Partisipasi Politik Dalam Perencanaan Pembangunan Di Desa Lubuk Tenam Jambi

  • Siti Hardiyanti Program Magister Ilmu Politik FISIP Universitas Andalas
  • Asrinaldi Universitas Andalas
  • Aidinil Zetra Universitas Andalas
Keywords: Partisipasi Masyarakat, Perencanaan Pembangunan, Desa Lubuk Tenam

Abstract

Partisipasi masyarakat memiliki posisi yang sangat penting dalam perencanaan pembangunan, karena pada dasarnya masyarakat adalah pihak yang paling mengetahui masalah dan kebutuhannya sendiri. Oleh karena itu perencanaan pembangunan yang partisipatif menjadi amanat undang-undang yang harus dilaksanakan oleh pelaku pembangunan yang diregulasikan melalui Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Regulasi produk hukum ini sekaligus meretas kebuntuan paradigma pembangunan top-down menjadi pembangunan bottom-up. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitati dengan pendekatan pembangunan model bottom-up, dimana model ini adalah partisipatoris, yaitu model melibatkan masyarakat dalam rangkaian proses perencanaan pembangunan yang dalam penelitian ini melihat partisipasi politik dalam pembangunan di Desa Lubuk Tenam, Jambi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa perencanaan partisipatif dalam pembangunan daerah belum dilaksanakan dengan baik ditandai dengan keengganan masyarakat ikut berpartisipasi, kemampuan aparat dan masyarakat dalam melaksanakan perencanaan partisipatif belum memadai dan tim delegasi Desa Lubuk Tenam belum mempunyai kemampuan untuk negosiasi pada musrenbang kecamatan maupun kabupaten sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa masyarakat dan pemerintah mempunyai peran terkait rendahnya partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1]. Easterly, Wilian, (2007) The Ideology of Development, Foreign Policy, July/Augustus

[2] Evi Fussalam, Y., Ridho Kurniawan, Deka Ismi, & Zulmi. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif, Pemuda dan Olahraga di Desa Lubuk Tenam. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 (1), 8-15

[3] Paskarina, Carolline. (2005). “Dilema Ruang Publik Dalam Demokratisasi.” Bujet: Volume 3, Nomor 7

[4]. Puspika Sari, L., Aidil Zetra, & Tengku Rika Valentina. (2020). Peran Ruang Publik Dalam Meningkatkan Pasrtisipasi Politik Di Nagari Talang Anau. Jurnal Niara, 13(2), 11-22.

[5]. Sastropoetro, Santoso, R.A., Partisipasi, Komunikasi, Persuasi dan Disiplin Dalam Pembangunan Nasional, Alumni: Bandung, 1988.

[6]. Paskarina, Carolline. (2005). “Dilema Ruang Publik Dalam Demokratisasi.” Bujet: Volume 3, Nomor 7

[7]. Thamrin, Djuni. (2017). “Membuka Ruang Baru Demokrasi Partisipatif Bagi Community Policing: Peran Forum Warga.” Jurnal Keamanan Nasional.Volume 3, (1).

[8]. Tjokroamidjojo, Bintoro, (1996) Perencanaan Pembangunan, Cetakan Kelima, Penerbit PT Toko Gunung Agung: Jakarta, 1996.

[9]. Wijaya, Rina, (2001). Forum Pengambilan Keputusan dalam Proses Perencanaan Pembangunan di Era Otonomi Daerah (Studi Kasus Di Kelurahan Jebres Kecamatan Jebres Kota Surakarta), Tesis Magister Perencanaan Kota dan Daerah, Universitas Gadjah Mada: Yogyakarta
Published
2021-05-01
How to Cite
Hardiyanti, S., Asrinaldi, & Aidinil Zetra. (2021). Partisipasi Politik Dalam Perencanaan Pembangunan Di Desa Lubuk Tenam Jambi. Jurnal Niara, 14(1), 276-283. https://doi.org/10.31849/niara.v14i1.7312
Section
Articles
Abstract viewed = 540 times
PDF downloaded = 1454 times