Kecerdasan Emosional, Kepuasan Kerja dan Kepemimpinan Transformational Serta Hubungannya dengan Kinerja (Studi Kasus Bapenda Kabupaten Inhil)

  • Yanti
  • Fahmi Oemar
Keywords: Budaya Kerja, Lingkungan Kerja, Kepuasan Pelanggan dan Sikap

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada Kantor Bapenda Kabupaten Indragiri Hilir, dengan tujuan menguji pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap kinerja pegawai, pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja dan kepemimpinan transformasional, serta pengaruh kepuasan kerja dan kepemimpinan transformasional terhadap kinerja pegawai. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh, yaitu seluruh  populasi dijadikan sampel yang berjumlah 57 pegawai negeri sipil, kecuali peneliti menjadi 56 Pegawai Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Inhil. Teknik analisa data penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan analisis verifikatif, sebagai alat analisis digunakan Sctruktural Equational Model yang diproses dengan Software SmartPLS2. Hasil analisis membuktikan bahwa pada Bapenda Kabupaten Indragiri Hilir, kecerdasan emosional berpengaruh terhadap peningkatan kinerja; kepuasan kerja berpengaruh terhadap kinerja; kepemimpinan transformasional mempengaruhi meningkatnya kinerja; kecerdasan emosional mempengaruhi kinerja melalui kepuasan kerja; dan kecerdasan emosional mempengaruhi kinerja PNS di Bapenda Inhil melalui kepemimpinan transformasional. Penelitian ini menemukan bahwa gaya kepemimpinan transformasional merupakan variabel paling berpengaruh terhadap kinerja dibanding variabel lainnya yang digunakan dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardhi, Iradian. 2016. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Lingkungan Kerja dan Pemberian Insentif Terhadap Kepuasan Kerja serta Dampaknya Pada Kinerja Pegawai Sekretariat Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Besar.” ETD Unsyiah Online Thesis and Disertation.
Augusty Ferdinand. 2006. Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen. BP. Undip, Semarang.
Bass, B.M. 1997. “The Ethics of Transformational Leadership”. Academy of Leadership Press (dalam www.academy.umd.edu, 6 Nopember 2004)
Bass, B.M. 1998. “Transformational Leadership: Industrial, Military, and Educational Impact”. Lawrence Erlbaum Associates, Publishers, Mahwah, New Jersey.
Bass, B.M., and Avolio.1995. “Multifactor Leadership Questionnaire”. Mind Garden, Inc, California.
Bass, B.M., and Steidlmeier, Paul.1995. “Ethics, Character, and Authentic”. Mind Garden, Inc, California.
Barbuto, J E. 2005. “Motivation and Transaksional, Charismatic and Transformasional Leadership: A Tes Antecedent”. Journal of Leadership & Organizational Studies; 11, 4; ABI/INFORM Global pg. 26,
Druskat, V.U. and Wolf, S.B. (2001), “Group emotional intelligence and its influence on group effectiveness”, in Cherniss, C. and Goleman, D. (Eds), Emotionally Intelligent Workplace, Jossey-Bass, San Francisco, CA.
Elviati. (2018). “Pengaruh Perilaku Kerja dan Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi dan Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai Unsyiah.” ETD Unsyiah Online Thesis and Disertation.
Farhanah dan Zulaikha. (2016). “Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Kinerja Pustakawan di Perpustakaan.” Jurnal Kajian Informasi dan perpustakaan, Vol.4/No.2, Desember 2016, hlm 179-190.
Goleman, D. (2001). “An EI-based theory of performance”, in Cherniss, C. and Goleman, D. (Eds), The Emotionally Intelligent Workplace: How to Select for, Measure, and Improve Emotional Intelligence in Individuals, Groups, and Organizations. Jossey-Bass, San Francisco, CA.
Goleman, D., Boyatzis, R. and McKee, A. (2002), Primal Leadership, Harvard Business School Press, Boston, MA.
Hidayati, Margono Setiawan, & Solimun. (2013). “Kecerdasan emosional dan Kecerdasan Spiritual Pengaruhnya terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan(Studi di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Nusa Tenggara Barat.” Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM) Vol. 11 Nomor 4 Tahun 2013.
Kustiah, Rini., Alfani, M., dan Kurniati. (2015. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kemampuan SDM, dan Efektivitas Pelayanan Terhadap Kinerja Organisasi.” Jurnal Komunikasi Bisnis dan Manajemen, Volume 2, Nomor 4, Juni 2015.
Rahim, M.A., Psenicka, C., Polychroniou, P., Oh, S.-Y., Ferdausy, S. and Dias, J.F. (2006). “Emotional intelligence and transformational leadership: a group level analysis in five countries”. Current Topics in Management, Vol. 11, Transaction Publishers, Piscataway, NJ, pp. 223-36.
Rahim, M.A., Psenicka, C., Zhao, J.H., Yu, C.S., Polychroniou, P., Chan, K.A., Yee, K.W., Alves, M.G., Lee, C.W., Rahman, M.S., Ferdausy, S. and Wyk, R.V. (2002). “A model of emotional intelligence and conflict management strategies: a study in seven countries”. International Journal of Organizational Analysis, Vol. 10 No. 4, pp. 402-27.
Riski, Mita Sondang., Ausy, Riana. (2018). “Pengaruh Disiplin Kerja, Kepemimpinan Transformasional, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kepuasan dan Kinerja PNS Pada Bagian Umum Protokol dan Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Timur.” Jurnal Studi dan Manajemen Research, vol. IX, No 1 Tahun 2018. ISN 1693-4474.
Robbins, Stephen P,. dan Timothy A. Judge. 2008. Perilaku Organisasi. Edisi 12 Jilid 1 dan 2, Jakarta: Salemba Empat.
Robbins, Stephen P. dan Coulter, Martin. 2007. Manajemen. buku 1 dan 2, edisi kedelapan. PT. Indeks.
Sailan. 2016. “Pengaruh Budaya Organisasi dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai”. TANZHIM Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Vol.1 No.2 Tahun 2016 ISSN.
Salovey, P. and Mayer, J.D. (1990), “Emotional intelligence”, Imagination, Cognition and Personality, Vol. 9 No. 3, pp. 185-211.
Salovey, P. and Mayer, J.D. (1994), “Some final thoughts about personality and intelligence”, in Sternberg, R.J. and Ruzgis, P. (Eds), Personality and Intelligence, Cambridge University Press, Cambridge.
Shukla, Richa and Dinesh Nagar. (2013). “Impact of Gender and Managerial Levels on Emotional Intelligence and Job Performance of Indian Revenue Service Offices.” Indian Journal of Gealth and Wellbeing 2013, 4 (1), 83-86. Http://www.iahrw.com/index.php/home/journal_detail/19#list.
Panagiotis V. Polychroniou. (2010). “Relationship between emotional intelligence and transformational leadership of supervisors The impact on team effectiveness.” Team Performance Management Vol. 15 No. 7/8, 2009 pp. 343-356 q Emerald Group Publishing Limited 1352-7592 DOI 10.1108/13527590911002122.
Peters, David H., Subrata Chakraborty., Prasanta Mahapatra., Laura Steinhardt. (2010). “Job satisfaction and motivation of health workers in public and private sectors: cross-sectional analysis from two Indian states.” Peters et al. Human Resources for Health 2010, 8:27. http://www.human-resources-health.com/content/8/1/27.
Published
2019-12-31
How to Cite
Yanti, & Fahmi Oemar. (2019). Kecerdasan Emosional, Kepuasan Kerja dan Kepemimpinan Transformational Serta Hubungannya dengan Kinerja (Studi Kasus Bapenda Kabupaten Inhil). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 1(2), 108-117. https://doi.org/10.31849/jmbt.v1i2.8474
Abstract viewed = 102 times
PDF downloaded = 260 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>