ETRAINING PENGELOLAAN ERAPOR PENDIDIKAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA BAGI SEKOLAH PENGGERAK ANGKATAN 2 TINGKAT SMP DI KAB. PANGKALAN KERINCI

  • Syahtriatna Djusar Universitas Lancang Kuning
  • Elvira Asril Universitas Lancang Kuning
  • Vebby Universitas Lancang Kuning
Keywords: eRapor, , Sekolah Penggerak, Kurikulum Merdeka

Abstract

Kurikulum merdeka adalah sebuah program yang ditaja oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebagai salah satu jawaban untuk percepatan pencapaian tujuan pendikan nasional. Setiap sekolah akan melaksanakan kurikulum merdeka. Pada kurikulum merdeka, guru-guru akan melakukan proses pembelajaran dan asesmen. Ada dua jenis asesmen yang akan dilakukan oleh guru, yaitu asesmen formatif dan asesmen sumatif. Asesmen sumatif digunakan untuk mengetahui capaian dari proses pembelajaran yang telah dilaksanakan. Hasil dari asesmen sumatif akan dimasukkan sebagai rapor pendidikan. Pembuatan dan pengisian rapor pendidikan berdasarkan hasil asesmen sumatif dari variabel penilaian guru-guru mata pelajaraan serta guru non mata pelajaran dengan memanfaatkan aplikasi eRaport. Tim Pengabdian Fasilkom Unilak pada tanggal 19 Desember 2022, melakukan pelatihan secara daring pemanfaatan aplikasi eRaport, yang diikuti oleh 16 orang guru dan tenaga kependidikan pada Sekolah Penggerak Angkatan 2 Tingkat SMP di Kab. Pangkalan Kerinci. Materi pelatihan meliputi Webservice, Dapodik, Pengelolan Penilaian, Leger, Rapor Intra dan Rapor Projek. Untuk mengetahui tingkat capaian kegiatan ini dilaksanakan pengukuran awan dan pengukuran akhir pemahaman peserta dengan menggunakan 8 pertanyaan. Perbandingan hasil pengukuran awal dan akhir dari kemampuan peserta dalam menggunakan aplikasi eRaport, memperlihatkan adannya pencapaian keterampilan dan pemahaman hingga 100%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, Abdul. 2022. “satire dalam rubrik kumparan, pandemi semakin menunjukkan potret kesenjangan pendidikan indonesia, edisi 11 juli 2021.” Medan makna: Jurnal Ilmu Kebahasaan dan Kesastraan 20(1): 37–46.

Budiarto, Gema. 2020. “Indonesia Dalam Pusaran Globalisasi Dan Pengaruhnya Terhadap Krisis Moral Dan Karakter.” Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo 13(1): 50–56.

Darwanto, D, Anggi Monica Putri, and others. 2021. “Penguatan Literasi, Numerasi, Dan Adaptasi Teknologi Pada Pembelajaran Di Sekolah:(Sebuah Upaya Menghadapi Era Digital Dan Disrupsi).” Eksponen 11(2): 25–35.

Fitri, Siti Fadia Nurul. 2021. “Problematika Kualitas Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(1): 1617–20.

Kemdikbudristek. 2022. Permendikbudristek Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/salinan_20220215_093900_Salinan Kepmendikbudristek No.56 ttg Pedoman Penerapan Kurikulum.pdf.

Manalu, Juliati Boang, Pernando Sitohang, and Netty Heriwati Henrika. 2022. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar.” Prosiding Pendidikan Dasar 1(1): 80–86.

Novita, Shally et al. 2022. “Persepsi Siswa Terhadap Proses Pembelajaran Selama Pandemi: Laporan Deskriptif Tentang Kesenjangan Pendidikan.” Journal of Psychological Science and Profession 6(2): 109–17.

Rahayu, Restu et al. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak.” Jurnal Basicedu 6(4): 6313–19.

Sawada, Yasuyuki, Minhaj Mahmud, Mai Seki, and Hikaru Kawarazaki. 2022. “Fighting the Learning Crisis in Developing Countries: A Randomized Experiment of Self-Learning at the Right Level.” Available at SSRN 3471021.

Sumarsih, Ineu et al. 2022. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(5): 8248–58.

Suryana, S. 2020. “Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan.” Edukasi 14(1).

Published
2023-07-06
How to Cite
Djusar, S., Asril, E., & Vebby. (2023). ETRAINING PENGELOLAAN ERAPOR PENDIDIKAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA BAGI SEKOLAH PENGGERAK ANGKATAN 2 TINGKAT SMP DI KAB. PANGKALAN KERINCI. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 3(2), 135-141. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v3i2.13073
Abstract viewed = 108 times
PDF downloaded = 129 times

Most read articles by the same author(s)