Inovasi Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Dodol Nanas Di Subang Jawa Barat
Abstract
Inovasi dan pemasaran merupakan hal yang sangat penting dalam kemajuan sebuah perusahaan, hal ini tidak terlepas pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah sektor ekonomi nasional yang paling strategis dan menyangkut hajat hidup orang banyak sehingga menjadi tulang punggung perekonomian Nasional. Namun masalah yang dihadapi oleh usaha ataupun industri kecil kebanyakan adalah pengelolaan industri dan pemasaran. Dengan pengabdian masyarakat terkait pendampingan UMKM pada jenis makanan tradisional Dodol nanas diharapkan dapat memberikan solusi UMKM. Metode penyelesaian masalah yang digunakan berdasar pada pendekatan manajemen dalam meningkatkan hasil produksi dan hasil penjualan dengan 3 (tiga) tahapan pelaksanaan program yaitu persiapan, pelaksanaan serta monitoring dan evaluasi. Program yang dilakukan adalah dengan inovasi kemasan sesuai dengan aturan Dinas Kesehatan Kota Subang dan perluasan pemasaran pada sosial media serta pasar besar.
Downloads
References
Arifudin, O. (2019). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. GLOBAL (PT.GM). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(2), 184–190.
Arifudin, O. (2020). PKM Pembuatan Kemasan, Peningkatan Produksi Dan Perluasan Pemasaran Keripik Singkong Di Subang Jawa Barat. Integritas : Jurnal Pengabdian, Vol 4(No 1), 21–36.
Arifudin, O. (2020). Analisis Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Karyawan Bank Swasta Nasional Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 73–87. Volume 4, No 2, Mei 2020
Arifudin, O. (2020). PKM Pembuatan Kemasan Dan Perluasan Pemasaran Minuman Sari Buah Nanas Khas Kabupaten Subang Jawa Barat. Aptekmas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 20–28.
Jakfar, K. &. (2012). Studi Kelayakan Bisnis. Cetakan ke Delapan. Jakarta: Kencana.
Kotler, Philip, dan G. A. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jakarta : Erlangga.
Mahmudah Masyhuri, S. W. U. (2017). Analisis Dampak Keberadaan Pasar Modern Terhadap Pasar Tradisional Sleko Di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 6(1), 59–72.
Shepherd, P. K. A. dan C. D. (2010). Innovation Management. New Jersey: Pearson Education. Inc.
Sutarno. (2012). Serba-Serbi Manajemen Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tambajong, G. (2013). Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha Di Pt. Sarana Niaga Megah Kerta Manado. Jurnal EMBA, 1(1), 1291–1301.
Masnita, Y., Khomsiyah, & Hermien Triyowati. (2020). Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro (UMi) Melalui Keuangan Inklusi. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 255-262.