BAHAN AJAR MENGGUNAKAN SPARKOL VIDEOSCRIBE BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK TECHNOPRENUERSHIP PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN

Bahan Ajar Menggunakan Sparkol Videoscribe Berbasis Multimedia untuk Technoprenuership Peningkatan Mutu Pembelajaran

  • Didik Siswanto Fakultas Ilmu Komputer
  • Muhammad Sadar Universitas Lancang Kuning
  • Lasri Nijal Universitas Lancang Kuning
Keywords: Multimedia, Sparkol Video Scrube, PAUD

Abstract

Video Scrabe berbasis multimedia sebagai penunjang para dosen  dalam melaksanakan pengajaran di dalam kelas. Dengan pemanfaatan dan pengembangkan teknik, strategi, metode, dan media  pembelajaran yang tepat, Dosen - Dosen di PG PAUD dapat aktif berinteraksi dengan sumber belajarnya dan mampu meningkatkan kualitas mereka sebagai manusia yang terdidik. Dalam hal ini, pemanfaatan media yang menarik dan tepat guna dalam proses pembelajaran pastinya akan memiliki dampak positif yang akan sangat berpotensi meningkatkan mUnilaku pendidikan. Para dosen di kampus mitra ini sangat membUnilakuhkan adanya wadah dan upaya nyata bagi pengembangan kompetensi mereka khususnya dalam hal pemanfaatan dan pengembangan media pembelajaran demi memenuhi kewajiban meningkatkan hasil dari proses pembelajaran. Oleh sebab itu, tim pengusul program Pengabdian Kepada Masyarakat menawarkan solusi berupa Pelatihan Pembuatan bahan ajar Berbasis Multimedia Untuk dosen PAUD Universitas Lancang Kuning Pekanbaru. Di mana program ini diharapkan mampu menjadi wadah dan inspirasi bagi para dosen di kampus mitra untuk membuat bagaimana bahan ajar mereka lebih kekinian dan lebih menonjolkan letak identiksifitas terhadap materi, yang mana nanti Dosen - Dosen di PG PAUD dapat mengikuti proses belajar dan mengajar dengan rasa yang berbeda. dan dosen pun lebih mampu menghasilkan karya yang dapat merangsang daya Tarik dan focus Dosen - Dosen di PG PAUD. Sebagai tenaga pendidik memberikan sosialisasi dan sekaligus pendampingan mengenai bagaimana pembuatan bahan ajar berbasis multimedia dengan bantuan media aplikasi sparkol videoscribel dan Powtoon menjadi solusi yang baik untuk dapat mewujudkan generasi milenial yang terdepan, sehingga dari setiap materi mata kuliah terdapat bahan-bahan ajar yang menarik dan pastinya sagat dapat bermanfaat.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, r., & kasriyati, d. (2018). Pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia bagi Dosen - Dosen di PG PAUD kampus dasar (sd) kecamatan rumbai kota pekanbaru provinsi riau. J-abdipamas (jurnal pengabdian kepada masyarakat), 2(2), 119-126.

Arsyad, azhar. 2002. Media pembelajaran. Jakarta: pt. Raja grafindo persada.

Gerlach & elly. 1980. Teaching and media. Englewood cliffs, new jersey: prentice hall, inc

Kurniawan, k., andriani, r., & kasriyati, d. (2017). Pengembangan media animasi untuk pembelajaran bahasa inggris sekecamatan rumbai kota pekanbaru. Dinamisia: jurnal Pengabdian kepada masyarakat, 1(1, des), 68-73.

arsyad, azhar. 2002. Media pembelajaran. Jakarta: pt. Raja grafindo persada gerlach & elly. 1980. Teaching and media. Englewood cliffs, new jersey: prentice hall, inc

kurniawan, nanang. 2014. Kurikulum 2011 dan pergeseran peran Dosen - Dosen di PG PAUD. Didapat dari: http://bangka.tribunnews.com/2014/03/27/kurikulum-2011-dan-pergeseran-peran-Dosen - Dosen di PG PAUD

natasya, eka putri utami. 2015. Media pembelajaran berbasis multimedia. Didapat dari: http://ekanatasya999.blogspot.co.id/2015/06/media-pembelajaran-berbasis- multimedia_7.html

rusman, dkk. 2011. Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi: mengembangkan profesionalisme Dosen - Dosen di PG PAUD. Jakarta: pt. Rajagrafindo persada.

sa’diyah, halimatus. 2015. Peran pendidikan pada era globalisasi. Didapat dari: http://halya76.blogspot.co.id/2015/10/makalah-peran-pendidikan-pada-era_6.html

smaldino, sharon e, et all. 2005. Instructional technology and media for learning. New Jersey: pearson prentice hall.

soedijarto. 2011. Profesionalisme Dosen - Dosen di PG PAUD (pendidik) dalam era globalisasi, implikasi, peluang dan tantangannya. Didapat dari: www.ispi.or.id/2011/11/21/profesionalisme-Dosen - Dosen di PG PAUD-pendidikdalam-era-globalisasi-implikasi-peluang-dan-tantanganny

Published
2021-02-25
How to Cite
Siswanto, D., Muhammad Sadar, & Lasri Nijal. (2021). BAHAN AJAR MENGGUNAKAN SPARKOL VIDEOSCRIBE BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK TECHNOPRENUERSHIP PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN: Bahan Ajar Menggunakan Sparkol Videoscribe Berbasis Multimedia untuk Technoprenuership Peningkatan Mutu Pembelajaran. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 1(1), 56-62. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v1i1.6187
Abstract viewed = 318 times
pdf downloaded = 337 times

Most read articles by the same author(s)