PERILAKU PENCARIAN INFORMASI MAHASISWA DALAM PENYUSUNAN SKRIPSI MENGGUNAKAN MESIN PENCARI GOOGLE

Studi Kasus Mahasiswa Program Ilmu Perpustakaan Universitas Lancang Kuning Pekanbaru

  • Riki Arianto Universitas Lancang Kuning
  • Nining Sudiar Universitas Lancang Kuning
  • Triono Dul Hakim Universitas Lancang Kuning
Keywords: perilaku pencarian informasi, mesin pencari, search engines, google

Abstract

Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku pencarian informasi mahasiswa dalam menulis skripsi menggunakan mesin pencari google. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan sampel 4 (empat) orang mahasiswa program studi ilmu perpustakaan yang sedang menyusun skripsi. Penelitian ini menggunakan model yang dikenalkan oleh David Ellis tahun 1987 dengan tahapan kegiatan Starting, chaining, browsing, differentiating, monitoring dan extracting. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dari 6 (enam) kegiatan ini hanya monitoring yang tidak ditemukan. 

Kata kunci :      Perilaku pencarian informasi, mesin pencari, search engines, google

Abstract
The purpose of this study is to know how the studentsinformation seeking behavior in writing a thesis using google search engine. The research use qualitative method by interview 4 (four) students of library science Lancang Kuning who wrote the thesis. This research uses a model that was introduced by David Ellis in 1987 with phases of activity starting, chaining, browsing, differentiating, monitoring, and extracting. From six activity, just monitoring doesn’t find in this research.. 

Keyword : Information seeking behavior, search engine, google

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-08-10
How to Cite
Arianto, R., Sudiar, N., & Hakim, T. D. (2015). PERILAKU PENCARIAN INFORMASI MAHASISWA DALAM PENYUSUNAN SKRIPSI MENGGUNAKAN MESIN PENCARI GOOGLE: Studi Kasus Mahasiswa Program Ilmu Perpustakaan Universitas Lancang Kuning Pekanbaru. Jurnal Pustaka Budaya, 2(2), 58-73. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/pb/article/view/567
Section
Articles
Abstract viewed = 520 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>