Pelayanan Retribusi Parkir Tepi Jalan Umum Kota Dumai

  • Zulkifli Anwar Universitas Riau
  • Zaili Rusli Universitas Riau
  • Febri Yuliani Universitas Riau
Keywords: Pelayanan, Reribusi, Parkir

Abstract

Masalah perparkiran tepi jalan Kota Dumai masih mempunyai masalah bagi pemerintah yang berkaitan dengan pemasukan PAD dan untuk pelanggan atau masyarakat pada penerapannya dilapangan masyarakat masih mengeluh masalah pelayanan parkir yang diberikan. Untuk itu perlunya melakukan analisis pelayanan parkir tepi jalan Umum di Kota Dumai berdasarkan persepsi pelanggan dan pengelola parkir. Berdasarkan rumusan masalah maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. penelitian deskriptif kualitatif digunakan berdasarkan pertimbangan : 1). Menyesuaikan metode kualitatif lebih mudah apabila berhadapan dengan kenyataan.2). metode ini menyajikan secara langsung hakikat hubungan antara peneliti dengan responden dan 3). Metode ini lebih peka dan lebih dapat menyesuaikan diri dengan banyak penajaman pengaruh bersama dan terhadap pola-pola nilai yang dihadapi. Hasil penelitian menemukan Kurang baiknya kualitas pelayanan parkir tepi jalan umum kota Dumai diatas dipengaruhi oleh faktor-faktor kualitas pelayanan parkir dimana faktor ruang parkir yang tidak bisa menampung jumlah kendaraan yang tiap tahunnya bertambah padat adalah faktor utama yang mempengaruhi kurang baiknya kualitas pelayanan parkir TJU Kota Dumai.

Kemudian Faktor sumber daya manusia dinas perhubungan yang melakukan pengawasan langsung terhadap pengelola parkir dan juru parkir pegawai dinas perhubungan tidak sebanding dengan banyaknyak jumlah juru parkir. Dibalik itu semua sistem yang diatur dalam perda atas karcis yang dipakai tidak dilaksanakan, hasil dilakukan berdasarkan distribusi karcis parkir terhadap pengelola parkir dan juru parkir hal ini juga mempengaruhi kualitas pelayanan parkir, ini menyebabkan petugas parkir mengejar masukan sebanyak-banyaknya untuk memenuhi patokan yang diberiakan oleh dinas perhubungan dan mengenyampingkan tugas mereka memberikan pelayanan yang baik kepada pengguna parkir

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar (1996) Menuju Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang Tertib. Jakarta: Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Atun,sri dan rini suliyanti (2008)”penataan parkir dalam rangka mengurangi kepadatan lalu lintas di wilayah DKI Jakarta (studi kasus di jalan KH.Agus Salim Jakarta Pusat).Jakarta :Tanpa penerbit

Basuki, Imam dan Suwadi (2008) “Biaya Kemacetan Ruas Jalan Kota Yogyakarta”. Teknik Sipil, 9(1)

Bryson,Jo. 1997. “managing information service : An integrate approuch. England: Gower

Dwiyanto, Agus. 2006. “Mewujudkan Goog Governance Melalui Pelayanan Publik”. Cetakan ke Tiga. Gajah Mada University Press. Yogyakarta

Friedrich, C. J. (2019). Man and his Government. In Man and His World/Terres des hommes (pp. 109-120). University of Toronto Press.

Gaspersz, V., 1994, Manajemen Kualitas, Gramedia, Jakarta.

Haryono, Tulus. 2006. “telaah persepsi Kualitas Pelayanan Jasa Serta Penerapan Di Sektor Publik dalam Memasuki Era Reformasi, Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 23-12-2006

Hardiyansyah, 2011. “Kualitas Pelayanan Publik (Konsep,Dimensi, indicator, dan Implementasinya). Cetakan ke I. Gava Media. Yogyakarta

Huberman, M., & Miles, M. B. (2002). The qualitative researcher's companion. Sage.
Kotler Philip.1997. “marketing manajement, analysis, planing, implementation and control. Secon edition, englewood Cliffts. NY. Prentice Hall Inc

Kotler Philip. 2003. “marketing Managemen”. The Milllenium edition. New Jersey: Prentice-Hall Inc

Markus Maxs Enembe (2006) Studi Implementasi Peraturan Daerah No. 1 Tahun 2004 tentang Penyelenggaraan dan Retribusi Parkir Tepi Jalan Umum Kota Semarang. Tesis pada Magister Administrasi Publik Universitas Diponegoro Semarang

Moerdiono, 1992, : Birokrasi dan Administrasi Pembangunan : Beberapa Pemikiran Pemecahan, Sinar Grafika, Jakarta.

Muhammad, Zulkifli, 2011. “Tesis : Implementasi Kebijakan Parkir Tepi Jalan Umum Kota Yogyakarta”. Sekolah Pascasarjana/ PSKK UGM. Yogyakarta

Mohammad, Z. (2011). Implementasi Kebijakan Parkir Di Tepi Jalan Umum Di Kota Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Novita, 2011. Tesis : Tata Kelola Perparkiran : pemerintah dan kekuatan informal lainnya studi Kasus Plaza Swiwedani dan Malioboro II. Fisipol/ MAP UGM. Yogyakarta.

Nugroho, R. (2020). Public Policy 6-Edisi Revisi. Elex Media Komputindo

Peraturan Daerah No 05 Tahun 2014 Tentang Retribusi Pleyanan Parkir Tepi Jalan Umum

Prakoso, Kesit Bambang. 2003. “pajak dan retribusi daerah”. UUI Press Yogyakarta. Yogyakarta
Published
2022-12-31
How to Cite
Zulkifli Anwar, Zaili Rusli, & Febri Yuliani. (2022). Pelayanan Retribusi Parkir Tepi Jalan Umum Kota Dumai. Jurnal Niara, 15(3), 424-442. https://doi.org/10.31849/niara.v15i3.12183
Section
Articles
Abstract viewed = 288 times
PDF downloaded = 390 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>