Pelatihan Pidato Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Dasar Di Jakarta

  • Dwi Kartikawati Universitas Nasional Jakarta
Keywords: Pidato, Kepercayaan Diri, Pelatihan

Abstract

Permasalahan yang dihadapi mitra yaitu para guru Sekolah Dasar di SD 05 Ragunan Jakarta adalah masih rendahnya kepercayaan diri siswa SD (Sekolah Dasar) dalam berbicara di depan umum melalui teknik berpidato. Sementara itu kemampuan untuk melakukan keterampilan berpidato telah menjadi tahap wajib yang harus dilalui dalam ujian sekolah untuk kelulusan. Berangkat dari permasalahan tersebut maka kegiatan pengabdian dilakukan dengan memberikan ketrampilan berpidato untuk meningkatkan kepercayaan diri para siswa untuk berbicara di depan umum di SD 05 Ragunan Jakarta. Metode pelaksanaan yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah : (1) memberikan pelatihan mengatasi rasa gugup, dan (2) pelatihan dan pendampingan dalam praktek pidato. Hasil dari pelatihan ini adalah para  siswa siap untuk melakukan ujian pidato di sekolah mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiyanti. 2016. Peningkatan Keterampilan Berpidato Melalui Teknik ATM (Amati Tiru Modifikasi) Berbasis Kartu Acak Pada Peserta Didik Kelas IXd SMP Negeri 2 Banyubiru Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Profesi Keguruan. 2 (1) 17-25.

Sahputra, D., Syahniar, S., & Marjohan, M. (2016). Kontribusi Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosi terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor,5(3), 182. https://doi.org/10.24036/02016536554-0-00

Dharmayanti, P. A. (2013). Teknik Role Playing Dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(3), 256–265. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/4228/3299.

Livia, L., & Suenarto, S. (2015). Retorika Barack Hussein Obama dan Susilo Bambang Yudhoyono Dalam Menanggapi Isu ISIS di Dunia. Jurnal Komunikasi, 7(1), 70–80.

Martoyo, Susilo. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Putriyani, P. 2019. Kemampuan Membaca Teks Pidato Siswa Kelas Xi Ipa 5 Sma Negeri 3 Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra, 4 (2), 51-59.

Suprihatin,. Setiawan, B,. & Anindyarini, A. (2017). Kemampuan Menulis Teks Pidato (Studi Kasus Di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar). Basastra :Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 5(2), 143-162.

Widyastuti, Ana. 2016. Pengaruh Minat Membaca Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Ketrampilan Berbicara Pidato. Deikses, 08(01), 27–38.

Warman, J. S., Mardian, V., Suryani, L., Fista, F. R., & Irwan, I. (2020). Program Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Anak-Anak Panti Asuhan Melalui Pemberdayaan Mahasiswa. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 280–285. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3304.

Wisanggeni, T. (2012). 2 Jam Mahir Menjadi MC & berpidato dalam Bahasa Indonesia . Yogyakarta.

Ghufron, M. N., & Risnawita, R., (2010). Teori-teori Psikologi.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Published
2020-03-31
How to Cite
Kartikawati, D. (2020). Pelatihan Pidato Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Dasar Di Jakarta. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 169-175. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3695
Abstract viewed = 117 times
PDF downloaded = 58 times