Kualitas Pelayanan Pemeriksaan Kapal Dalam Karantina Pada Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Dumai

  • Jumani Universitas Riau
  • Meyzi Herianto Universitas Riau
  • Hasim As'ari Universitas Riau
Keywords: Karantina Kesehatan, Kedatangan, Pelayanan.

Abstract

Salah satu fungsi dari kantor kesehatan pelabuhan adalah pemeriksaan kedatangan kapal dalam karantina (In Clearance). Hal ini sesuai dengan Undang-undang Nomor 06 Tahun 2018 tenang kekarantinaan kesehatan. kegiatan Kekarantinaan Kesehatan di Pintu Masuk dan diwilayah dilakukan melalui kegiatan pengamatan penyakit dan Faktor Risiko Kesehatan Masyarakat terhadap Alat Angkut, orang, Barang, dan/atauIingkungan, serta respons terhadap Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dalam bentuk tindakan Kekarantinaan Kesehatan. Tujuan penelitian dari penelitian ini adalah Menganalisis kualitas pelayanan pemeriksaan kapal dalam karantina. Untuk mengidentifikasi faktor-faktor penghambat dalam pemberian pelayanan pemeriksaan kapal dalam karantina pada Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Dumai. Penelitian ini dilakukan pada Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Dumai. Informen dalam penelitian ini antar lain adalah kepala kantor kesehatan pelabuhan kelas III Dumai atau yang mewakili, Kepala Seksi PKSE Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Dumai, ketua asosiasi keagenan kapal serta agen kapal yang ikut serta dalam pelaksanaan pelayanan pemeriksaan kapal dalam karantina.  Dengan hasil penelitian bahwa Kualitas Pelayanan Pemeriksaan Kapal Dalam Karantina Pada Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Dumai telah baik dan di analisa dari 5 indikator yaitu Tangibles, Emphaty, Reliablity, Respinsiveness, Assurance serta hambatan dari pelaksanaan pemerikasaan kapal dalam karantina Kantor Kesehatan Pelabuhan Dumai Kelas III Dumai adalah petugas yang kurang kompeten dalam menjalankan tugas, serta Tenaha SDM yang masih kurang dan kurangnya koordinasi antara petugas dan kapal dan sarasa prasarana pemeriksaan yang masih belum memadai

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustino, Leo. 2008. Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung:Alfabeta

Albab, U. 2007. Kebijakan Publik: Teori, Konsep dan Kajian Akademik. Surabaya: ITS Press.

Anderson, A. James. 2008. Public Policy Making. Gajah Mada University Press.

Chandler RC. & JC. Plano, 1988, The Public Administration Dictionary, CA ABC CLIO Inc., Santa Barbara.

Dye, Thomas, 1981, Understanding Public Policy, Englewood Cliffs Prentice Hall Inc.

Edward III, George C., 2004, Implementasi Kebijakan Publik (Public Policy Implementing). Yogyakarta:,Gajah Mada University Press.

Gilbert M, Prihanto D, dan Suprihatin A, 2006. Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup dan ” Wall Chart ”. Buku Panduan Pendidikan Lingkungan Hidup, Malang: PPPGT/VEDC, Malang.

Grindle, M.S. 2011. Politics and Policy Implementation in The Third World. Yogyakarta,Gajah Mada University Press’

Islamy, Irfan. 2012. Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.

Kuncoro Sejati, 2009. Pengelolaan Sampah Terpadu, Dengan Sistem Node, Sub Point, Center Point, Yogyakarta : Kanisius.

Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Moleong.2010, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda karya

Muhadjir, Noeng. 2011. Metodologi Kebijakan. Yogyakarta: Rake Sarakin

Patilima, Hamid. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Published
2022-09-30
How to Cite
Jumani, Meyzi Herianto, & Hasim As’ari. (2022). Kualitas Pelayanan Pemeriksaan Kapal Dalam Karantina Pada Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Dumai. Jurnal Niara, 15(2), 360-367. https://doi.org/10.31849/niara.v15i2.7388
Section
Articles
Abstract viewed = 383 times
PDF downloaded = 306 times