Inovasi Pelayanan Kunjungan Anak Didik Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II Pekanbaru Pada Saat Covid-19

  • prihati universitas lancang kuning
  • Nurpeni Universitas Lancang Kuning
  • Eka Universitas Lancang Kuning
  • Hernimawati Universitas Lancang Kuning
  • Surya Dailiati Universitas Lancang Kuning
  • Elly Nielwaty Universitas Lancang Kuning
  • Erinaldi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lancang Kuning
Keywords: Inovasi, Pelayanan Kunjungan, Lembaga Pembinaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Inovasi Pelayanan Kunjungan Anak Didik Lembaga pembinaan khusus anak (LPKA) Klas II Pekanbaru Pada Saat Covid-19 dengan metode penelitian kualitatif. Menggunakan instrument penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah Inovasi Menurut Djamaludin Ancok (2012:38) dengan indikator Inovasi Proses, Inovasi Struktur Organisasi, Inovasi Dalam Hubungan, Inovasi Metode dan Inovasi Pelayanan. Informan dalam pelaksanaan penelitian ini penulis menetapkan narasumber yang  berkompeten antara lain Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Pekanbaru,Kasi Pembinaan, Kasubsi Pendidikan dan BIMKEMAS, Kasubsi Perawatan, Keluarga dan Anak ( Narapidana). Adapun hasil penelitian atas Inovasi Pelayanan Kunjungan Anak Didik Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Pekanbaru Pada Saat Covid-19 sudah menerapkan pola layanan kunjungan berbasis teknologi dengan pola daring sebagai  upaya pembaruan atas pendemi covid 19 yang terjadi saat ini, namun masih ada beberapa kendala baik dari segi sarana dan prasarana yang belum mendukung secara kseluruhan baik dari segi kualitas maupun kuantitas peralatan daring yang dibutuhkan secara bersamaan di LPKA Klas II Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Direktur Jendral Permasyarakatan. Strategi Penerapan Standar Pelayanan Permasyarakata: jakarta
Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 Tentang Syarat dan Tata cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Permasyarakatan.
Undang- Undang Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Permasyarakatan.
Indrawijaya, Adam I. 2013. Perilaku Organisasi. Sinar Baru Algensindo. Bandung.
Jhon Suprihanto, 2014 Pengantar Manajemen, Bumi Aksara Jakarta
Makmur. 2013. Filsafat Administrasi. Bumi Aksara. Jakarta.
Pasolong, Harbani. 2011. Teori Administrasi Publik.Alfabeta. Bandung.
---------------------. 2012. Teori Administrasi Publik.Alfabeta. Bandung.
Pasolong, 2013 Metode Penelitian Administrasi Publik, Alfabeta. Bandung
Priansa, Doni Juni. Agus Garnida. 2013. Manajemen Perkantoran Efektif, Efisien dan Profesional. Alfabeta. Bandung..
Rian Nugroho. 2014. Kebijakan Publik. .PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Published
2022-09-30
How to Cite
prihati, Nurpeni, Eka, Hernimawati, Surya Dailiati, Elly Nielwaty, & Erinaldi. (2022). Inovasi Pelayanan Kunjungan Anak Didik Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II Pekanbaru Pada Saat Covid-19. Jurnal Niara, 15(2), 368-378. https://doi.org/10.31849/niara.v15i2.10357
Section
Articles
Abstract viewed = 93 times
PDF downloaded = 86 times

Most read articles by the same author(s)