PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 6 KOTA PEKANBARU DALAM PENULISAN DAN PUBLIKASI ILMIAH

  • Syahtriatna Djusar Universitas Lancang Kuning
  • Taslim Universitas Lancang Kuning
  • Musfawati Universitas Lancang Kuning
Keywords: Profesional Guru, Karya Ilmiah, Publikasi Ilmiah

Abstract

Guru yang professional harus senantiasa mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensinya. BerdasarkanPermenneg PANRB No. 16 Tahun 2009 tanggal 10 November, maka sejak tahun 2011 bagi guru PNS yang akan mengusulkan kenaikan pangkat dan jabatannya harus memenuhi kriteria perolehan angka kredit yang didapat salah satunya dari Karya Tulis Ilmiah. Melalui publikasi ilmiah, guru akan senantiasa meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya sesuai dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi. Namun kurangnya pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan guru dalam menulis dan publikasi ilmiah, menjadi permasalahan, yang salah satu akibatnya adalah banyak guru yang terhenti di pangkat dan golongan tertentu. Untuk itu dilaksanakan suatu kegiatan pengabdian dalam bentuk pelatihan dan ceramah secara daring, yang diikuti oleh 7 orang guru dari beberapa sekolah Untuk mengukur tingkat keberhasilan kegiatan, maka dilakukan test awal dan test akhir. Setiap peserta diharuskan mengisi/ menjawab test awal dan test akhir dengan pertanyaan yang sama. Jumlah pertanyaan yang diberikan sebanyak 9. Dari perbandingan hasil test awal dan akhir, terlihat bahwa seluruh peserta mengalami peningkatan pemahaman terhadap penulisan dan publikasi ilmiah. Peningkatan pemahaman sebesar 100%, artinya setiap peserta dapat memahami materi dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, M. (2018). Menjadi guru profesional. Prenada Media.

Darmadi, H. (2016). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161–174.

Dwiloka, B., & Riana, R. (2012). Teknik menulis karya ilmiah. PT Rineka Cipta Jakarta.

Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(2), 274–285.

Herlandy, P. B., Ismanto, E., Novalia, M., & Alrian, R. (2018). Pelatihan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas Dan Teknik Publikasi Jurnal Ilmiah Bagi Guru SMK Negeri 1 Rengat. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(1), 38–42.

Ilmiah, T. P. P. P. K. (2012). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: UPI.

Nasution, M. K. M. (2017). Karya ilmiah. Teknik Penulisan Karya Ilmiah, 2.

Safitri, D., Sos, S., & others. (2019). Menjadi Guru Profesional. PT. Indragiri Dot Com.

Yuliani, A. (2019). Kunci Sukses Kenaikan Pangkat Guru dan Pengawas Sekolah/Madrasah. Uwais Inspirasi Indonesia.

Published
2021-09-13
How to Cite
Djusar, S., Taslim, & Musfawati. (2021). PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 6 KOTA PEKANBARU DALAM PENULISAN DAN PUBLIKASI ILMIAH. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 1(2), 149-154. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v1i2.7264
Abstract viewed = 118 times
PDF downloaded = 67 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>