Praktik Mindfulness bagi Orangtua dan Guru Siswa Sekolah Dasar SLB Negeri 2 Denpasar

  • Ni Made Ari Wilani Universitas Udayana
  • I Gusti Ayu Diah Fridari
  • Putu Nugrahaeni Widiasavitri
  • I Komang Ari Mogi
Keywords: orangtua, guru, SD SLB, anak tuna rungu, mindfulness

Abstract

Orangtua dan guru memiliki tantangan dalam mengasuh anak tuna rungu. Tantangan tersebut antara lain seringnya merasakan ketegangan/stres dalam pengasuhan karena sulitnya berkomunikasi dengan anak, butuh waktu cukup lama bagi orangtua untuk bisa menerima kondisi anak serta kurangnya pengetahuan yang dimiliki orangtua tentang perkembangan psikologis anak. Kondisi tersebut bila dibiarkan berlarut-larut dapat membawa dampak negatif bagi perkembangan psikologis tidak hanya orangtua, tapi juga keluarga. Kesejahteraan psikologis orangtua maupun guru dalam mengasuh anak tuna rungu merupakan hal yang penting untuk ditingkatkan. Salah satu penanganan yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan praktik mindfulness. Mindfulness dapat meningkatkan kesadaran para orangtua maupun para guru serta meningkatkan kesejahteraan psikologis. Pelatihan mindfulness diberikan dalam bentuk aktivitas kelompok terfokus. Hasilnya pelatihan mindfulness memiliki efek yang kuat untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan baru bagi orangtua dan guru tentang menyadari kondisi fisik dan psikologis dan dapat meningkatkan pengelolaan kesejahteraan psikologis dengan lebih baik. Pelatihan diharapkan dapat dilaksanakan secara berkesinambungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, N. (2013). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus. Magistra, 25(86), 1–10. Diambil dari http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/253246

Campos, D., Cebolla, A., Quero, S., Bretón-López, J., Botella, C., Soler, J., … Baños, R. M. (2016). Meditation and happiness: Mindfulness and self-compassion may mediate the meditation-happiness relationship. Personality and Individual Differences, 93(June), 80–85. https://doi.org/10.1016/j.paid.2015.08.040

Conti, R. (2015). Compassionate Parenting as a Key to Satisfaction, Efficacy and Meaning Among Mothers of Children with Autism. Journal of Autism and Developmental Disorders, 45(7), 2008–2018. https://doi.org/10.1007/s10803-015-2360-6

Cousineau, T. M., Hobbs, L. M., & Arthur, K. C. (2019). The Role of Compassion and Mindfulness in Building Parental Resilience When Caring for Children With Chronic Conditions: A Conceptual Model. Frontiers in Psychology, 10, 1–15. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01602

Farida, Y. E., Santi, A., & Wibowo, D. D. (2019). Pendampingan Guru PAUD Ari-Ari Jepara Dalam Meningkatkan Pembelajaran PAUD Berbasis Budaya. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 124–130. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2812

Field, A., & Hole, G. (2008). How to Design and Report Experiments. Britain: Sage Publications.

Hallahan, D. P., Kauffman, J. M., & Cullen, P. C. (2009). Exceptional Learners: An Introduction to Special Education, Eleventh Edition (Eleventh). USA: Pearson.

Hölzel, B., Lazar, S., Gard, T., Schuman-Olivier, Z., Vago, D., & Ott, U. (2011). How Does Mindfulness Meditation Work? Proposing Mechanisms of Action From a Conceptual and Neural Perspective. Perspective on Psychological Science: a Journal of the Association for Psychological Science, 6(6), 537–559. https://doi.org/10.1177/1745691611419671

Novitasari, R. (2016). Kecenderungan Perilaku Disruptif Pada Anak Usia Prasekolah Ditinjau Dari Sres Pengasuhan Ibu. Intuisi, Jurnal Psikologi Ilmiah, 8(2), 61–70. Diambil dari https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/INTUISI/article/view/8597

Pinazo, D., & Vazquez, C. (2014). The effect of meditation based on self-observation on cognitive responses in conflictive social interaction. Nordic Psychology, 66(3), 202–215. https://doi.org/10.1080/19012276.2014.935460

Ramadani, A., Redjeki, E., & Mutadzakir, A. (2016). Kemitraan Orangtua Dan Lembaga Pendidikan Dalam Pengasuhan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Non Formal, 11(1), 20–28. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um041v11i1p20-28

Santrock, J. W. (2002). Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup (5, Jilid 1 ed.). Jakarta: Erlangga.

Sirait, A. H., Suriadireja, P., & Sudiarna, I. G. P. (2016). Kehidupan Penyandang Tuna Rungu (Studi Kasus Keluarga “KM” di Banjar Celuk, Kelurahan Panjer, Kecamatan Denpasar Selatan). Humanis, 17(1), 1–6. Diambil dari https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/26450

Wasito, D. R., Sarwindah, D., & Sulistiani, W. (2012). Penyesuaian Sosial Siswa Tuna Rungu di Sekolah Umum. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 2(2), 81. https://doi.org/10.26740/jptt.v2n2.p81-92

Ying, M. (2016). Mindfulness, Compassion for Children and Parents Well Being. International Conference on Positive Psychology and Cignitive Behavioral Therapy, 42. https://doi.org/0.4172/2161-0487.C1.002

Published
2020-11-27
How to Cite
Ni Made Ari Wilani, Fridari, I. G. A. D., Widiasavitri , P. N., & Mogi, I. K. A. (2020). Praktik Mindfulness bagi Orangtua dan Guru Siswa Sekolah Dasar SLB Negeri 2 Denpasar. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i1.4145
Abstract viewed = 692 times
PDF downloaded = 562 times