PELATIHAN MERAKIT RANGKAIAN PENGISI AKI DAN CATU DAYA OTOMATIS UNTUK PENGERAS SUARA DAN LAMPU DARURAT RUMAH IBADAH BAGI REMAJA KECAMATAN RUMBAI PESISIR

  • David Setiawan Universitas Lancang Kuning
  • Elvira Zondra Universitas Lancang Kuning
  • Arlenny Arlenny Universitas Lancang Kuning
Keywords: PT. PLN, Listrik, Otomatis, Pengeras Suara, Sistem Penerangan

Abstract

PLN Persero sebagai penyedia pasokan listrik bagi masyarakat di Indonesia dirasa belum mampu menjamin kontinuitas pelayanan selama 24 jam setiap hari tanpa terputus, hal itu disebabkan oleh beberapa kemungkian seperti gangguan alami, kerusakan teknis dan sebagainya. Tempat Ibadah seperti Masjid dan Mushalla adalah salah satu konsumen listrik PT. PLN Persero, sehingga kebutuhan akan pasokan listrik untuk panggilan sholat dan penerangan ibadah pada malam hari sangat diperlukan, sehingga perlu dicarikan solusi agar pengeras suara dan penerangan pada alternatif.

Pada pengabdian ini, tim pengabdian memberikan pelatihan kepada 2 kelompok remaja yaitu dari Remaja Mushalla Al-Hidayah dan Remaja RT.05/RW.04 Kel. Limbungan, Kec. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru. Setelah mendapatkan teori dan pengenalan terhadap komponen elektronika, remaja dibimbing merakit Charge Aki otomatis dan Inverter menjadi perangkat Catu Daya Otomatis untuk Sound System untuk Lampu di Mushalla Al-Hidayah dan Mushalla An-Nur.

Hasil Akhir, dihasilkan 2 sistem pengeras suara dan lampu otomatis yaitu charge otomatis dengan inverter sehingga langsung digunakan seperti UPS untuk Mushalla An-Nur dan UPS bekas yang telah diperbaiki dengan merekonstruksi jaringan instalasi listriknya pada Mushalla Al-Hidayah, kedua peralatan sudah diserah terimakan kepada Pengurus dan dipergunakan oleh kedua Mushalla tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-19
How to Cite
Setiawan, D., Zondra, E., & Arlenny, A. (2018). PELATIHAN MERAKIT RANGKAIAN PENGISI AKI DAN CATU DAYA OTOMATIS UNTUK PENGERAS SUARA DAN LAMPU DARURAT RUMAH IBADAH BAGI REMAJA KECAMATAN RUMBAI PESISIR. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 247-255. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i2.1204