Pengembangan Kemampuan Literasi Numerasi Berbasis Digital dan Peningkatan Self Efficacy Resiliensi Guru SD
Abstract
Tujuan diadakannya kegiatan Pengabdian Pelatihan dan pendampingan ini yaitu untuk mengembangkan kemampuan: 1) Penerapan mengenai literasi numerasi dalam pembelajaran di SD 101243 Muhammadiyah Sipirok, 2) Penggunaan teknologi berbasis digital SD 101243 Muhammadiyah Sipirok, 3) Self efficacy resiliensi guru di SD 101243 Muhammadiyah Sipirok. Metode Pelatihan dan pendampingan dilaksanakan secara blended learning meliputi kegiatan sinkron dengan zoom atau google meet dan asinkron melalui google form dan Whatsapp group dan juga tatap muka secara langsung sesuai situasi dan kondisi yang diatur dalam kegiatan pelatihan dan pendampingan. Untuk tahap akhir dilakukan proses review serta pemberian feedback yang dilaksanakan pada tanggal 16 Februari 2023. Berdasarkan hasil pelatihan dan pendampingan ini dapat mengembangkan kemampuan penerapan mengenai literasi numerasi dalam pembelajaran di SD 101243 Muhammadiyah Sipirok, mengembangkan kemampuan penggunaan teknologi berbasis digital SD 101243 Muhammadiyah Sipirok, dan meningkatkan self efficacy resiliensi guru di SD 101243 Muhammadiyah Sipirok
Downloads
References
Akbar, Z., Pratasiwi, R., Psikologi, F. P., Jakarta, U. N., Psikologi, F. P., & Jakarta, U. N. (2017). Resiliensi diri dan stres kerja pada guru sekolah dasar. 6.
Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan literasi sekolah dan literasi numerasi melalui model blanded learning pada siswa kelas v sd kota singaraja. Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269–283.
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2018). Literasi numerasi di SD Muhammadiyah. Literasi Numerasi Di SD Muhammadiyah, 3(1), 93–103.
Herawan, E. (2015). LITERASI NUMERASI DI ERA DIGITAL BAGI PENDIDIK. 23–32.
Howard, S., & Johnson, B. (2004). Resilient teachers: Resisting stress and burnout. Social Psychology of Education, 7(4), 399–420.
Khakima, L. N., Fatimah, S., & Zahra, A. (2021). Seminar Nasional PGMI 2021 Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI / SD memiliki sumber daya manusia yang melimpah , memiliki terencana untuk menciptakan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memil. 775–792.
Pristiarawati, M., Prameswari, A., & Hartanti, H. (2021). Pelatihan Resiliensi Untuk Menurunkan Perceived Stress Selama Masa Pandemi Covid-19. Psychocentrum Review, 3(2), 218–226. https://doi.org/10.26539/pcr.32632
Rachman, B. A., Firdaus, F. S., Mufidah, N. L., Sadiyah, H., & Sari, I. N. (2021). Peningkatan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik melalui program kampus mengajar angkatan 2. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535–1541.
Siregar, Y. A. (n.d.). SELF EFFICACY TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA.
Stacey, K. (2011). The PISA View of Mathematical Literacy in Indonesia. 2(2), 95–126.
Uad, K., & Selatan, J. L. (2021). Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan; e-ISSN: 2686-2964. 1, 1243–1248.