Penilaian Kinerja Pelayanan Publik Melalui Balanced Scorecard Pada Kecamatan Dumai Timur

  • Meiga Wirson Universitas Riau
  • Meyzi Herianto Universitas Riau
  • Adianto Universitas Riau
Keywords: pelayanan, dumai

Abstract

Pelayanan kepada masyarakat dapat dikategorikan efektif dan efisien apabila masyarakat mendapatkan kemudahan pelayanan dengan prosedur yang singkat, cepat, tepat dan memuaskan, namun dalam realita di lapangan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Pemerintah dituntut untuk dapat memberikan pelayanan publik kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya dalam upaya peningkatan efektifitas pelayanan pegawai termasuk pada kantor Kecamatan Dumai Timur Kota Dumai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arimbawa dan Putri, 2014. Analisis Penilaian Kinerja Keuangan Dan Non Keuangan, PT. BPR Dharmawarga Utama. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.
Budiarti, Isniar; 2004. Balanced scorecard Sebagai Alat Ukur Kinerja Dan Alat Pengendali Sistem Manajemen Strategis. Majalah Ilmiah Unikom 6: 51-59
Dwiyanto, Agus. 1995. Penilaian Kinerja Organisasi Publik, Jurusan Ilmu Administrasi Negara. Yogyakarta : Fisipol UGM.
Edy Sutrisno. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.
Ena Noviza. 2020. Rencana Strategi Kecamatan Dumai Timur 2021-2026. Dumai. Kecamatan Dumai Timur.
Giri, Efraim Ferdinan. Januari-April 1998. “Balanced scorecard: Suatu Sistem Pengukuran Kinerja Strategik.” Kajian Bisnis, No 13, 35-46.
Heryana, A. (2020). Organisasi dan Teori Organisasi. Tangerang: AHeryana Institute
Imam Gunawan. 2015. Metode Penelitian Kualitatif (Teori dan Praktik). Jakarta: Bumi Aksara.
Imelda, R.H.N., 2004. Implementasi Balanced scorecard Pada Organisasi Publik. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan 6(2): 106-122.
Kaplan. R. S. dan David P. Norton, 2000, Balanced scorecard, Menerapkan Strategi Menjadi Aksi, Erlangga, Jakarta.
Kaplan. Robert S dan David Norton. 2000, Balanced Scorecard: Menerapkan Strategi Menjadi Aksi, Terjemahan oleh Peter R. Yosi Pasla dari Balanced Scorecard: Transalting Strategi Into Action (1996), Erlangga, Jakarta.
Kurnianto, Heru Tjahyono. 2003. Budaya Organisasional & Balanced scorecard. Yogyakarta : UPFE UMY.
Mahmudi. 2007. Manajemen Kinerja SektorPublik, UPP STIM YKPN, Yogyakarta.
Mahsun, Mohamad. (2009). Pengukuran Kinerja Sektor Publik (3th ed). Yogyakarta: BPFE.
Mahsun. M. 2006. Pengukuran Kinerja Sector Public. BPFE: Yogyakarta
Mulyadi. 1999, Strategic Manajement System dengan Pendekatan Balanced Scorecard, No.02 TH XXVII, Majalah Usahawan, Jakarta.
Mulyadi. 2001, Balanced Scorecard, Alat Manajemen Kontemporer Untuk Pelipat Ganda Kinerja Keuangan Perusahaan, Salemba Empat, Jakarta.
Mulyadi. 2001. Balanced scorecard Alat Manajemen Kontemporer untuk Pelipat Ganda Kinerja Keuangan Perusahaan. Jakarta : Salemba Empat.
Nazir. 2005. Metode penelitian, cetakan kelima. Jakarta: ghalia Indonesia.
Organisasi Yang Berfokus Pada Strategi, Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama.
Rahmawati, A.D, Suwitri, dan Maesaroh, 2006. Analisis Kinerja Organisasi Publik Dengan Metode ”Balanced scorecard". Dialogue Jurnal Ilmu Administrasi Dan Kebijakan Publik 3(1):78-88.
Rivai, Veithzl, 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, dari Teorike Praktik, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Robert, S Kaplan & David, P Norton. 1996. Balance Scorecard : Menetapkan Strategi Menjadi Aksi. Erlangga. Jakarta.
Selado, 2014. Analisis Kinerja Menggunakan Balanced Scorecard Pada Perusahaan Daerah Air Minum (Studi Kasus Pada PDAM Kabupaten Batang). Skripsi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang
Sinambela, Lijan Poltak, 2012. Kinerja Pegawai. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sjafri, Mangkuprawira. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik,. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Srimindarti, Ceacilia. 2004. Balanced Scorecard Sebagai Alternatif Untuk Mengukur Kinerja.
Suci R.M Koesomowidjojo. 2017. Balanced Scorecard Model Pengukuran Kinerja Organisasi Dengan Empat Perspektif. Jakarta : PT Raih Asa Sukses.
Sudaryo, Yoyo, dkk. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia, Kompensasi Tidak Langsung dan Lingkungan Kerja Fisik. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Metho). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surjadi. 2012. Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik. Bandung: PT Redika Utama.
Sutrisno, Edy. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.
Wijaya Amin. 2003. Pengukuran Kinerja Dengan Balanced scorecard. Jakarta : Harvarindo.
Yuwono Sony dkk, 2003, Petunjuk Praktis Penyusunan Balanced Scorecard Menuju Organisasi yang Berfokus pada Strategi, Cetakan Kedua, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Zaeni. Desember 2000. “Strategi Pengukuran Kinerja Sektor Publik dengan Rerangka Balanced scorecard.” MGS, vol.5 No.32, 13-38.
Zainal, Veithzal Rivai., dkk. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rajawali Pers.
Published
2022-12-31
How to Cite
Meiga Wirson, Meyzi Herianto, & Adianto. (2022). Penilaian Kinerja Pelayanan Publik Melalui Balanced Scorecard Pada Kecamatan Dumai Timur. Jurnal Niara, 15(3), 454-467. https://doi.org/10.31849/niara.v15i3.10359
Section
Articles
Abstract viewed = 343 times
PDF downloaded = 328 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>