Transformasi Paradigma Pembelajaran: Kolaborasi dan Partisipasi Aktif Melalui Sosialisasi Program Praktisi Mengajar

  • Ida Nurhaida Universitas Lampung
  • Andi Windah Universitas Lampung
  • Nina Yudha Aryanti Universitas Lampung
Keywords: praktisi mengajar, Merdeka belajar, Mitra kerja sama

Abstract

Program Praktisi Mengajar MBKM merupakan inisiatif kerja sama antara praktisi industri dengan perguruan tinggi untuk mengatasi isu kesulitan perusahaan dalam merekrut lulusan universitas yang siap kerja dan tingginya angka pengangguran di kalangan terdidik. Sebagai respons, FISIP Unila telah menyesuaikan dengan kebijakan MBKM melalui Peraturan Rektor No. 21/2020 dan melakukan diseminasi program ini kepada mitra kerjanya . Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini meliputi dialog interaktif via FGD, pemberian sosialisasi tentang Program Praktisi Mengajar, serta tutorial pendaftaran, ditutup dengan observasi dan monitoring. Kegiatan ini terbukti efektif dengan hasil pengukuran menunjukkan peserta mendapatkan peningkatan wawasan, pemahaman, dan keterampilan, khususnya tentang peran penting praktisi dalam peningkatan kualitas pendidikan tinggi. Dari observasi, peserta menunjukkan antusiasme dan perkembangan dalam proses pendaftaran program tersebut, serta terlihat motivasi dan kepercayaan diri mereka untuk terlibat lebih aktif dalam pembelajaran kolaboratif. Sebagai simpulan, program ini berhasil memberikan dampak positif dan memberi dukungan untuk percepatan Program Praktisi Mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka
(Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1),
195-205.
Fatah, A. (2021, August). Eksplorasi Dukungan Industri Mitra Dalam Pelaksanaan
Magang Pada Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. In Seminar Nasional
Teknologi Pembelajaran (Vol. 1, No. 1, pp. 282-290).
Hazin, M., & Rahmawati, N. W. D. (2023). Implementation of Policy “Praktisi Mengajar”
in Higher Education. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 5(1), 1-
13.
Krisnanik, E., Saphira, Q., & Indriana, I. H. (2021). Desain Model MBKM Dan Kolaborasi
Kerja Sama Model Pentahelix Guna Meningkatkan Daya Saing Lulusan.
Proceeding KONIK (Konferensi Nasional Ilmu Komputer), 5, 138-142.
Pangruruk, F. A., Siregar, B., Illya, G., Arifin, A., & Agatha, D. A. (2022). Analisis Hasil
Survei Kebijakan dan Implementasi Medeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di
Universitas Matana. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(2), 2331-2342.
Pardede, S. D., Manullang, D. T., Sinaga, Y. R. M., & Simarmata, R. O. (2023). Pengaruh
Kegiatan Kolaborasi Dosen Praktisi Terhadap Self Efficacy Mahasiswa TA
2022/2023 (Study Kasus Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas HKBP
Nommensen). Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 4228-4237.
Suastika, I. K., Suwanti, V., Ferdiani, R. D., & Harianto, W. (2022). Analisis Kepuasan
Stakeholder pada Implementasi Kurikulum MBKM Fakultas Sains dan
Teknologi. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 1621-1630.
Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan
Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj:
Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34-41.
2
DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 7, No. 1 Desember 2023, Hal. 1-4
DOI: https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2
P-ISSN 2614-7424 | E-ISSN 2614-8927 13
Zuhroh, D. Wahyu Setyorini dan Dewi Kusumowati, 2007.” Model Partisipasi Praktisi
dalam Proses Belajar Mengajar di Jurusan Akuntansi Dalam Rangka
MeningkatkanKualitas Sarjana Akuntansi”(Practitioner Participation Model in
Teach-Learn Process at Accountancy Department in order to Increase The Quality
of Bachelor inAccounting). Jurnal Penelitian Lembaga Penelitian Universitas
MerdekaMalang, 19(1), 141-152.
Zuhrohtun, Z., Heriningsih, S., Sunaryo, K., & Sriyono, S. (2021, October). Merdeka
Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Collaboration with BUMDes Sari Dewi,
Maguwoharjo, Sleman. In RSF Conference S
Published
2023-10-29
How to Cite
Nurhaida, I., Windah*, A., & Nina Yudha, A. (2023). Transformasi Paradigma Pembelajaran: Kolaborasi dan Partisipasi Aktif Melalui Sosialisasi Program Praktisi Mengajar. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(5), 1315-1325. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i5.15686
Abstract viewed = 83 times
PDF downloaded = 70 times