Efektivitas Pelaksanaan e-Office Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian Pengembangan Provinsi Riau

  • Rissa Oktaviana Universitas Riau
  • Febri Yuliani Universitas Riau
  • Adianto Universitas Riau
Keywords: Efektivitas, Kebijakan Publik, E-Government

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan efektivitas pelaksanaan e-Office serta menganalisis faktor penghambat pelaksanaan e-Office pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian Pengembangan Provinsi Riau. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahwa efektivitas pelaksanaan e-Office pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian Pengembangan Provinsi Riau ditinjau dari kriteria ketepatan kebijakan, ketepatan pelaksanaan, ketepatan target, ketepatan lingkungan,, dan ketepatan proses adalah tidak efektif. Faktor penghambatnya yaitu lemahnya komitmen para pelaksana, keterbatasan anggaran untuk kegiatan sosialisasi, serta faktor kepemimpinan

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1]. Agustino, Leo., 2006., Dasar- Dasar Kebijakan Publik., Alfabeta, Jakarta.

[2]. Indiahono., Dwiyanto., 2009., Perbandingan Administrasi Publik.,Gava Media., Yogyakarta.

[3]. Indrajit, Richardus, Eko., 2002., E-Government Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital., Andi Offset., Yogyakarta.
[4]. Intruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government.

[5]. Intruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2001 tentang TELEMATIKA (Telekomunikasi, Media dan Informatika.

[6]. Kencana Syafiie, Inu., 2008., Sistem Administrasi Negera Republik Indonesia (SANRI)., PT Bumi Aksara., Jakarta.

[7]. Nugroho, Riant., 201., Public Policy., Elex Media Komputindo., Jakarta.

[8]. Pasolong., Hasbani., 2016., Teori Administrasi Public., Alfabet., Bandung.

[9]. Pemerintah Provinsi Riau. 2016. Manual Book Aplikasi e-Office. Pekanbaru: Diskominfo.

[10]. Peraturan Gubernur Riau Nomor 56 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Aplikasi Perkantoran secara Elektronik (e-Office) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Riau.

[11]. Peraturan Gubernur Riau Nomor 96 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, Serta Tata Kerja Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Riau

[12]. Oktavya, Ayu. Aditya., 2015., Penerapan (Elektronik Government) e-Government Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Dalam Pemberian Pelayanan Di Kota Bontang, Jurnal Ilmu Pemerintahan.

[13]. Sugiyono., 2016., Metode Penelitian Administrasi., Alfabeta., Bandung.

[14]. Sunyoto., Danang., Sistem Informasi Manajemen (Persfektif Organisasi)., CAPS( Center of Academic Publishing Service)., Yogyakarta.

[15]. Sunggono, Bambang., 1994., Hukum dan Kebijaksanaan Publik., Sinar Grafika. Jakarta.

[16]. Sutabri, Tata., 2016., Sistem Informasi Manajemen., CV. Andi Offset., Yogyakarta.

[17]. Undang Undang Nomor 22 Tahun 1999 dan Undang Undang 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

[18]. United Nation., 2016., E-Government Survey 2016 (E-Government In Support Of Sustainable Development)., United Nation., New York.

[19]. W. Creswell, Jhon., 2014., Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed)., Pustaka Pelajar., Yogyakarta.

[20]. Widodo, Joko., 2017., Analisis Kebijakan Publik:Konsep dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan Publik., MNC., Malang.

[21]. Winarno, Budi., 2014., Teori dan Proses kebijakan Publik., Pustaka Pelajar., Yogyakarta.
Published
2022-05-01
How to Cite
Rissa Oktaviana, Febri Yuliani, & Adianto. (2022). Efektivitas Pelaksanaan e-Office Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian Pengembangan Provinsi Riau. Jurnal Niara, 15(1), 62-71. https://doi.org/10.31849/niara.v15i1.7387
Section
Articles
Abstract viewed = 980 times
PDF downloaded = 1365 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>