Peningkatan Kompetensi Profesi Guru Bahasa Arab Melalui Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah Berbasis Open Journal System

  • Andri Ilham Universitas Negeri Jakarta
  • Nuruddin Universitas Negeri Jakarta
  • Mohamad Sarip Universitas Negeri Jakarta
  • Samsi Setiadi Universitas Negeri Jakarta
Keywords: OJS, scientfic articles, teacher’s professional competence

Abstract

The requirement to write scientific articles is often still an obstacle to support the advancement of a teacher's career path. Generally they have difficulty fulfilling it because they have not been trained or even have never written and produced research work in the form of scientific articles. Therefore, teachers need to be given the training to improve professional competence through writing and publishing scientific articles. The purpose of this community service projects is to provide knowledge for Arabic teachers of Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) in Banten Province who do not have direct experience in writing and publishing scientific articles in online journals through the Open Journal System (OJS) platform. The method of implementing this activity is carried out using the Zoom Meetings platform in a webinar format which includes presentation materials, questions and answers, and simulations. Meanwhile, the results of this activity showed a positive response from the teachers for the development of their competences in writing and publishing scientific articles.

Persyaratan menulis artikel ilmiah kerap kali masih menjadi hambatan untuk menunjang kenaikan jenjang karir guru. Umumnya mereka mengalami kesulitan untuk memenuhinya karena memang belum terlatih atau bahkan sama sekali belum pernah menulis dan menghasilkan hasil penelitian berupa artikel ilmiah. Oleh karena itu, guru perlu diberikan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi profesi melalui penulisan dan publikasi artikel ilmiah. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan bagi guru, khususnya Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Arab di Provinsi Banten yang belum mempunyai pengalaman langsung dalam menulis artikel ilmiah dan mempublikasikannya ke dalam jurnal melalui platform Open Journal System (OJS). Adapun metode penerapan kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan platform zoom meetings dalam format webinar yang meliputi presentasi materi, tanya jawab, dan simulasi. Sementara itu, dari hasil kegiatan ini menunjukkan respon positif dari para guru untuk pengembangan kompetensi mereka dalam menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, E. N., & Mahanani, P. (2017). Pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi guru Sekolah Dasar dan Taman Kanak-kanak Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Abdimas Pedagogi, 1(1), 22–26. doi:10.17977/um050v1i1p%25p

Arief, I., & Handoko. (n.d.). Jurnal Online dengan Open Journal System. Padang: Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) Universitas Andalas.

Harahap, A., & Yunita, W. (2021). Pelatihan penulisan artikel ilmiah berbasis penelitian untuk jurnal nasional dan internasional bagi guru bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Bengkulu Tengah. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 27(2), 181-185. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/20490/0

Indriani, Y. D. (2010). Open Journal System (OJS) untuk mengelola publikasi ilmiah. Jurnal Pustakawan Indonesia, 10(2), 38–46. Retrieved from https://journal.ipb.ac.id/index.php/jpi/article/view/5280

Kurniawati, T., & Siwi, M. K. (2019). Peningkatan kompetensi guru dalam penulisan dan publikasi pada open journal system (OJS). Jurnal EcoGen, 2(4), 596-600. doi:10.24036/jmpe.v2i4.7836

Mawardi, Kristin, F., Anugraheni, I., & Rahayu, T. S. (2019). Penerapan pelatihan partisipatif pada kegiatan penulisan dan publikasi karya ilmiah bagi guru SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 132–137. doi:10.24246/j.js.2019.v9.i2.p132-137

Mustofa. (2007). Upaya pengembangan profesionalisme guru di Indonesia. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 4(1), 76–88. doi:10.21831/jep.v4i1.619

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Angka Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Septian, A., Jusniani, N., Husni, M., & Widyawati. (2021). Penyusunan artikel ilmiah dan pengenalan open journal system (OJS) bagi guru-guru matematika SMA di Kabupaten Cianjur. Ethos: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 9(1), 8-14. doi:10.29313/ethos.v9i1.5994

Sumarni., Prayitno, A. T., & Adiastuty, N. (2020). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi guru-guru SMA Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan. Al Khidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 15-24. Doi:10.15575/jak.v3i1.6243

Tampubolon. (2014). Penelitian Tindakan Kelas sebagai pengembangan profesi pendidik dan keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widagdo, A., & Susilo. (2018). Pelatihan penulisan artikel ilmiah bagi guru-guru SD di Kecamatan Kendal. Abdimas Unwahas, 3(1), 25–29. doi:10.31942/abd.v3i1.2234

Published
2022-02-27
How to Cite
Ilham, A., Nuruddin, Sarip, M., & Setiadi, S. (2022). Peningkatan Kompetensi Profesi Guru Bahasa Arab Melalui Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah Berbasis Open Journal System. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 7-13. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.7803
Abstract viewed = 553 times
PDF downloaded = 445 times