Pendekatan Behavioural Dengan Teknik Social Modelling Untuk Mengurangi Perilaku Tempertantrum Pada Anak Usia Dini Kec.Tandun Kabupaten Rokan Hulu Riau
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang Pendekatan Behavioural dengan Teknik Social Modelling untuk Mengurangi Perilaku Tempertantrum pada Anak Usia Dini Kec.Tandun Kabupaten Rokan Hulu Riau. Penelitiian ini dilakukan pada Anak Usia Dini Kec.Tandun Kabupaten Rokan Hulu Riau.Metode penelitian adalah suatu cara sistematis yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu dalam penelitian, metode penelitian diartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang memungkinkan dilakukan pencatatan dan penganalisa data hasil penelitian secara eksak dengan menggunakan perhitungan statistik. Perbedaan skor evaluasi awal dan evaluasi akhir, ada pengurangan skor perilaku tempertantrum anak usia dini sebelum dan sesudah diberi layanan konseling dengan pendekatan behavioral teknik social modeling sebesar 20.33.
Kata Kunci : Pendekatan behavioural, tempertantrum.
Abstract
This study aims to find out and analyze the Behavioral Approach with Social Modeling Techniques to Reduce the Behavior of Tempertantrum in Early Childhood Villages in the District of Rokan Hulu Riau District. This research was carried out in Early Childhood District Subdistrict, District of Rokan Hulu Riau. Research method is a systematic method used to achieve certain goals in research, the research method is defined as a scientific way to obtain data with specific purposes and uses. This study uses a quantitative approach that allows recording and analyzing the exact results of the research data using statistical calculations. The difference between the initial evaluation score and the final evaluation, there is a reduction in the score of the tempertantrum behavior of early childhood before and after being given counseling services with a behavioral approach to social modeling techniques of 20.33.
Key words : Behavioral approach, tempertantrum.
Downloads
References
Alwisol. 2007. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Arifin, Z. 2012. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Tekhnik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Assegaf, A. 2003. Pendidikan Tanpa Kekerasan, Tipologi, Kasus, dan Konsep. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Azwar, S. 2012. Sikap Manusia, Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sriwahyuni, S., & Efastri, S. M. (2017). PENDAMPINGAN PEMBUATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DARI POTENSI SUMBER DAYA ALAM. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1, Des), 5-9.
Barger, D. 2008. A riview of the Extent, Nature, Characteristics and Effects of Bullying Behaviour in Schools. Journal of Child Development, 72 (4): 135-155.
Corey, G. 2007. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.
Corey, G. 2009. Theory and Practice of Group Counseling (Eighth Edition). Brooks/Cole Publishing Company: USA.
Colorossa, B. 2007. Stop Bullying: Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Pra Sekolahan hingga SMA. Jakarta: PT.Serambi Ilmu Semesta.
Dayakisni. 2009. Psikologi Sosial. Malang: UMM Press.
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Faisal, S. 2005. Format Penelitian Sosial. Jakarta: Rajawali Press.
Feist, J. & Gregory. 2006. Teori Kepribadian (Theories of Personality). Jakarta: Salemba Humanika.
Gladding, S. T. 2012. Konseling Profesi yang Menyeluruh. Jakarta: Indeks.
Geldard, K. 2013. Konseling Remaja Intervensi Praktis Bagi Remaja Berisiko. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hurlock, E.B. 2004. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Jones, R. 2011. Teori dan Praktik Konseling dan Terapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Johnson, F. 2012. Dinamika Kelompok. Jakarta: Indeks.
Mustofa, A. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.