BIOGRAFI VIDEO SCRIBE BERBASIS MULTIMEDIA DI UNIVERSITAS TERBUKA PEKANBARU
BIOGRAFI VIDEO SCRIBE BERBASIS MULTIMEDIA DI UNIVERSITAS TERBUKA PEKANBARU
Abstract
Pada Universitas Terbuka (UT) mahasiswa jenjang starata satu (S1) tidak mengenal yang nama nya skripsi atau laporan tugas akhir berupa penelitian mahasiswa, tetapi mahasiswa UT di tingkat Akhir hanya menempuh yang namanya Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) dan Tugas Akhir Program (TAP) yang output nya membuat makalah dan di paparkan secara global. Minimnya keikutsertaan para mahasiswa didalam program pelatihan untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan terkait dengan proses pembelajaran berdampak pada rendahnya pengetahuan dan pemahaman mahasiswa UT akan banyaknya aplikasi pendukung untuk media pembelajaran salah satunya yaitu Sparkol Video Scribe. Video Scribe berbasis multimedia ini dapat menunjang mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran di dalam kelas. Dengan pemanfaatan dan pengembangkan teknik, strategi, metode, dan media pembelajaran yang tepat, siswa dapat aktif berinteraksi dengan sumber belajarnya dan mampu meningkatkan kualitas mereka sebagai manusia yang terdidik. Dalam hal ini, pemanfaatan media yang menarik dan tepat guna dalam proses pembelajaran pastinya akan memiliki dampak positif yang akan sangat berpotensi meningkatkan mutu pendidikan. Para mahasiswa di kampus ini sangat membutuhkan adanya wadah dan upaya nyata bagi pengembangan kompetensi mereka khususnya dalam hal pemanfaatan dan pengembangan media pembelajaran demi memenuhi kewajiban meningkatkan hasil dari proses pembelajaran. Oleh sebab itu, diadakannya Pelatihan Pembuatan biografi Berbasis Multimedia Untuk Mahasiswa Universitas Terbuka Pekanbaru. Di mana program ini diharapkan mampu menjadi wadah dan inspirasi bagi para mahasiswa di kampus mitra untuk membuat biografi mahasiswa yang mampu menghasilkan karya yang dapat membuat output dari makalah mahasiswa menjadi lebih berwarna dan menarik
Downloads
References
Andriani, r., & kasriyati, d. (2018). Pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia bagi mahasiswa kampus dasar (sd) kecamatan rumbai kota pekanbaru provinsi riau. J-abdipamas (jurnal pengabdian kepada masyarakat), 2(2), 119-126.
Arsyad, azhar. 2002. Media pembelajaran. Jakarta: pt. Raja grafindo persada.
Gerlach & elly. 1980. Teaching and media. Englewood cliffs, new jersey: prentice hall, inc
Kurniawan, k., andriani, r., & kasriyati, d. (2017). Pengembangan media animasi untuk pembelajaran bahasa inggris sekecamatan rumbai kota pekanbaru. Dinamisia: jurnal
Pengabdian kepada masyarakat, 1(1, des), 68-73.
arsyad, azhar. 2002. Media pembelajaran. Jakarta: pt. Raja grafindo persada.
gerlach & elly. 1980. Teaching and media. Englewood cliffs, new jersey: prentice hall, inc
kurniawan, nanang. 2014. Kurikulum 2011 dan pergeseran peran mahasiswa. Didapat dari:
http://bangka.tribunnews.com/2014/03/27/kurikulum-2011-dan-pergeseran-peran-mahasiswa
natasya, eka putri utami. 2015. Media pembelajaran berbasis multimedia. Didapat dari: http://ekanatasya999.blogspot.co.id/2015/06/media-pembelajaran-berbasis- multimedia_7.html
rusman, dkk. 2011. Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi: mengembangkan profesionalisme mahasiswa. Jakarta: pt. Rajagrafindo persada.
sa’diyah, halimatus. 2015. Peran pendidikan pada era globalisasi. Didapat dari:
http://halya76.blogspot.co.id/2015/10/makalah-peran-pendidikan-pada-era_6.html
smaldino, sharon e, et all. 2005. Instructional technology and media for learning. New
Jersey: pearson prentice hall.
soedijarto. 2011. Profesionalisme mahasiswa (pendidik) dalam era globalisasi, implikasi, peluang dan tantangannya. Didapat dari:
www.ispi.or.id/2011/11/21/profesionalisme-mahasiswa-pendidik-dalam-era-globalisasi- implikasi-peluang-dan-tantangannya/
uu. No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Bandung: fokus media