PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA SMAN 16 PEKANBARU DALAM PEMANFAATAN SITUS GOOGLE UNTUK PEMBELAJARAN
Abstract
Situs Google adalah sebuah situs yang menyediakan berbagai layanan untuk berbagai kelompok pemakai. Layanan Situs Google berkembang seiring dengan perkembangan kebutuhan user dan perkembangan Teknologi Informasi. Salah satu layanan yang diberikan oleh Situs Google adalah layanan di bidang pendidikan. Berbagai layanan yang terkait dengan dunia pendidikan yang ada di Situs Google diantaranya adalah google earth. Dengan memanfaatkan aplikasi pada Situs Google, pembelajaran geografi di SMAN 16 Pekanbaru dapat dilakukan secara daring, sehingga apabila ada kendala atau hambatan pada proses pembelajaran tatap muka yang ditimbulkan oleh bencana alam, maka proses pembelajaran tetap dapat dilakukan, dimana guru dan siswa tidak harus berada di satu ruang belajar tertentu. Kegiatan pengabdian dilakukan melalui Workshop dan pelatihan yang diberikan kepada siswa di SMAN 16 Pekanbaru, hasil kegiatan telah memberikan siswa pengetahuan dan keterampilan serta meningkatkan kemampuan siswa dalam memanfaatkan aplikasi Situs Google, khususnya google earth. Pengukuran yang dilakukan kepada siswa setelah dilaksanakan kegiatan, memperlihatkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa.
Downloads
References
Bodzin, A. M., Anastasio, D., & Kulo, V. (2014). Designing Google Earth activities for learning Earth and environmental science. In Teaching science and investigating environmental issues with geospatial technology (pp. 213–232). Springer.
Deschacht, N., & Goeman, K. (2015). The effect of blended learning on course persistence and performance of adult learners: A difference-in-differences analysis. Computers and Education, 87, 83–89. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.03.020
Diknas. UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIANOMOR 20 TAHUN 2003TENTANGSISTEM PENDIDIKAN NASIONAL (2003). https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004
Dodsworth, E., & Nicholson, A. (2012). Academic uses of Google Earth and Google Maps in a library setting. Information Technology and Libraries, 31(2), 102–117.
Gorelick, N., Hancher, M., Dixon, M., Ilyushchenko, S., Thau, D., & Moore, R. (2017). Google Earth Engine: Planetary-scale geospatial analysis for everyone. Remote Sensing of Environment, 202, 18–27.
Ratinen, I., & Keinonen, T. (2011). Student-teachers’ use of Google Earth in problem-based geology learning. International Research in Geographical and Environmental Education, 20(4), 345–358.
Rodrigues, S. (2018). Ng Wan: New Digital Technology in Education: Conceptualizing Professional Learning for Educators. Technology, Knowledge and Learning (Vol. 23). https://doi.org/10.1007/s10758-015-9267-3
Siddiq, F., Gochyyev, P., & Wilson, M. (2017). Learning in Digital Networks – ICT literacy: A novel assessment of students’ 21st century skills. Computers and Education, 109, 11–37. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.01.014
Sudarsana, I. K., Putra, I. B. M. A., Astawa, I. N. T., & Yogantara, I. W. L. (2019). The use of Google classroom in the learning process. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, p. 12165).
Taslim, T., Toresa, D., & Djusar, S. (2017). Pengaruh Pengaplikasian E-learning Terhadap Hasil Belajar (Studi Kasus: Mahasiswa Keamanan Komputer Fasilkom Unilak). INOVTEK-Seri Informatika, 2(2), 182–188.