PELATIHAN PEMANFAATAN GOOGLE FOR EDUCATION UNTUK PARA MURID DI SMK KESEHATAN GENUS (GENERASI NUSANTARA) PEKANBARU

  • Zamzami Universitas Lancang Kuning
  • Didik Siswanto Fakultas Ilmu Komputer
  • Lasri Nijal Universitas Lancang Kuning
Keywords: Google For Education, SMK Genus, IT

Abstract

Program Pesantren Mahasiswa Unilak (PMU) yang di gagas oleh rektor Universitas Lancang Kuning Dr.Junaidi.SS.M.Hum telah berjalan selama tiga bulan sejak dimulai bulan Oktober 2020. PMU merupakan program yang digagas Rektor Unilak yang bekerjsama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau.Sebanyak 25 mahasiswa Unilak pada gelombang 1 dan sekarang sudah masuk ke gelombang 2 setiap peserta mendapatkan beasiswa selama 4 tahun, peserta mengikuti program pelatihan pendididkan Agama Islam. Untuk mengetahui perkembangan program ini, Baznas Riau melakukan monitoring dan evaluasi PMU. PMU ini merupakan Kerjasama Unilak dengan Baznas (badan zakat Nasional) kegiatan anak santri PMU antara lain yaitu :berbagai kemajuan pendidikan agama, diantaranya, kemampuan tausiah, Tahfiz Al-quran, dan lain lain.

program PMU berjalan telah banyak kemajuan yang diperoleh oleh mahasiswa diantaranya telah mampu hapal 1 juz, tahsin, tausiah dan lain lain. Lebih dari 75 persen mahaiswa PMU belum pernah belajar di pondok pesantren. Kemajuan program PMU pembinaan berjalan dengan baik. "Pertama kita bersyukur dengan pembinaan yang baru tiga bulan tapi mahasiswa antusias luar biasa.".pembinaan Unilak sangat terasa kemajuan yang luar biasa, karena mereka dari latar belakang berbeda dan bukan pesantren, maka dengan semangat mereka mampu menjalininya. " Baznas bangga, bangga yang luar biasa melihat PMU baru tiga bulan, seumur jagung, prestasi ini kedepan kita tampilkan pada acara acara. Bagus dan mentalitas mereka bagus.

Dari penjelasan di atas inilah dirasa sangat perlu di tinggat PMU memiliki aplikasi pendukung didalam daily report segala kegiatan para santri, agar kedepannya semua aktifitas dan kemajuan santri dapan dilaporkan secara berkala dan ini juga menjadi proses didalam kemajuan PMU kedepannya, aplikasi ini juga dapat di akses oleh pembina sehingga pembina santri dapat menjadikan aplikasi ini sebagai salah satu rujukan dari laporan akhir pada nilai santri tersebut.

 

Kata Kunci :  daily report, PMU, Aplikasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, R., & Kasriyati. (2018). Pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia bagi siswa sekolah dasar (sd) Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru Provinsi Riau. J- abdipamas (jurnal pengabdian kepada masyarakat), 119-126.

Kurniawan, k., andriani, r., & kasriyati. (2017). Pengembangan media animasi untuk pembelajaran bahasa inggris sekecamatan rumbai kota pekanbaru. Dinamisia: jurnal Pengabdian kepada masyarakat, 68-73.

Maharani, N., & Kartini, K. (2019). Penggunaan google classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan pemecahan masalah topik kinematik pada mahasiswa jurusan sistem komputer. Bali: STMIK STIKOM INDONESIA.

Muslik, A. (2019). Google Classroom Sebagai Alternatif Digitalisasi Pembelajaran Matematika di Era Evolusi Industri 4.0. Andragogi. Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 251.

Nirfayanti , N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika.

Nurdin, S., & Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Rajawali Pers.

Nurkancana, W., & sunartana, P. (2003). Evaluasi Hasil Belajar. Usaha Nasional.

Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. CV Sarnu Untung.

Rozak, A., & Muharom Albantani, A. (2018). Desain perkuliahan bahasa Arab melalui google classroom. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasa Araban.

Buku:

Suhada, I., Kurniati, T., Pramadi, A., & Listiawati, M. (2020). Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid-19. Bandung: UIN Sunan Gunung Jati Bandung.

Sudjana, N. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensido.

Sidiq, U. d. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya.

Soyanto, B. (2008). Metode Peneilitian Sosial. Jakarta: Kencana Prenanda Media Grup.

Rusman, D. (2011). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi: mengembangkan profesionalisme siswa. Jakarta: pt. Rajagrafindo persada.

Pidarta, M. (2005). Perencanaan Pendidikan Partisipatori dengan pendekatan sistem. Renika Cipta.

Website:

Wahyono, B. (2016). Peran Pendidikan dalam pembangunan nasional dan atau sebaliknya. Retrieved from http://www.pendidikanekonomi.com/2012/12/peran- pendidikan-dalam-pembangunan.html

Kurniawan, N. (2014). Kurikulum 2011 dan pergeseran peran siswa. Retrieved from http://bangka.tribunnews.com/2014/03/27/kurikulum-2011-dan-pergeseran-peran-siswa

Panduan Penggunaan Google Classroom Untuk Dosen Universitas Mercu Buana Yogyakrata. (n.d.). Retrieved 05 11, 2020, from https://fpsi.mercubuana-yogya.ac.id/wpcontent/uploads/2016/10/Dosen- GCR Ver1.pdf-1-1.pdf

Pappas, C. (2015). Google Classroom review: Pros and cons of using Google Classroom in elearning. Retrieved 04 16, 2021, from https://elearningindustry. com/google-classroomreview-pros- and-cons-of-using-googleclassroom-in-elearning

Natasya, E. (2015). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Retrieved from http://ekanatasya999.blogspot.co.id/2015/06/media-pembelajaran-berbasis- multimedia_7.html

Published
2022-07-01
How to Cite
Zamzami, Siswanto, D., & Lasri Nijal. (2022). PELATIHAN PEMANFAATAN GOOGLE FOR EDUCATION UNTUK PARA MURID DI SMK KESEHATAN GENUS (GENERASI NUSANTARA) PEKANBARU . J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 2(2), 149-156. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v2i2.8286
Abstract viewed = 43 times
PDF downloaded = 28 times

Most read articles by the same author(s)