LITERASI MEDIA BARU MAHASISWA FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM RIAU

  • Uthi Kurnia
  • Nining Sudiar
  • Vita Amelia
Keywords: New Media Literacy, Undergraduate Student in Faculty of Islamic Studies, Islamic University of Riau

Abstract

Abstrak

Penelitian ini berjudul Literasi Media Baru Mahasiswa Falultas Agama Islam Universitas Islam Riau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat literasi media baru Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan objek penelitian literasi media baru Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau dengan responden berjumlah 89 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi media baru Mahasiswa Fakutas Agama Islam Universitas Islam Riau berada pada kategori sangat baik dengan persentase 79,81%. Hasil analisis data responden menunjukkan bahwa secara keseluruhan literasi media baru Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau untuk masing-masing indikator berada pada kategori sangat baik hanya saja dengan persentase yang berbeda-beda. Jika dijabarkan per indikator maka didapatkan bahwa kemampuan tertinggi berada pada indikator Performance yaitu 84,41%. Kemudian di posisi ke dua yaitu indikator Play dengan persentase sebesar 82,96%. Di posisi ke tiga adalah indikator Networking dengan persentase sebesar 82,68%. Posisi ke empat adalah Visualisation dengan persentase sebesar 82,23%. Posisi ke lima dan ke enam ada pada indikator Distributed Cognition dan Transmedia Navigation dengan persentase masing-masing sebesar 81,60% dan 80,34%. Posisi ke tujuh adalah Negotiation dengan persentase sebesar 80,13%. Sisanya juga termasuk dalam kategori sangat baik namun dengan persentase di bawah 80%, yaitu di posisi delapan dan sembilan yang di tempati oleh Simulation dan Appropriation dengan persentase masing-masing sebesar 79,14% dan 78,93%. Indikator Judgment dengan persentase sebesar 78,00%, Collective Intelligence dengan persentase sebesar 77,67% dan peringkat terbawah ada pada indikator Multitasking dengan persentase sebesar 77,53%.

 

Kata kunci: Literasi Media Baru, Mahasiwa Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau

 

Abstract

The title of this research is new media literacy of undergraduate student in Faculty of Islamic Studies, Islamic University of Riau, Pekanbaru. This study aims to identify the level of new media literacy amongst students. This study conducts descriptive qualitative method by distributing questioner to 89 students and describing the result thoroughly. There are 12 indicators examined: performance, play, networking, visualization, distributed cognition, transmedia navigation, negotiation, simulation, appropriation, judgment, collective intelligence, and multi tasking. The result shows that students’ new media literacy is good. Around 79,81% students are able to perform new media literacy well. From all indicators, “performance” placed the highest score around 84,41% followed by play (82,96%), networking (82,68%), visualisation (82,23%), distributed cognition (81,60%), transmedia navigation  (80,34%), negotiation (80,13%), simulation (79,14%), appropriation  (78,93%), judgment (78,00%), collective intelligence (77,67%) and multitasking (77,53%).

 

Keyword: New Media Literacy, Undergraduate Student in Faculty of Islamic Studies, Islamic University of Riau

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianto, Elvinaro, Lukiati Komala, Siti Karlinah. 2009. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.

Baran, Stanley J. 2012. Pengantar Komunikasi Massa: Melek Media dan Budaya. Jakarta: Erlangga.

Danim, Sudarman. 2007. Metode Penelitian untuk Ilmu-Ilmu Prilaku. Jakarta: Bumi Aksara.

Islaminingsih, Riski Nur; Erwina, Wina; Rohman, Asep Saeful. 2012. “Literasi Informasi dan Media bagi Siswa dalam Menunjang Pengerjaan Tugas Sekolah.” eJurnal Mahasiswa Universitas Padjajaran: Vol.1 No.1. http://jurnal.unpad.ac.id/ejournal/article/view/1507/pdf. Diakses Rabu, 14 Maret 2018 Pukul 16:21

Lasa Hs. 2009. Kamus Kepustakawanan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Lien, Diao Ai. 2014. Literasi Informasi: 7 Langkah Knowlaedge Management. Jakarta: Universitas Atma Jaya.

Mutmainah, Anna. 2017. “Tingkat Literasi Media Mahasiswa Komunikasi Surakarta tentang Pemberitaan Kopi Beracun Sianida di TV One (Studi Kasus Mahasiswa Komunikasi UNS, UMS, dan IAIN Surakarta).” Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Rijjal, Muhamad Nurur. 2015. “Tingkat Kemampuan Literasi Media Baru Mahasiswa Universitas Riau.” Jom FISIP Volume 2 No.1 Februari 2015. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=294853&val=6444&title=Tingkat%20Kemampuan%20Literasi%20Media%20Baru%20Mahasiswa%20Universitas%20Riau. Diakses Kamis, 22 November 2018 Pukul 16:15.

Romli, Asep Syamsul M. 2012. Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola. Media Online. Bandung: Nuansa Cendikia.
Siregar, Syofian. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Prenada Media.

Siyamitri, Puty. 2015. “Literasi Media Internet pada Kalangan Guru Menengah Kejuruan di Kota Medan.” Jurnal Simbolika Vol. No. 2. https://jurnalsimbolika.files.wordpress.com/2016/04/puty-siyamitri.pdf. Diakses Rabu, 14 Maret 2018 Pukul 16:27.

Yulianti, Retno. 2013. Literasi Informasi Pemustaka di Perpustakaan STMIK AKOM Yogyakarta berdasarkan Model The Seven Pillars. Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga. http://digilib.uin-suka.ac.id/9011/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf. Diakses Senin, 28 Mei 2018 Pukul 08:53.

Yusup, Prawit M. 2016. Ilmu Informasi, Komunikasi dan Kepustakaan. Jakarta: Bumi Aksara
Published
2019-01-23
How to Cite
Kurnia, U., Sudiar, N., & Amelia, V. (2019). LITERASI MEDIA BARU MAHASISWA FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM RIAU. Jurnal Pustaka Budaya, 6(1), 43-54. https://doi.org/10.31849/pb.v6i1.2311
Section
Articles