Pengembangan Kemampuan Literasi Numerasi Berbasis Digital dan Peningkatan Self Efficacy Resiliensi Guru SD

  • Yulia Anita Siregar* Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
  • Anas Munandar Matondang Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
  • Fitriani Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
  • Putri Maisyarah Ammy Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Muhammad Yusuf Harahap Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
  • Rossiah Rossiah Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
  • Ahir Manuddin Siregar Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
  • Rahmat Sholih Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
  • Elviza Nabila Pohan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Keywords: Literacy, Numeracy, Resilience Self efficacy

Abstract

Tujuan diadakannya kegiatan Pengabdian Pelatihan dan pendampingan ini yaitu untuk mengembangkan kemampuan: 1) Penerapan mengenai literasi numerasi dalam pembelajaran di SD 101243 Muhammadiyah Sipirok, 2) Penggunaan teknologi berbasis digital SD 101243 Muhammadiyah Sipirok, 3) Self efficacy resiliensi guru di SD 101243 Muhammadiyah Sipirok. Metode Pelatihan dan pendampingan dilaksanakan secara blended learning meliputi kegiatan sinkron dengan zoom atau google meet dan asinkron melalui google form dan Whatsapp group dan juga tatap muka secara langsung sesuai situasi dan kondisi yang diatur dalam kegiatan pelatihan dan pendampingan. Untuk tahap akhir dilakukan proses review serta pemberian feedback yang dilaksanakan pada tanggal 16 Februari 2023. Berdasarkan hasil pelatihan dan pendampingan ini dapat mengembangkan  kemampuan penerapan mengenai literasi numerasi dalam pembelajaran di SD 101243 Muhammadiyah Sipirok, mengembangkan kemampuan penggunaan teknologi berbasis digital SD 101243 Muhammadiyah Sipirok, dan meningkatkan self efficacy resiliensi guru di SD 101243 Muhammadiyah Sipirok

Downloads

Download data is not yet available.

References

AK, R. D., & Pradna, P. (2012). Resiliensi guru di sekolah terpencil. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 1(02).
Akbar, Z., Pratasiwi, R., Psikologi, F. P., Jakarta, U. N., Psikologi, F. P., & Jakarta, U. N. (2017). Resiliensi diri dan stres kerja pada guru sekolah dasar. 6.
Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan literasi sekolah dan literasi numerasi melalui model blanded learning pada siswa kelas v sd kota singaraja. Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269–283.
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2018). Literasi numerasi di SD Muhammadiyah. Literasi Numerasi Di SD Muhammadiyah, 3(1), 93–103.
Herawan, E. (2015). LITERASI NUMERASI DI ERA DIGITAL BAGI PENDIDIK. 23–32.
Howard, S., & Johnson, B. (2004). Resilient teachers: Resisting stress and burnout. Social Psychology of Education, 7(4), 399–420.
Khakima, L. N., Fatimah, S., & Zahra, A. (2021). Seminar Nasional PGMI 2021 Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI / SD memiliki sumber daya manusia yang melimpah , memiliki terencana untuk menciptakan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memil. 775–792.
Pristiarawati, M., Prameswari, A., & Hartanti, H. (2021). Pelatihan Resiliensi Untuk Menurunkan Perceived Stress Selama Masa Pandemi Covid-19. Psychocentrum Review, 3(2), 218–226. https://doi.org/10.26539/pcr.32632
Rachman, B. A., Firdaus, F. S., Mufidah, N. L., Sadiyah, H., & Sari, I. N. (2021). Peningkatan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik melalui program kampus mengajar angkatan 2. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535–1541.
Siregar, Y. A. (n.d.). SELF EFFICACY TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA.
Stacey, K. (2011). The PISA View of Mathematical Literacy in Indonesia. 2(2), 95–126.
Uad, K., & Selatan, J. L. (2021). Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan; e-ISSN: 2686-2964. 1, 1243–1248.
Published
2023-10-27
How to Cite
Siregar*, Y. A., Matondang, A. M., Fitriani, Ammy, P. M., Harahap, M. Y., Rossiah, R., Siregar, A. M., Sholih, R., & Pohan, E. N. (2023). Pengembangan Kemampuan Literasi Numerasi Berbasis Digital dan Peningkatan Self Efficacy Resiliensi Guru SD. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(5), 1248-1255. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i5.14431
Abstract viewed = 169 times
PDF downloaded = 159 times