PELATIHAN MANAJEMEN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI TENAGA PENDIDIK DI SMP N 3 KAMPAR KIRI TENGAH

  • Hadiyati Hadiyati Universitas Lancang Kuning
  • Fatkhurahman Fatkhurahman Universitas Lancang Kuning
  • Bambang Suroto Universitas Lancang Kuning
Keywords: Manajemen Penulisan, Karya Ilmiah

Abstract

 

Kesibukan tenaga pendidik dengan tugas pokok mengajar dan dengan tugas tambahan sebagai pembelajar. Sebagai tugas mengajar sudah biasa dilakukan dan kemudian sebagai tugas pembelajar inilah seorang guru harus belajar melalui dirinya sendiri  yakni melalui penulisan karya ilmiah. Pada pelaksanaan penulisan karya tulis ilmiah melalui tiga tahap yakni tahap rencana, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Tahapan pelaksanaan menjadi tahapan yang paling memakan waktu, kemudian keberhasilannya juga ditentukan dalam tahapan ini. Pengabdian dilaksanakan di SMP N 3 Kampar Kiri Tengah yang terdiri dari guru yang berjumlah 17 orang dan dilaksanakan pada bulan Desember 2017. Metode pengabdian yang digunakan adalah melalui metode pelatihan yakni dengan memberikan pengetahuan melalui ceramah, pemahanan melalui tanya jawab dan juga ketrampilan melalui pelatihan guru mengatur apa saja dokumen yang harus dipersiapkan. Indikator keberhasilan dilihat dari tingkat kehadiran dan juga menggunakan pretest dan posttest. Hasil pengabdian yang dilakukan menunjukkan bahwa adanya perubahan pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan guru dalam mempersiapkan dokumentasi sebagai bahan untuk melaksanakan penelitian. Manajemen penulisan karya ilmiah ini mestinya harus dilakukan sehingga guru tidak mengalami kesulitan dalam melaporkan hasil penelitian, dengan kondisi kesibukan pekerjaan dan juga ditambah  dengan banyaknya tugas tambahan guru menyebabkan perlunya usaha untuk mengelola dokumen untuk pelaporan penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Wardani, I.G.A.K. (2007). Teknik menulis karya ilmiah. Jakarta : universitas Terbuka
[2] Dalman, (2009). Keterampilan Menulis. Bandar lampung
[3] Azwardi, (2008) Menulis ilmiah: Materi Kuliah Bahasa.
[4] Alamsyah, Y., 2008. Nugget. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
[5] Anggoro, Toha. M. (2007). Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka
[6] Somantri, M., & Sa’adah, R. (2011). Revitalisasi Kelompok Kerja Guru Guna Meningkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Guru SD/MI di Kabupaten Seluma. TRIADIK, 14(1), 19-28.
[7] Subadi, T. (2010). Lesson Study Berbasis PTK (Penelitian Tindakan Kelas).
Published
2017-12-30
How to Cite
Hadiyati, H., Fatkhurahman, F., & Suroto, B. (2017). PELATIHAN MANAJEMEN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI TENAGA PENDIDIK DI SMP N 3 KAMPAR KIRI TENGAH. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 122-128. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v1i1.425