajaran. Video-video yang mengandung materi pembelajaran sendiri diambil dari vimeo, youtube, khan academy bahkan video yang dibuat oleh Peserta didik itu sendiri. Penggunaan Edpuzzle sendiri sudah banyak diterapkan di sekolah-sekolah saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, R., & Kasriyati. (2018). Pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia bagi siswa sekolah dasar (sd) Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru Provinsi Riau. J- abdipamas (jurnal pengabdian kepada masyarakat), 119-126.

Kurniawan, k., andriani, r., & kasriyati. (2017). Pengembangan media animasi untuk pembelajaran bahasa inggris sekecamatan rumbai kota pekanbaru. Dinamisia: jurnal Pengabdian kepada masyarakat, 68-73.

Maharani, N., & Kartini, K. (2019). Penggunaan google classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan pemecahan masalah topik kinematik pada mahasiswa jurusan sistem komputer. Bali: STMIK STIKOM INDONESIA.

Muslik, A. (2019). Google Classroom Sebagai Alternatif Digitalisasi Pembelajaran Matematika di Era Evolusi Industri 4.0. Andragogi. Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 251.

Nirfayanti , N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika.

Nurdin, S., & Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Rajawali Pers.

Nurkancana, W., & sunartana, P. (2003). Evaluasi Hasil Belajar. Usaha Nasional.

Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. CV Sarnu Untung.

Rozak, A., & Muharom Albantani, A. (2018). Desain perkuliahan bahasa Arab melalui google classroom. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasa Araban.

Buku:

Suhada, I., Kurniati, T., Pramadi, A., & Listiawati, M. (2020). Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid-19. Bandung: UIN Sunan Gunung Jati Bandung.

Sudjana, N. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensido.

Sidiq, U. d. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya.

Rusman, D. (2011). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi: mengembangkan profesionalisme siswa. Jakarta: PT. Rajagrafindo persada.

Published
2024-01-29
How to Cite
Zamzami, Siswanto, D., & Lasri Nijal. (2024). PELATIHAN PEMANFAATAN EDPUZZEL DALAM PENINGKATAN TEKHNOPREUNERSHIP PEMBELAJARAN SECARA INTERAKTIF BAGI PESERTA DIDIK DI SMAN 7 PEKANBARU. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 4(1), 72-78. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v4i1.19098
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 1 times

Most read articles by the same author(s)