ANALISA KINERJA RUAS JALAN BERDASARKAN DERAJAT KEJENUHAN JALAN

  • Fivi Zulfianilsih Sekolah Tinggi Teknologi Pekanbaru
  • Ulfa Jusi Sekolah Tinggi Teknologi Pekanbaru
Keywords: Analisa kapasitas, Ekivalensi mobil penumpang, Satuan mobil penumpang, Tingkat pelayanan

Abstract

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh masyarakat adalah kemacetan yang berhubungan dengan volume lalu lintas di suatu ruas jalan. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung kinerja jalan berdasarkan nilai derajat kejenuhan jalan di 4 ruas pengamatan yaitu Jalan Hang Tuah, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Mawar, Jalan Pembangunan Kota Duri dan mencari alternatif pemecahan masalah apabila nilai derajat kejenuhan lebih dari 0,75 sesuai standar MKJI 1997. Metode yang digunakan adalah Arc View versi 3.3, Metode Roods dan Metode Arterical Capacity dengan persamaaan rumus C = Co ´ FCw ´ FCsp ´ FCsf ´ FCcs. Dari hasil perhitungan nilai kapasitas (C) maka akan didapat nilai derajat kejenuhan (DS) yang menggambarkan layak tidaknya jalan tersebut digunakan secara nyaman. Analisa yang didapat kondisi jalan yang mengalami derajat kejenuhan tinggi dengan nilai DS > 0,7 adalah Jalan Hangtuah sedangkan jalan yang mengalami derajat kejenuhan sedang dengan nilai DS antara 0,5-0,7 adalah di Jalan Jendral Sudirman, sedangkan jalan yang mengalami derajat kejenuhan rendah dengan nilai DS < 0,5 adalah di Jalan Mawar dan Jalan Pembangunan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiyanto E., 2002, System Informasi Geografis Menggunakan ARC VIEW GIS, Jogyakarta.
Badan Pusat Statistik, 2013, Jumlah Penduduk Menurut Kecamatan dan Jenis Kelamin, Bengkalis
Direktorat Jenderal Bina Marga, 1997, Highway Capacity Manual Project (HCM), Jakarta.
Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Jakarta.
Novianti I., 2004, Analisa Ekivalensi Mobil Penumpang Pada Jalan Kota, Tugas Akhir, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Udayana, Bandung.
Muhtadi A., 2010, Analisis Kapasitas, Tingkat Pelayanan, Kinerja dan Pengaruh Pembuatan Median Jalan, Jurnal Neutron, Vol.10, No.1, Jombang, Jawa Timur.
Tamin O.Z., 2000, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Institut Teknologi Bandung, Bandung.
Published
2016-04-01
How to Cite
Zulfianilsih, F., & Jusi, U. (2016). ANALISA KINERJA RUAS JALAN BERDASARKAN DERAJAT KEJENUHAN JALAN. Siklus : Jurnal Teknik Sipil, 2(1), 1-23. https://doi.org/10.31849/siklus.v2i1.199
Section
Articles
Abstract viewed = 263 times
PDF downloaded = 1400 times