Efektivitas Penggunaan Dana Reses Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru Dalam Menyerap Aspirasi Masyarakat

  • Rizka Azzahri Universitas Riau
  • Seno Andri Universitas Riau
  • Adianto Universitas Riau
Keywords: Reses, Efektivitas, Penggunaan Dana

Abstract

Kegiatan reses anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru adalah kewajiban anggota DPRD untuk menyerap dan menghimpun aspirasi konstituen melalui kunjungan kerja secara berkala, menampung dan menindaklanjuti aspirasi dan pengaduan masyarakat serta memberikan pertanggungjawaban moral dan politis kepada konstituen didaerah pemilihannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan dana reses yang telah dikeluarkan oleh pemerintah daerah untuk kegiatan reses anggota DPRD Kota Pekanbaru dalam menyerap aspirasi masyarakat mengingat besarnya jumlah dana yang dikeluarkan untuk sekali masa sidang reses serta mengetahui faktor penghambat tercapainya efektivitas kegiatan reses. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan sifat deskriptif. Hasil penelitian menemukan bahwa efektivitas penggunaan dana reses anggota DPRD Kota Pekanbaru belum efektif. Karena dari 6 kriteria pengukuran efektivitas penggunaan dana menurut Makmur masih ada kriteria yang belum terpenuhi. Serta faktor penghambat kegiatan reses yaitu kurangnya pendidikan politik masyarakat, kegiatan reses yang hanya bersifat rutinitas bukan berdasarkan kebutuhan dan terbatasnya anggaran pemerintah daerah dalam merealisasikan hasil reses.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Undang-Undang dan Peraturan
Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPRD dan DPD
Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang penyusunan tata tertib DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota.
Buku
Buku panduan pelaksanaan reses DPRD Kota Pekanbaru tahun 2019
Handayaningrat, Suwarno. 2011. Administrasi Pemerintahan Dalam Pembagunan Nasional. Jakarta: PT.Gunung Agung
Georgopolous dan Tannenbaum. 2009. Efektivitas Organisasi. Erlangga: Jakarta
Musanef. 2011. Manajemen Kepegawaian Di Indonesia. Jakarta : CV. Haji Masagung
Siagian, Sondang P. 2012. Sistem Informasi Manajemen. Bandung : Bumi Aksara
Mahsun, M. 2012. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. BPFE Yogyakarta: Yogyakarta
Handoko, T. Hani. 2010. Manajemen Edisi 2. BPFE Yogyakarta: Yogyakarta
Steer, M Richard. 2009. Efektivitas Organisasi Perusahaan. Jakarta: Erlangga
Makmur. 2010. Efektivitas Kebijakan Kelembagaan Pengawasan. Refika Aditama: Bandung
Dunn, N. William. 2010. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Jakarta: Gadjah Mada University Press
Mardiasmo. 2002. Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah. Edisi Pertama Penerbit Andi: Yogyakarta.
Rondinelli. DA. 1981, Government Decentralization in Comparative Perspective; Theory and Practice in Developing Countries, International Review of Administrative Science, Volume XLVII, no 2.
Jurnal
Decentralization in Developing Country. The World Bank: Washington DC.
Edwien Kambey. 2017. Efektifitas Penggunaan Dana Desa dalam Pelaksanaan Pembangunan di Desa Karegesan Kecamatan Kautidan Kabupaten Minahasa Utara. Ejournal Unsrat.ac.id. Vol 1 Nomor 1.
Ibnu Ubayd Dilla, M. Arif Nasution, Agus Suriadi. 2017. Efektivitas Program Reses DPRD Kota Medan dalam Menyerap Aspirasi Masyarakat di Kecamatan Medan Labuhan. Lib.usu.ac.id. Vol 4 Nomor 2.
Qory Kumala Putri, M.Y. Tiyas Tinov. Efektivitas Reses Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis Periode 2009-2014. Lib.unri.ac.id.
Dyah Mutiarin. 2015. Analisis Hasil Reses DPRD dalam Penyusunan dan Penetapan APBD Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Tahun Anggaran 2014. Reseachgate.net.
Muhammadin,SE. Efektifitas Alokasi Dana Aspirasi dalam Keterwakilan Politik.
Hidayatullah, Ulung Pribadi. 2015. Analisis Jaring Aspirasi melalui Reses DPRD Lombok Timur Tahun 2015. Dx.doi.org.
Website
http://seriau.com/news/detail/34533/parlemen/DRPD-Pekanbaru/laporan-reses-selesai-di-paripurnakan--azwendi-berharap-aspirasi-masyarakat-bisa-di-realisasikan-pemko
https://www.halloriau.com/read-dprd-pekanbaru-91434-2017-03-20-masalah-insfrastruktur-paling-banyak-dibahas-saat-paripurna-penyampaian-reses-dprd-pekanbaru.html
Published
2021-05-01
How to Cite
Rizka Azzahri, Seno Andri, & Adianto. (2021). Efektivitas Penggunaan Dana Reses Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru Dalam Menyerap Aspirasi Masyarakat. Jurnal Niara, 14(1), 266-275. https://doi.org/10.31849/niara.v14i1.5133
Section
Articles
Abstract viewed = 3895 times
PDF downloaded = 3417 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>