Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Camat Dumai Kota

  • Muhaini Prihatin Universitas Riau
  • Zaili Rusli Universitas Riau
  • Hasim As'ari Universitas Riau
Keywords: Kualitas, Pelayanan, Publik, Kantor Camat

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik dan mengidentifikasi faktor penghambat pelayanan publik yang berkualitas pada Kantor Camat Dumai Kota. Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan pemberi layanan dilakukan dengan teknik purposive sampling sedangkan untuk penerima layanan menggunakan teknik accidental sampling. Teknik analisis data dengan teknik analisis interaktif setelah dilakukan teknik trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dimensi tangible ditemukan sarana dan prasarana seperti bangunan atau ruangan kurang memadai, hal ini dapat dilihat dari ruangan yang cukup sempit untuk masyarakat yang banyak mengantri, jumlah kursi yang terbatas dan matinya AC dan TV membuat kondisi menjadi semakin tidak nyaman bagi masyarakat. Dimensi reliability masih ditemukan kekurangan pegawai yang belum mahir mengoperasikan perangkat pelayana. Dimensi responsiveness menujukkan ketidakjelasan kepastian waktu pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dalam pengurusan surat-menyurat hingga masyarakat tidak mengetahui kapan waktu penyelesaian menyebabkan masyarakat harus berulang kembali. Dimensi emphaty diketahui bahwa masih terdapat pegawai yang kurang ramah kepada masyarakat. Dimensi assurance masih belum adanya jaminan kompensasi kerugian waktu masyarakat yang merasa terbuang saat pengurusan yang lama. Faktor penghambat kualitas pelayanan publik yaitu sarana prasarana dan sumber daya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1]. Ambia, N. 2018. Pengaruh Efektivitas Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kelurahan Sidorame Barat I Kecamatan Medan Perjuangan. Jurnal Publik Reform UNDHAR MEDAN, 3(1), 214–262.
[2]. Anggara, S. 2016. Ilmu Administrasi Negara (B. A. Saebani (ed.)). Pustaka Setia.
[3]. Bungin, M. B. 2015. Penelitian Kualititatif (Kedua). Prenada Media Grup.
[4]. Dwiyanto, A. (Ed.). 2014. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Gajah Mada University Press.
[5]. Hardiyansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik. Gava Media.
[8]. Mahmudi. 2013. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.
[9]. Sudaryono. 2018. Metodologi Penelitian. Rajawali Pers.
[10]. Peraturan Walikota Dumai Nomor 72 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Dan Fungsi Serta Tata Kerja Kecamatan Dan Kelurahan.
[11]. Profil Kecamatan Dumai Kota Tahun 2020.
Published
2021-12-31
How to Cite
Prihatin, M., Zaili Rusli, & Hasim As’ari. (2021). Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Camat Dumai Kota . Jurnal Niara, 14(3), 266-274. https://doi.org/10.31849/niara.v14i3.7378
Section
Articles
Abstract viewed = 241 times
PDF downloaded = 342 times

Most read articles by the same author(s)