Pemberian Pelatihan Mindfulness di Sekolah untuk Meningkatkan Rasa Kesadaran pada Remaja

  • Endang Fourianalistyawati
  • Ratih Arruum Listiyandini Universitas YARSI
Keywords: mindfulness, kesadaran, remaja, pelatihan, sekolah

Abstract

Remaja perlu meningkatkan rasa kesadaran yang dimiliki sehingga ia dapat menjalani dan menerima berbagai perubahan dirinya. Mindfulness didefinisikan sebagai kemampuan untuk memberi atensi atau perhatian terhadap diri secara apa adanya tanpa memberikan penilaian serta menerima segala pengalaman yang muncul saat ini.  Program pengabdian masyarakat dirancang untuk mengajarkan remaja mengenai mindfulness dalam bentuk pelatihan di dalam kelompok yang diselenggarakan di sekolah. Pelatihan bertujuan untuk membantu remaja menjadi lebih sadar dan perhatian terhadap diri dan perasaannya saat ini melalui materi tentang mindfulness dengan menyertakan latihan teknik-teknik sederhana dalam mindfulness. Partisipan adalah 30 orang remaja yang ada di sebuah SMP yang ada di wilayah Jakarta Pusat. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan rasa kesadaran pada remaja yang terlihat dari pengukuran melalui kuesioner yang diisi saat tahapan sebelum pelatihan, sesudah pelatihan, dan tindak lanjut. Hasil ini mengindikasikan bahwa pelatihan teknik mindfulness yang diselenggarakan di sekolah mampu untuk meningkatkan kualitas kesadaran remaja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, N. A. (2012). Pengaruh pelatihan mindfulness terhadap peningkatan kontrol diri siswa SMA. Pamator Journal, 5(1), 19-27

Bluth, K., Campo, R. A., Pruteanu-Malinici, S., Reams, A., Mullarkey, M., & Broderick, P. C. (2016). A school-based mindfulness pilot study for ethnically diverse at-risk adolescents. Mindfulness, 7(1), 90-104.

Fourianalistyawati, E., & Listiyandini, R. A. (2017). Hubungan antara mindfulness dengan depresi pada remaja. Jurnal Psikogenesis, 5(2), 115-122.

Germer, C. K. (2009). The Mindful Path to Self-Compassion. New York: The Guilford Press.

Hurlock, E. B. (2006). Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Jarkawi, J. (2019). Pelatihan Strategi Menganalisis Masalah Siswa dengan dengan Psiko-edukasi pada SMK di Kabupaten Banjar. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 313-318.

Listiyandini, R. A., & Kusristanti, C. (2019, August). Depression and Mindfulness among Adolescents with Parental Divorce. In 1st Annual Internatioal Conference on Social Sciences and Humanities (AICOSH 2019). Atlantis Press.

Luders, E., Toga, A. W., Lepore, N., & Gaser, C. (2009). The underlying anatomical correlates of long-term meditation: Larger hippocampal and frontal volumes of gray matter. NeuroImage, 45(3), 672-678.

Mace, C. (2008). Mindfulness and Mental Health: Therapy, Theory and Science (1st ed.). London and New York: Routledge.

Mak, C., Whittingham, K., Cunnington, R., & Boyd, R. N. (2018). Efficacy of mindfulness-based interventions for attention and executive function in children and adolescents—A systematic review. Mindfulness, 9(1), 59-78.

Savitri, W. C., & Listiyandini, R. A. (2017). Mindfulness dan Kesejahteraan Psikologis pada Remaja. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(1), 43-59.

Santrock, J. W. (2002). Life Span Development. Terjemahan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sarwono, S. (2013). Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Sanger, K, & Dorjee, D. (2015). Mindfulness training for Adolescents: A Neurodevelopmental Perspective on Investigating Modification in Attention and Emotion Regulation using Event-Related Brain Potentials. Cogn Affect Behav Neuroscience. DOI 10.3758/s13415-015-0354-7.

Quach, D., Mano, K. E. J., & Alexander, K. (2016). A randomized controlled trial examining the effect of mindfulness meditation on working memory capacity in adolescents. Journal of Adolescent Health, 58(5), 489-496.

Toneatto, T., Vettese, L., & Nguyen, L. (2007). The role of mindfulness in the cognitive-behavioural treatment of problem gambling. Journal of Gambling Issues, (19), 91-100.

Published
2021-06-27
How to Cite
Fourianalistyawati, E., & Listiyandini, R. A. (2021). Pemberian Pelatihan Mindfulness di Sekolah untuk Meningkatkan Rasa Kesadaran pada Remaja. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 694-698. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i3.3866
Abstract viewed = 1134 times
PDF downloaded = 862 times