Pengolahan Limbah Rumah Tangga Menjadi Pupuk Organik di Desa Dauh Puri Kauh

  • Insani Nurul Hayati Universitas Pendidikan Nasional
  • Kadek Devi Kalfika Anggria Wardani Universitas Pendidikan Nasional
  • Dewa Ayu Putu Adhiya Garini Putri Universitas Pendidikan Nasional
Keywords: pupuk, limbah rumah tangga, organik

Abstract

Desa Dauh Puri Kauh merupakan sebuah desa yang terletak di Denpasar Barat Provinsi Bali yang memiliki permasalahan dalam pengolahan sampah. Masyarakat di desa ini kurang memiliki kesadaran akan pentingnya pengolahan sampah. Masih banyak terlihat pada sampah yang dibuang tidak dipilah terlebih dahulu. Hal ini jika terus berlanjut akan memiliki dampak buruk terhadap masyarakat. Oleh karena itu, penulis memiliki dorongan untuk membantu masyarakat di Desa Dauh Puri Kauh dengan berbagi pengetahuan tentang teknik pengolahan sampah yang dilakukan dengan 3 tahap. Tahapan perencanaan yaitu dilakukan pada tanggal 12-13 Januari 2022 yang memuat observasi dan wawancara masyarakat sekitar. Selanjutnya tahap pelaksanaan dilakukan pada tanggal 28 hingga 29 Januari 2022. Tahap pelaksanaan dilakukan selama 2 hari dengan rincian pada tanggal 28 Janurari 2022 penulis mengajak warga sekitar untuk berkumpul dan mengadakan sosialisasi yang dilakukan secara langsung dan meminta bantuan warga sekitar untuk mengumpulkan limbah rumah tangga yang bersifat organik. Kemudian dilanjutkan tanggal 29 Januari 2022 dengan dilakukannya proses pembuatan pupuk organik dengan limbah yang ada. Serta tahap terakhir yakni tahap evaluasi dilakukan pada tanggal 29 Januari 2022 dengan tujuan untuk mengetahui keberhasilan dari kegiata pengabdian masyarakat ini. Diharapkan masyarakat sekitar mampu memahami dan sadar akan pentingnya pengolahan sampah serta tidak lagi membuang sampah sembarangan ke sungai atau dilakukannya pembakaran sampah. Karena hal itu dapat berdampak buruk terhadap lingkungan yang kita tinggali serta dapat berpengaruh ke depannya.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Siswati, L., Nizar, R., & Ariyanto, A. (2020). Pengolahan Sampah Rumah Tangga Menjadi Kompos di Kelurahan Tuah Madani Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 519-524.

Yetri, Y., Nur, I., & Hidayati, R. (2018). Produksi Pupuk Kompos Dari Sampah Rumah Tangga. Jurnal Katalisator, 3(2), 77-81.

Lukhi Mulia Shitophyta, S. A., & Jamilatun, S. Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos Dari Sampah Organik Di Ranting Muhammadiyah Tirtonirmolo, Kasihan, Yogyakarta.

Darmawati, D. (2015). Efektivitas Berbagai Bioaktivator Terhadap Pembentukan Kompos Dari Limbah Sayur Dan Daun. Dinamika Pertanian, 30(2), 93-100.

Larasati, A. A., & Puspikawati, S. I. (2019). Pengolahan Sampah Sayuran Menjadi Kompos dengan Metode Takakura. IKESMA, 60-68.

Triawan, D. A., Fitriani, D., & Nesbah, N. (2020). Pembuatan Pupuk Organik Dari Sampah Rumah Tangga Di Perumahan Bukit Dewa Residence Kota Bengkulu. Dharma Bakti, 73-79.

Puger, I. G. N. (2018). Sampah Organik, Kompos, Pemanasan Global, dan Penanaman Aglaonema di Pekarangan. Agro Bali: Agricultural Journal, 1(2), 127-136.

Mardwita, M., Yusmartini, E. S., Melani, A., Atikah, A., & Ariani, D. (2019). Pembuatan kompos dari sampah organik menjadi pupuk cair dan pupuk padat menggunakan komposter. Suluh Abdi, 1(2).

Rahmawanti, N., & Dony, N. (2014). Pembuatan pupuk organik berbahan sampah organik rumah tangga dengan penambahan aktivator EM 4 Di Daerah Kayu Tangi. Ziraa'ah Majalah Ilmiah Pertanian, 39(1), 1-7.

Suhastyo, A. A. (2017). Pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan pembuatan pupuk kompos. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 1(2), 63-68.

Rosalin, R., & Saleh, M. (2018, December). Pembuatan Pupuk Organik Padat dengan Cara Pengomposan Aerob dan Anaerob Menggunakan EM4. In Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M).

Published
2022-06-30
How to Cite
Insani Nurul Hayati, Kadek Devi Kalfika Anggria Wardani, & Dewa Ayu Putu Adhiya Garini Putri. (2022). Pengolahan Limbah Rumah Tangga Menjadi Pupuk Organik di Desa Dauh Puri Kauh. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 800-805. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i3.9441
Abstract viewed = 976 times
PDF downloaded = 618 times